Menjalin hubungan cinta lewat dunia maya. Masalahkah buat Anda?

Sebelum internet populer, kencan dan hubungan cinta berlangsung melalui cara 'tradisional'. Anda bertemu seseorang, memutuskan berkencan dan jika ada percikan cinta, hubungan berlanjut dengan janji setia.

2,129 views   |   22 shares
  • Sebelum internet populer, kencan dan hubungan cinta berlangsung melalui tahap tradisional. Anda bertemu seseorang, pergi berkencan dan jika ada percikan cinta, hubungan itu dilanjutkan dengan janji setia. Di abad digital masih ada yang berpanut pada cara ini. Tetapi teknologi membuat makin banyak cinta dan kencan berjalan melalui komputer. Walau masih ada orang yang ragu-ragu menemukan jodoh dengan cara ini. Ini dapat dimengerti karena Anda tidak bisa begitu saja percaya apa yang dikatakan seseorang melalui komputer.

  • Sejak menjalarnya internet di tahun 1990-an, situs kencan sudah muncul, bahkan sebelum ada situs-situs lain. Dua situs yang terkenal, Kiss.com dan Match.com didirikan oleh orang yang sama masing-masing di tahun 1994 dan 1995. Pada tahun 1996 Yahoo mencatat ada 16 situs kencan. Film terkenal di tahun 1998, You've Got Mail, yang dibintangi Tom Hanks dan Meg Ryan, makin mempopulerkan kencan di dunia maya. Walau film ini tidak menuturkan tentang kencan di internet dan kedua tokohnya juga tidak bertemu melalui internet, namun ini memperlihatkan bagaimana dunia maya dapat mempertemukan dua orang bersama.

  • Dengan makin populernya dan makin luasnya penerimaan masyarakat situs Match.com dan OneandOnly.com dibeli oleh Ticketmaster Online—Citisearch dengan jumlah yang dirahasiakan. Pemilik situs-situs besar seperti Yahoo dan AOL—memperluas kegiatan mereka dengan situs kencan. Situs-situs lain mengikuti jejak mereka ketika internet mencapai puncak kejayaan di akhir tahun 1990-an dan awal 2000. Ketika dunia internet agak pudar di tahun 2001 dan 2002, situs-situs kencan banyak yang menghilang, digantikan oleh media sosial seperti Friendster dan My Space di tahun 2002 dan Facebook di tahun 2004. Banyak orang menyukai perubahan ini karena media sosial dianggap tidak membawa risiko sebesar situs kencan. Mereka yang tidak mencari jodoh dapat menggunakan situs-situs media sosial.

  • Sedangkan bagi mereka yang memang mencari jodoh masih dapat memakai situs-situs kencan. Menurut majalah Online Dating, hampir 20 juta orang menggunakan situs kencan paling tidak sebulan sekali. Hasilnya 120 ribu perkawinan berlangsung setiap tahun dengan adanya situs-situs kencan. Akhirnya pandangan umum tentang situs kencan mulai berubah dan rasa kuatir mencari jodoh di internet berangsur-angsur hilang dengan makin populernya media sosial. Walau kebanyakan perkawinan masih diawali dengan cara kencan tradisional, hampir setiap pemakai internet pernah bertemu seseorang atau berteman melalui dunia maya. Dan di jaman yang serba sibuk ini orang tidak lagi mempunyai waktu untuk mencari teman dan jodoh dengan cara tradisional. Buat apa kalau mereka dapat mencari semua itu dengan satu klik di komputer?

  • Advertisement
  • Ada statistik menarik tentang kencan di bawah ini:

  • 3 cara orang menemukan jodoh:

  • 1. Diperkenalkan oleh teman kedua pihak.

  • 2. Melalui sekolah atau tempat kerja.

  • 3. Bertemu di dunia maya.

  • 5% dari orang-orang di Amerika, yang sudah menikah atau hidup bersama, mengatakan bahwa mereka bertemu di dunia maya.

  • 17% dari pernikahan yang berlangsung di tahun 2014 adalah hasil dari kencan di dunia maya.

  • Hampir 50 juta orang di AS pernah mencoba kencan di dunia maya.

  • Penghasilan situs-situs kencan di tahun 2014 mencapai 1749 milyar dolar AS.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Menjalin hubungan cinta lewat dunia maya. Masalahkah buat Anda?

Sebelum internet populer, kencan dan hubungan cinta berlangsung melalui cara 'tradisional'. Anda bertemu seseorang, memutuskan berkencan dan jika ada percikan cinta, hubungan berlanjut dengan janji setia.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr