Bagaimana Mengatasi Insomnia

Tubuh kita tentu saja membutuhkan istirahat. Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membahayakan tubuh.

6,360 views   |   1 shares
  • Tidak ada hal yang sangat mengesalkan selain mengalami kesulitan tidur setiap malam. Setiap malam Anda hanya bisa membolak-balikkan badan di tempat tidur sehingga pada saat bangun tidur di pagi hari badan terasa lelah sekali, dan ini membuat perasaan Anda benar-benar tidak menyenangkan.

  • Tubuh kita tentu saja membutuhkan istirahat. Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membahayakan tubuh. Walaupun hanya beberapa saat tanpa tidur, gejala seperti sakit kepala, pusing, kebingungan, dan bahkan halusinasi dapat berkembang.

  • Insomnia adalah keadaan dimana seseorang memiliki kebiasaan sulit tidur atau kesulitan untuk tidur pulas.

  • Beberapa penderita insomnia sering terbangun pada malam hari dan mengalami kesulitan untuk kembali tidur. Banyak penderita insomnia tidak bisa tertidur saat mereka sudah siap untuk tidur. Pada saat mereka bangun tidur di pagi hari mereka merasa kelelahan.

  • Insomnia disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan, seperti gangguan perut, penggunaan obat-obatan, depresi, asma atau gangguan pernapasan lainnya, atau sakit kronis. Tetapi ada beberapa insomnia yang tampaknya tidak ada penyebabnya, dan ini membuat masalahnya menjadi sulit untuk diatasi.

  • Beberapa penderita insomnia menyatakan bahwa insomnia bisa datang sewaktu-waktu, namun mereka tetap merasa bahwa mereka lebih sering mendapatkan kesempatan untuk tidur nyenyak dibanding sebaliknya. Meskipun demikian, banyak orang menderita insomnia dalam jangka waktu yang panjang.

  • Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi insomnia:

    • Jika Anda merokok, cobalah berhenti, setidaknya di malam hari, dan hindari alkohol dan kafein. Nikotin, alkohol, dan kafein bekerja sebagai pemacu sistem saraf pada tubuh yang dapat menyebabkan Anda tidak dapat tidur di malam hari.

    • Mungkin Anda pernah mendengar jika Anda tidak bisa tidur, Anda harus bangun daripada membolak-balikkan badan Anda di tempat tidur. Tapi ini sebenarnya bukan nasihat yang terbaik. Berbaring di tempat tidur adalah isyarat yang Anda berikan pada tubuh Anda bahwa sekarang adalah waktunya tidur. Bahkan jika Anda tidak tertidur pulas, setidaknya tubuh Anda sudah mendapatkan sedikit istirahat. Kalaupun Anda harus bangun, nyalakan lampu yang redup dan lakukan hal-hal yang menjaga ketenangan malam, seperti membaca. Penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya terang dapat memicu tubuh untuk memproduksi adrenalin, pemacu tubuh alami yang membuat badan Anda aktif – hal yang tidak diinginkan terjadi jika Anda sedang mencoba untuk tertidur.

    • Hindari makan makanan berat di malam hari. Makan makanan ringan adalah alternatif yang lebih baik yang bahkan dapat membantu Anda untuk dapat tidur pulas lebih lama.

    • Anda mungkin merasa enggan untuk menggunakan obat tidur, namun hal ini dapat membantu Anda untuk dapat mengatur ulang pola tidur Anda dan membiasakan tubuh Anda untuk dapat tidur pada waktu yang tepat. Ada beberapa jenis obat yang dapat Anda gunakan, obat-obat ini dapat dibeli di apotek dengan resep dokter atau dibeli di toko obat umum. Jika Anda mencoba satu obat dan tidak cocok, Anda bisa mencoba obat lainnya.

    • Berhati-hatilah dengan tidur siang. Jika Anda tidak tidur nyenyak malam sebelumnya, keinginan untuk tidur siang mungkin hampir tak tertahankan. Tetapi menyerah pada keinginan untuk tidur siang bisa memperpanjang masalah kesulitan tidur yang Anda miliki di malam hari. Mudah-mudahan, jika Anda dapat mengatasi perasaan ngantuk dan tidak tidur sebelum waktunya tiba, maka di malam hari Anda akan tertidur dengan mudah dan pola tidur Anda pun akan teratur kembali. Beberapa Dokter Tidur membantu menyembuhkan penderita insomnia dengan membuat pasien mereka terjaga untuk waktu yang lama. Dengan batasan tertentu, Anda pun dapat mencoba sendiri cara tersebut.

  • Advertisement
  • Jika tips ini tidak membantu Anda untuk mendapatkan istirahat yang Anda butuhkan, mungkin gejala insomnia yang Anda derita menunjukkan adanya masalah yang lebih serius pada kesehatan Anda. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda khawatir seandainya gejala insomnia Anda merupakan gejala kesehatan lain yang lebih serius dalam diri Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli "How to manage Insomnia" karya Margot Hovley.

Bantu kami menyebarkan

Margot Hovley telah menerbitkan dua novel dengan Kovenan Komunikasi: "Sudden Darkness" (2012) & "Glimmering Light" (2014).

Situs: http://www.margothovley.com

Bagaimana Mengatasi Insomnia

Tubuh kita tentu saja membutuhkan istirahat. Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membahayakan tubuh.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr