Lagi-lagi penyakit baru yang dibawa nyamuk

Sesudah demam berdarah, sekarang dunia dihebohkan oleh virus zika yang ditularkan melalui nyamuk. Virus ini terutama berbahaya bagi wanita hamil karena dapat menyebabkan kelainan pada janin.

939 views   |   4 shares
  • Nyamuk selalu menjadi biang penular penyakit. Karena hidupnya melalui darah yang disedotnya, drakula kecil ini menghisap darah apa saja, termasuk yang mengandung virus, dan menularkannya kepada mangsa berikutnya. Sementara Bill Gates dan istrinya masih sibuk berjuang melawan malaria, yang masih merajalela di Afrika, nyamuk membawa lagi penyakit-penyakit lain. Kita ingat bagaimana penyakit demam berdarah membuat cemas banyak orang, khususnya orangtua yang mempunyai anak-anak kecil. Sekarang muncul lagi sebuah penyakit baru yang ditularkan oleh nyamuk: virus zika.

  • Dari mana asalnya?

  • Nama virus ini berasal dari hutan Zika di Uganda, Afrika Timur, di mana banyak nyamuk aedes, pembawa virus ini, berkembang biak. Jenis nyamuk ini selain menyebarkan virus Zika juga virus demam berdarah dan virus lain. Sebetulnya penyakit ini bukan penyakit baru. Virus Zika pernah merambah negara-negara tropis di Afrika, Asia Tenggara dan kepulauan di Lautan Pasifik. Belakangan ini, tepatnya bulan Mei 2015 organisasi kesehatan Pan Amerika mengumumkan beredarnya penyakit ini di Brasilia. Sejak itu virus ini ditemukan menyebar ke negara-negara tetangganya. Banyak orang, khususnya wanita hamil, yang semula ingin berlibur ke negara-negara Amerika Selatan membatalkan niatnya. Selain nyamuk, virus Zika dapat ditularkan melalui hubungan seks.

  • Apa gejalanya?

  • Dibanding dengan malaria, virus Zika tidak menyebabkan banyak kematian. 1 dari 5 orang yang terjangkit virus ini akan jatuh sakit. Tetapi karena penyakitnya kadang-kadang hanya ringan, si penderita tidak tahu bahwa dirinya terkena virus Zika. Gejala umum dari penyakit ini adalah demam, bintik-bintik merah, sakit pada sendi-sendi tulang dan mata merah. Biasanya gejala ini muncul 2 sampai 7 hari sesudah penderita digigit nyamuk Zika.

  • Bagaimana mencegahnya?

  • Tidak ada vaksin atau obat khusus untuk virus ini. Dianjurkan untuk menghindari gigitan nyamuk dengan cara mengenakan baju berlengan panjang dan celana panjang. Memasang kawat nyamuk di jendela dan pintu. Tidak membiarkan adanya genangan air di dekat rumah, seperti kolam ikan, gentong atau comberan yang dapat dipakai nyamuk untuk berkembang biak. Nyamuk aedes menggigit di siang hari selain malam hari. Memakai obat nyamuk yang aman untuk kesehatan, khususnya bagi anak bayi di bawah 2 bulan. Pasanglah kelambu pada ranjang bayi.

  • Cara menyembuhkan

  • Minum banyak air supaya tidak dehidrasi, minum obat penurun panas atau penghilang nyeri, banyak istirahat, jangan minum aspirin atau obat non steroid anti peradangan. Jika menyadari terkena virus Zika hindari gigitan nyamuk supaya orang lain tidak tertular. Namun sekali orang terkena virus Zika, dia akan kebal dari penyakit ini selama hidupnya.

  • Advertisement
  • Pengaruhnya pada wanita hamil

  • Wanita hamil yang terkena virus Zika dapat menularkan penyakit ini kepada janin yang dikandungnya. Diketahui ada kelainan yang bisa diderita si bayi jika terkena virus ini. Salah satunya yang serius ialah kelainan pada otak. Bayi akan lahir dengan kepala lebih kecil dibanding bayi yang normal. Kelainan ini disebut microcephaly. Karena itu wanita hamil dianjurkan lebih berhati-hati untuk menghindari gigitan nyamuk.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Lagi-lagi penyakit baru yang dibawa nyamuk

Sesudah demam berdarah, sekarang dunia dihebohkan oleh virus zika yang ditularkan melalui nyamuk. Virus ini terutama berbahaya bagi wanita hamil karena dapat menyebabkan kelainan pada janin.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr