Apakah Kita Harus Menginvestasikan Tabungan Kita? Pelajarilah Laporan Keuangan Suatu Perusahaan Sebelum Anda Berinvestasi

Mempelajari cara mengevaluasi laporan keuangan sebelum berinvestasi tidak mungkin tercakup seluruhnya dalam sebuah artikel pendek seperti ini, namun kami dapat memberi Anda beberapa pengertian dasar yang akan membantu Anda.

790 views   |   shares
  • Mempelajari cara mengevaluasi laporan keuangan sebelum berinvestasi tidak mungkin tercakup seluruhnya dalam sebuah artikel pendek seperti ini, namun kami dapat memberi Anda beberapa pengertian dasar yang akan membantu Anda untuk belajar memahami laporan keuangan dan mengerti maksud dari angka-angka yang tercantum, sehingga Anda dapat mengambil keputusan yang lebih tepat bagi investasi keluarga Anda.

  • Sebelum kami mulai, sebuah kata peringatan: pemilihan saham adalah cara yang sangat mudah untuk menghabiskan simpanan keluarga Anda. Daripada menginvestasikan seluruh tabungan yang dengan susah payah Anda kumpulkan ke dalam beberapa lot saham yang Anda pilih sendiri, atau lebih buruk lagi ke dalam satu lot saham, lebih baik pertimbangkan untuk mengalokasikan 10% saja dari keseluruhan portofolio investasi Anda pada saham yang Anda pilih sendiri. Karena Anda ingin berinvestasi dalam berbagai jenis saham untuk jangka panjang yang bertujuan agar ada diversifikasi reksadana yang Anda dapatkan, tentu saja Anda ingin agar simpanan Anda tetap aman sebelum Anda memilih sendiri saham yang hendak Anda beli. Terakhir, jangan terperangkap dalam perdagangan saham. Belilah saham dan rencanakanlah untuk menahannya untuk suatu jangka waktu yang lama (dalam hitungan tahun, bukan jam).

  • Sekarang, mari kita amati beberapa konsep dasar keuangan:

  • Laporan Pendapatan

  • Laporan pendapatan atau laporan operasional adalah laporan keuangan yang menguraikan laba yang diperoleh perusahaan selama satu periode (biasanya tahunan atau triwulan) serta biaya-biaya yang terkait dengan perolehan laba tersebut. Laba bersih dilaporkan secara jelas di “bagian bawah.”

  • Neraca

  • Neraca adalah laporan yang menunjukkan harta dan utang perusahaan beserta “ekuitas” [kekayaan] perusahaan. Aset adalah barang-barang yang dimiliki perusahaan sebagaimana tercantum dalam neraca dan biasanya meliputi uang tunai, inventaris, properti dan perlatan serta aset-aset lainnya. Kewajiban keuangan atau utang yang dimiliki perusahaan juga dicantumkan dan bisa saja meliputi utang yang harus dibayar, biaya-biaya yang belum dibayarkan, utang jangka pendek, utang jangka panjang, serta kewajiban-kewajiban lainnya. Ekuitas adalah selisih antara jumlah aset dan jumlah utang, pada umumnya dicantumkan di bagian bawah kolom utang. Ekuitas adalah nilai akuntansi dari saham yang dipegang oleh para pemegang saham. Catatan: nilai akuntnasi mungkin saja tidak terlalu terkait dengan harga pasar.

  • Rasio Keuangan

  • Advertisement
  • Ada sejumlah rasio keuangan dasar yang sering digunakan untuk membantu para analis keuangan serta investor untuk membandingkan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya untuk menentukan saham mana yang hendak dibeli atau dijual.

  • Rasio Harga Terhadap Pendapatan

  • Secara umum disebut harga merujuk pada harga saham dan pendapatan merupakan rujukan dari laba per saham (secara singkat adalah jumlah total laba dibagi dengan jumlah saham yang beredar). Jadi selembar saham yang seharga Rp 200 dan pendapatan Rp 1 per lembar saham akan disebut memiliki P/E ratio sebesar 200/1 atau secara sederhana sebesar 200. Rata-rata di pasar modal bervariasi dalam rentang yang lebar bergantung pada siklus ekonomi. Semakin tinggi angkanya, maka akan dianggap semakin mahal harga sahamnya. Para penggemar saham Apple sering mengatakan betapa murah harga sahamnya tanpa memandang harganya yang lebih dari Rp 5.000.000, karena memiliki yang lebih rendah bila dibandingkan dengan beberapa perusahaan lainnya dalam industri sejenis.

  • Rasio Utang Terhadap Ekuitas

  • Rasio utang terhadap ekuitas adalah perbandingan antara jumlah seluruh kewajiban keuangan perusahaan dengan jumlah seluruh ekuitas. Perusahaan perbankan yang secara ketat mengkuti regulasi pemerintah dan secara eksplisit berada di bawah Lembaga Penjamin Simpanan memiliki rasio utang terhadap ekuitas yang sangat tinggi. Banyak perusahaan di bidang teknologi yang memiliki margin keuntungan yang sangat besar dan hampir tidak mempunyai utang, memiliki rasio utang terhadap ekuitas yang sangat rendah. Dengan membandingkan rasio utang terhadap ekuitas dari beberapa perusahaan dalam industri sejenis, Anda dapat memperoleh pemahaman akan kondisi kesehatan perusahaan.

  • Margin Keuntungan

  • Margin keuntungan adalah sama dengan laba bersih perusahaan dibagi dengan total penjualan atau pendapatan, yang ditunjukkan dalam bentuk angka persentase. Margin keuntungan ini memiliki perbedaan yang sangat besar antara satu bidang industri dengan bidang indistri lainnya serta antara satu periode dengan periode lainnya dalam siklus ekonomi. Dengan membandingkan margin keuntungan suatu perusahaan dengan margin keuntungannya dari periode sebelumnya serta dengan perusahaan lainnya dalam bidang industri sejenis, akan membantu Anda untuk lebih memahami kinerja perusahaan tersebut

  • Ada begitu banyak sumber tentang informasi ini di internet. Banyak broker saham yang berbasis internet juga menyediakan informasi semacam ini dalam format yang mudah digunakan. Bahkan mereka menyediakan jauh lebih banyak lagi informasi. Anda dapat membaca perihal perusahan-perusahaan yang menarik minat Anda. Salah satu situs independen yang begitu populer adalah MSN Money.

  • Advertisement
  • Ingatlah bahwa memahami cara membaca laporan keuangan adalah penting namun hal itu hanya merupakan bagian dari proses belajar untuk memilih saham.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Should we invest our savings? Learn to evaluate the financial statements of a company before you invest” karya Devin Thorpe.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Apakah Kita Harus Menginvestasikan Tabungan Kita? Pelajarilah Laporan Keuangan Suatu Perusahaan Sebelum Anda Berinvestasi

Mempelajari cara mengevaluasi laporan keuangan sebelum berinvestasi tidak mungkin tercakup seluruhnya dalam sebuah artikel pendek seperti ini, namun kami dapat memberi Anda beberapa pengertian dasar yang akan membantu Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr