Si kecil seringkali tidak menghiraukan Anda? Lakukan tips ini

Apakah Anda pernah merasa kehabisan kesabaran saat meminta si kecil menuruti Anda? Lama kelamaan Anda pasti dapat putus asa dan terpancing emosi hingga memarahinya.

677 views   |   5 shares
  • Apakah Anda pernah merasa habis kesabaran saat si kecil tidak mau mendengarkan Anda? Pasti lama kelamaan Anda akan terpancing emosi atau bahkan putus asa untuk dapat membuat ia mau mendengarkan Anda. Memaksakannya atau bahkan memarahinya untuk dapat mendengarkan Anda hanya akan membuatnya justru menjadi semakin tidak mendengarkan perkataan Anda.

  • Dibutuhkan keterampilan tepat dalam menaklukkan di kecil. Jangan menyerah padanya dengan coba melakukan beberapa tips berikut ini.

  • Berbicara berulang kali

  • Mungkin berbicara berulang kali akan terasa membosankan. Tetapi, disinilah Anda sebagai orang tua diajar untuk lebih sabar dalam mendidik buah hati Anda. Anak yang sulit mendengarkan biasanya dikarenakan sulit mencerna apa yang orang lain sampaikan. Nah, kesabaran Anda dapat dengan perlahan membuat buah hati Anda dapat menangkap perkataan Anda lho. Mulailah dari mengajak si kecil membicarakan segala sesuatu, misalnya tentang acara TV yang dinontonnya, kejadian di sekolahnya, bagaimana teman-temannya, dan sebagainya.

  • Bantu si kecil untuk lebih fokus

  • Jika cara di atas tidak begitu membantu si kecil untuk mendengarkan Anda, mungkin Anda harus mencoba melatihnya untuk lebih fokus menyikapi keadaan sekitarnya. Misalnya dengan menggunakan alat peraga mainan favoritnya. Tanyakan padanya sambil menunjukan mainan yang Anda pegang, benda apakah itu, apa warnanya, bagaimana bentuknya, dan sebagainya. Asah kebiasaan ini sampai dia dapat terlatih untuk lebih fokus dalam mendengarkan orang lain.

  • Alternatif membaca

  • Membaca tidak hanya baik untuk menambah pengetahuan si kecil, tetapi juga dapat mengasah pendengarannya. Jadikan kebiasaan membaca sebagai kegiatan yang wajib bagi si kecil setiap harinya, misalnya saat sebelum ia tidur. Dianjurkan ketika ingin mengasah pendengaran si kecil, jangan memperlihatkannya gambar saat membacakannya cerita agar dia bisa lebih terfokus mendengarkan cerita tersebut. Sebelum melanjutkan pada halaman berikutnya, mintalah si kecil untuk menjelaskan singkat cerita tentang apa yang telah Anda bacakan. Jika dia tidak tampak yakin dengan jawabannya, mulai lagi dari awal hingga dia dapat dengan jelas mengetahui cerita tersebut.

  • Ada beberapa anak yang tidak dapat fokus dapat sulit mendengar orang berbicara dapat dikategorikan sebagai anak ADD

  • Baca "Membesarkan Anak yang Mengidap ADD" (http://keluarga.com/kesehatan/membesarkan-anak-yang-mengidap-adhd)

  • Advertisement
  • Usia 3-8 tahun adalah masa di mana si kecil memiliki keinginan yang besar untuk melakukan, mencari tahu dan mengerti segala sesuatu dengan sendiri. Masa ini pula adalah saat yang paling tepat untuk melatih pendengaran si kecil dan melatih fokusnya.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Si kecil seringkali tidak menghiraukan Anda? Lakukan tips ini

Apakah Anda pernah merasa kehabisan kesabaran saat meminta si kecil menuruti Anda? Lama kelamaan Anda pasti dapat putus asa dan terpancing emosi hingga memarahinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr