Anda stres berat? Inilah cara menguranginya

Bila Anda menderita penyakit kronis, tidak saja kesehatan badan Anda yang perlu diperhatikan, kesehatan mental Anda juga harus dijaga.

790 views   |   1 shares
  • Inilah pengalaman seorang wanita yang menderita diabetes dan harus mengurus menu makanannya dengan baik atau gula darahnya akan tinggi.

  • Toni Williams seorang ibu lajang berusia 43 tahun yang mengajar di sebuah perguruan tinggi di Dallas, Texas menderita diabetes tipe 2. Dalam keadaan biasa dia dapat mengatur makanannya tanpa masalah. Tetapi dalam keadaan stres niat baiknya untuk makan sehat lenyap.

  • "Bila saya stres, satu-satunya yang ingin saya makan ialah makanan berkarbohidrat tinggi," ujar Williams. "Kentang halus, kentang goreng, roti dan kue bolu adalah makanan yang saya idamkan. Tingkat gula darah saya naik karena saya makan sembarangan."

  • Dampak stres

  • Stres dapat menyabot usaha keras Anda untuk mengendalikan gula darah Anda. Karena stres menggugah naluri tubuh Anda untuk "berjuang atau lari." Reaksi ini sudah dikenal nenek moyang kita ketika melawan segala ancaman yang ada di lingkungan mereka—seperti harimau yang menyerang—dengan menaikkan tingkat kortisol dan adrenalin. Pada masa ini yang sering menaikkan stres adalah kekuatiran tentang uang atau menghadapi bos yang payah. Hal-hal ini memompa zat-zat kimia yang buruk ke seluruh tubuh kita.

  • "Stres menyebabkan banyaknya hormon buruk dalam darah, yang pada gilirannya meningkatan konsentrasi gula darah yang mengacaukan kegiatan insulin, ujar Bruce S. Rabin, M.D., Ph.D., seorang dosen Patologi, Psikiatri dan Psikologi di Universitas Pittsburgh, Pusat Medis di Pittsburgh. "Ini menyebabkan tingginya A1C (tingkat gula darah rata-rata dalam 3 bulan) dan menambah risiko komplikasi diabetes." Telah terbukti bahwa stres dapat menyebabkan timbulnya diabetes pada orang yang cenderung terkena penyakit ini.

  • Tambahan lagi, stres dapat membuat Anda mengabaikan perilaku sehat yang dapat membantu mengendalikan diabetes Anda. Ada orang yang makan sembarangan dan lupa olahraga. Ada pula, seperti Toni Williams, yang menginginkan makanan yang dapat menyabot gula darah (khususnya selama hari-hari raya, ketika hidup lebih rumit pada umumnya dan begitu banyak godaan dalam bentuk makanan).

  • Lingkaran setan

  • Pada saat yang sama, hanya karena menderita diabetes tingkat kecemasan Anda dapat meningkat. "Setiap penyakit kronis memiliki potensi untuk menimbulkan stres yang berat," ujar pakar psikoterapi Joseph P. Napora, Ph.D., yang mengajar kelas-kelas pengendalian stres di Pusat Diabetes Komprehensif John Hopkins, Baltimore. "Diabetes merupakan tantangan berat karena menuntut begitu banyak perhatian dan disiplin, dan karena adanya ancaman begitu banyak komplikasi serius."

  • Advertisement
  • "Diabetes cenderung untuk menyita seluruh perhatian penderitanya, dari sejak bangun pagi sampai tidur malam," tambah Andrea M. Braverman, Ph. D., asisten dosen Psikatri, Obstetrik dan Ginealogi di Universitas Jefferson, Philadelphia, yang juga menderita diabetes tipe 1. "Anda harus memikirkan apa yang akan Anda makan saat itu dan berikutnya." Dampak sosial makanan juga menyebabkan stres. "Jika Anda menderita diabetes Anda tidak bisa begitu saja keluar bersama teman-teman untuk makan pizza atau es krim."

  • Tidak heran banyak orang yang terkena diabetes menderita tekanan batin. "Penderita diabetes merasa capai karena harus berusaha keras mengendalikan penyakitnya setiap hari. Terlebih lagi bila memikirkan bahwa dia harus melakukannya setiap hari seumur hidup."

  • Cara untuk mencegah stres

    • Pelajari segala sesuatunya supaya Anda dapat mengendalikan kondisi Anda secara efektif.

    • Berolahragalah sampai berkeringat. Biarkan tubuh Anda membakar kortisol yang berlebihan akibat timbulnya stres. Berdansa 10 menit 3 kali sehari sama manfaatnya dengan 30 menit sekaligus.

    • Persiapkan diri Anda untuk mengetahui apa penyebab stres Anda. Jika soal makanan, misalnya, siapkan makanan sehat dalam jumlah banyak di akhir pekan supaya dapat Anda santap untuk seminggu.

    • Jika Anda menderita depresi mintalah bantuan ahli untuk menyingkirkan pikiran buruk tentang penyakit Anda dan diri Anda.

    • Ciptakan alat untuk menghilangkan ketegangan. Misalnya meditasi atau menonton film komedi.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Anda stres berat? Inilah cara menguranginya

Bila Anda menderita penyakit kronis, tidak saja kesehatan badan Anda yang perlu diperhatikan, kesehatan mental Anda juga harus dijaga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr