8 hal ini sebaiknya jangan pernah Anda sebarkan di Facebook

Meskipun foto bayi tanpa pakaian sangat lucu dan menggemaskan, mereka seharusnya tidak dibagikan di facebook. Ada banyak orang di luar sana memiliki niat yang buruk dan mereka bisa memanfaatkan foto Anda untuk hal-hal yang jahat.

31,006 views   |   202 shares
  • Facebook adalah media sosial yang sangat viral, membuat kita tetap bisa berhubungan dengan sahabat -lama maupun baru-, berbagi informasi dan ide, bahkan membuat kita selalu up date dengan berita-berita terbaru. Akan tetapi meski memiliki banyak manfaat positif, facebook juga memiliki sisi negatif seperti wadah penyebaran gosip, memperkeruh sebuah masalah dan menjadi sasaran bagi orang-orang dengan niat tidak baik. Oleh karena itu, berikut adalah delapan hal yang sebaiknya jangan pernah Anda posting di facebook.

  • Masalah hubungan atau rumah tangga

  • Sangat berbahaya menceritakan pertikaian yang sedang Anda alami dengan pasangan di facebook. Apalagi jika ternyata Anda sedang merencanakan sebuah perceraian. Meskipun hal ini Anda maksudkan untuk mendapatkan dukungan dari keluarga ataupun sahabat, tapi cara tersebut ternyata dapat sangat merugikan. Sahabat Anda umumnya hanya mengetahui sedikit mengenai kisah hidup Anda dan yang paling utama mereka sama sekali tidak memahami apa yang sedang Anda alami. Terkadang mereka juga tidak memahami mengapa Anda masih bersedia memaafkan pasangan Anda dan memilih untuk tetap bersamanya padahal Anda telah disakiti.

  • Terkadang dengan menceritakan masalah hubungan Anda, hal tersebut juga bisa sangat melukai perasaan orang lain. Apakah Anda ingin mendengar mereka mengatakan hal yang sama mengenai Anda? Maka dari itu, jagalah kehidupan pribadi Anda sebab kita semua memiliki kesalahan. Ketahuilah, sekali mengungkapkannya di facebook -atau jejaring media sosial lainnya-, hal tersebut akan sangat sulit untuk dihapus kembali.

  • Foto bayi tanpa pakaian

  • Meskipun foto bayi tanpa pakaian sangat lucu dan menggemaskan, mereka seharusnya tidak dibagikan di facebook. Ada banyak orang di luar sana memiliki niat buruk dan mereka bisa memanfaatkan foto anak Anda untuk hal-hal yang jahat. Jika Anda ingin mengunggah foto si kecil sedang mandi atau saat ia sedang tidak mengenakan pakaian, pastikan Anda telah menutupi daerah-daerah pribadinya.

  • Kisah memalukan mengenai orang lain

  • Jika Anda ingin membagikan kisah memalukan yang pernah Anda alami silahkan saja, makin memalukan makin menghibur bagi pembaca Anda. Tetapi, ketika Anda akan menceritakan sesuatu yang memalukan mengenai orang lain seperti pasangan Anda, sahabat Anda atau anak Anda, lebih baik jangan lakukan kecuali mereka telah mengijinkan Anda untuk menceritakannya kembali. Meskipun lucu, bisa jadi mereka merasa tidak nyaman jika Anda membagikannya. Mereka mungkin tidak ingin orang-orang di facebook sampai tahu mengenai kecelakaan ataupun kesalahan yang mereka alami.

  • Advertisement
  • Ketika Anda ingin memposting kisah memalukan yang dialami oleh anak Anda, cobalah pikirkan kembali mengenai masa depannya. Meskipun mungkin saat ini nampak lucu, beberapa tahun kemudian saat sudah tumbuh remaja atau dewasa mereka mungkin tidak ingin teman-teman mereka mengetahui kisah memalukan tersebut. Pertimbangkan untuk membagikannya di blog pribadi Anda atau hanya dengan teman dekat Anda. Jangan menceritakannya di facebook.

  • Alamat Anda atau data pribadi Anda

  • Saya selalu terkejut tiap kali mengetahui ada seseorang memposting foto identitas pribadi mereka atau bagaimana mereka meninggalkan nomor selular mereka di thread komentar. Siapapun bisa mengakses informasi tersebut dan sekarang mereka tahu dimana Anda tinggal atau bagaimana cara menemukan Anda. Mungkin hal ini nampak sedikit paranoid atau terlalu berhati-hati tetapi dengan memberikan informasi pribadi Anda di facebook, kemungkinan orang lain dapat menyalahgunakan informasi tersebut.

  • Kata-kata mengejek dan merendahkan

  • Dunia kita ini sudah penuh dengan hal-hal negatif, mengapa masih ingin menambahkannya? Jika Anda merasa tidak senang dengan perilaku seseorang atau bagaimana cara seseorang melakukan apa yang ia lakukan, apakah Anda pikir dengan memposting pendapat Anda di facebook akan mengatasi keadaan? Cara tersebut justru akan menyebarkan lebih banyak kebencian dan pikiran negatif baik ditujukan pada Anda maupun orang lain. Orang-orang akan membaca komentar-komentar tersebut, bahkan dapat melukai perasaan orang lain yang mengalaminya. Mungkin Anda berpikir Anda berhak mengemukakan pendapat, tetapi jika belum meminta ijin pada yang bersangkutan lebih baik Anda jangan mengatakan apa-apa.

  • Foto-foto tidak pantas

  • Beberapa orang berpikir foto cedera atau foto jamur yang tumbuh di roti benar-benar keren untuk dibagikan. Akan tetapi, bagi orang lain hal tersebut bisa sangat menjijikan dan bisa menyebabkan efek samping yang negatif seperti muntah atau bahkan pingsan. Membagikan foto jenazah saat Anda sedang melayat juga tidaklah pantas. Walau sedang berduka, namun tidak semua kawan Anda di facebook suka melihat foto jenazah. Hal ini juga dapat melukai perasaan keluarga terdekat yang sedang berkabung. Betul, Anda berfikir itu mungkin foto Anda dan akun facebook Anda, tetapi foto di facebook bisa tiba-tiba muncul kapan saja dan dapat terlihat oleh siapa saja.

  • Kebohongan

  • Jika Anda benar-benar benci dengan pekerjaan Anda atau berbohong sakit padahal Anda sedang betul-betul dibutuhkan, mungkin hal tersebut bukan ide yang baik untuk mempostingnya di facebook. Banyak perusahaan telah memecat karyawannya karena malas atau mengetahui mereka sangat membenci pimpinan mereka.

  • Advertisement
  • Berita atau kabar orang lain

  • Ada beberapa hal yang biasanya tidak semua orang ingin membaginya di facebook seperti berita kehamilan, pindah rumah, rencana pernikahan atau kabar bahagia lainnya. Jika Anda ingin mengucapkan selamat kepada seseorang kirimkan pesan pribadi kepada mereka. Jangan pernah menyampaikan kabar apapun di sosial media tanpa persetujuan dari mereka, siapa tahu ada alasan tertentu yang tidak Anda ketahui mengapa mereka tidak mengumumkannya melalui sosial media.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi dari "8 things you should absolutely never,ever share on facebook", karya Megan Sauri. http://familyshare.com/growth/8-things-you-should-absolutely-never-ever-share-on-facebook

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Megan Shauri mengantongi gelar Master-nya di bidang Psikologi dan ia juga seorang Sarjana bidang Antropologi. Saat ini, ia dan keluarga kecilnya menetap di Orange County, California. Megan adalah ibu dari sepasang anak kembar, Anda bisa menghubunginya di

8 hal ini sebaiknya jangan pernah Anda sebarkan di Facebook

Meskipun foto bayi tanpa pakaian sangat lucu dan menggemaskan, mereka seharusnya tidak dibagikan di facebook. Ada banyak orang di luar sana memiliki niat yang buruk dan mereka bisa memanfaatkan foto Anda untuk hal-hal yang jahat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr