Mengapa monyet berkuasa di China tahun ini

Tahun baru imlek dirayakan secara besar-besaran di China dan beberapa negara lain bahkan di lingkungan masyarakat Asia di AS. Karena ini adalah tahun monyet dalam zodiak China, orang-orang yang lahir di tahun monyet dianggap memiliki bintang terang.

794 views   |   6 shares
  • Ada sebuah pernyataan di kalangan masyarakat Betawi, sesuatu yang tidak akan pernah terjadi dibilang "sampai tahun baru monyet," karena mereka menganggap hal itu tidak ada. Ternyata tahun ini adalah tahun (baru) monyet menurut zodiak China. Perayaan menyambut imlek atau musim semi ini diadakan setiap tahun pada bulan purnama kedua sesudah musim dingin mencapai puncaknya, yaitu di akhir bulan Januari atau awal bulan Pebruari. Karena ini adalah tahun monyet, orang-orang yang lahir di tahun-tahun monyet sebelumnya dianggap memiliki bintang lebih terang tahun ini.

  • Dalam legenda China ada cerita tentang seorang pendeta Budha yang melakukan ziarah untuk mendapatkan kitab suci di India. Si pendeta ini membawa 3 orang murid, salah satunya adalah seekor monyet sakti bernama Sun Go Kong. Dibanding kedua murid lainnya, Sun Go Kong adalah yang paling cerdik, setia dan berilmu tinggi. Kelemahannya hanya keangkuhannya karena mengetahui dirinya berilmu tinggi. Legenda ini menunjukkan pandangan orang Cina terhadap monyet. Mungkin karena sementara orang percaya bahwa monyet atau kera adalah cikal bakal manusia yang dalam perkembangan evolusinya menjadi sempurna.

  • Mereka yang lahir di tahun monyet (1908, 1920, 1932, 1944, 1956, 1968, 1980, 1992, 2004, 2016) memiliki kecerdasan, ketajaman otak, sikap yang tidak terduga dan menarik. Mereka menyenangkan karena lucu, kreatif dan memiliki energi yang meluap-luap seperti monyet. Mereka juga mempunyai potensi untuk menjadi pemimpin yang kuat, serta tidak akan membiarkan siapa pun mengatur apa yang harus dilakukannya. Seperti monyet yang jarang merasa malu karena apa pun, mereka bebas mengutarakan pendapatnya dalam segala hal tanpa rasa takut.

  • Selain ketajaman otak, mereka yang lahir di tahun monyet juga memiliki stamina fisik, terampil menggunakan tangannya, memiliki kemampuan teknologi dan dengan mudah dapat menguasai konsep-konsep baru. Dalam menjalin hubungan mereka romantis, sangat sensitif dan murah hati. Tetapi kadang-kadang perasaannya berubah-ubah, dan menganggap hubungannya seperti permainan. Namun semua orang menyukai mereka dan angka kelahiran meroket di Asia di tahun monyet.

  • Menurut penganut agama Tao ada lima unsur alam yang mendampingi zodiak China, api, tanah, logam, air dan kayu. Tahun ini adalah tahun monyet api merah. Unsur api mengandung semangat, kreatifitas, dan kebahagiaan. Orang yang lahir di tahun monyet api biasanya kuat, dinamis dan dapat mengatasi penyakit serta rintangan. Tetapi jangan terlalu cepat melompat ke depan, khususnya selama musim panas. Cobalah bersikap lebih tenang dan tekun.

  • Advertisement
  • Di bawah ini ada beberapa kepercayaan menarik tentang apa yang tidak boleh dilakukan di tahun baru Imlek:

  • 1. Obat: Jangan minum obat karena bisa sakit sepanjang tahun.

  • 2. Sarapan: Jangan makan bubur untuk sarapan pagi karena hanya orang miskin makan bubur sebagai sarapan dan tidak baik memulai tahun baru dalam keadaan miskin, ini pertanda buruk.

  • 3. Baju kotor: Jangan menyuci baju di hari pertama dan kedua tahun baru karena kedua hari ini dianggap hari ulang tahun Shuishen, Dewa Air.

  • 4. Kramas: Dilarang mencuci rambut di hari pertama. Dalam bahasa Mandarin rambut memiliki karakter yang sama dengan kekayaan. Karena itu tidak baik untuk mencuci atau menghilangkan kekayaan.

  • 5. Benda tajam: Pemakaian pisau atau gunting dihindari sebaik mungkin karena kecelakaan dianggap membawa sial dan berkurangnya harta.

  • 6. Keluar rumah: Wanita dilarang keluar rumah karena bisa membawa sial sepanjang tahun. Wanita yang sudah kawin dilarang mengunjungi orangtuanya karena membawa sial bagi orangtua.

  • 7. Menyapu: Menyapu disamakan dengan membuang harta.

  • 8. Anak menangis: Ini dianggap membawa sial karena itu orangtua berusaha sebaik mungkin supaya anaknya senang.

  • 9. Hutang: Jangan meminjamkan uang dan semua hutang harus dibayar sebelum malam tahun baru. Jika ada yang berhutang, Anda tidak boleh ke rumahnya untuk menagih. Ini akan membawa sial sepanjang tahun.

  • 10. Menyambut tahun baru: Menurut tradisi orang harus tidur larut malam sebelum tahun baru. Kemudian menyalakan kembang api atau petasan untuk mengusir roh-roh jahat dan Nian, monster tahun baru.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mengapa monyet berkuasa di China tahun ini

Tahun baru imlek dirayakan secara besar-besaran di China dan beberapa negara lain bahkan di lingkungan masyarakat Asia di AS. Karena ini adalah tahun monyet dalam zodiak China, orang-orang yang lahir di tahun monyet dianggap memiliki bintang terang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr