6 alasan mengapa bahagia itu penting

Menjadi bahagia adalah sebuah pilihan. Namun, ketika seseorang menyerahkan dirinya ditawan dalam ketidakbahagiaan, maka ia tidak akan pernah mampu melihat segala sesuatu secara positif.

1,775 views   |   22 shares
  • Kebahagiaan adalah sesuatu yang sangat penting dan diharapkan oleh banyak orang. Maka dari itu, pada tanggal 28 Juni 2012 PBB telah menetapkan setiap tanggal 20 Maret sebagai hari kebahagiaan internasional, tujuannya satu agar setiap orang di bumi ini bisa selalu merasa bahagia di dalam dunia yang penuh dengan perbedaan.

  • "Kebahagiaan bisa memiliki arti yang berbeda-beda bagi setiap orang, tetapi kita semua pasti setuju bahwa kebahagiaan berarti bekerja untuk mengakhiri pertikaian, kemiskinan dan keadaan malang lainnya di mana begitu banyak dari saudara-saudara kita hidup." Ban Ki-moon.

  • Tidak bermaksud membahas bagaimana cara kita agar bisa selalu bahagia, namun dengan ke tujuh alasan berikut ini semoga dapat memotivasi kita bahwa bahagia itu sangat penting.

  • Bahagia membuat hidup jadi lebih mudah dijalani

  • Bayangkan sebuah kehidupan di mana Anda tidak memiliki hutang, keluarga bahagia, usaha lancar, anak-anak sehat, dan sebagainya. Itu semua pasti akan membuat Anda sangat bahagia, sehingga Anda akan merasa bahwa kehidupan ini sebetulnya sangat mudah dijalani.

  • Bahagia menyehatkan tubuh

  • "Hati yang gembira adalah obat, tetapi semangat yang patah keringkan tulang", ungkapan di samping menunjukkan betapa pentingnya untuk selalu merasa bahagia. Sependapat dengan hal tersebut, psikolog Erwin Prasetya mengatakan, "Bahwa dalam upaya menyembuhkan suatu penyakit sesungguhnya obat-obatan kimia tidak terlalu berpengaruh signifikan jika yang bersangkutan tidak memiliki semangat untuk sembuh, semangat yang dimaksud hanya bisa datang melalui hati yang bahagia".

  • Bahagia membuat umur menjadi panjang

  • Bila dibandingkan dengan negara-negara lain jumlah lansia di Jepang sangatlah banyak. Menurut sebuah sensus jumlah lansia di Jepang mencapai 25% atau sekitar 31 juta jiwa dari total penduduk yang berjumlah 126 juta. Khususnya para lansia di pedesaan, umumnya mereka memiliki banyak teman dan komunitas, lingkungan sosial semacam ini membuat mereka sangat sehat dan bahagia sehingga terhindar dari stres.

  • Bahagia membuat hidup jadi lebih menarik

  • Hidup menjadi menarik atau sebaliknya tergantung bagaimana cara kita memandangnya. Ketika kita selalu menanamkan ke dalam pikiran kita bahwa hidup ini tidak menarik, maka akan terjadi seperti apa yang kita pikirkan. Begitu juga sebaliknya, ketika kita menganggap bahwa kehidupan ini sangat unik dan menarik, maka kita akan semakin bersemangat dan bisa selalu merasakan kebahagiaan setiap saat.

  • Advertisement
  • Bahagia menciptakan kehidupan sosial yang aman dan tentram

  • Setiap individu yang bahagia memiliki pengaruh sangat besar dalam menciptakan sebuah kehidupan sosial yang rukun dan harmonis. Betapa tidak, tidak pernah sekalipun sebuah kasus kejahatan terjadi disebabkan oleh orang-orang yang dalam kehidupan pribadinya selalu merasakan kebahagiaan.

  • Bahagia membuat seseorang jadi lebih kreatif

  • Menjadi pribadi kreatif ternyata bermanfaat bagi kesehatan. _Assitant Clinical Professor of Psychiatry_ dr. Carrie Baroon, M.D mengatakan, bahwa orang kreatif cenderung lebih bahagia. Menurutnya, ada hubungan yang kuat antara ekspresi kreatif dan kesejahteraan secara keseluruhan. Seseorang yang kreatif memiliki ketekunan untuk memperoleh kepuasan hidup dan mampu berpikir secara luas. Seseorang yang kreatif ketika dirinya berada dalam suasana hati kurang baik umumnya mampu menemukan hal-hal menyenangkan yang bisa mengembalikan keceriaannya.

  • Menjadi bahagia adalah sebuah pilihan. Namun, ketika seseorang menyerahkan dirinya ditawan dalam ketidakbahagiaan, maka ia tidak akan pernah mampu melihat segala sesuatu secara positif. Maka dari itu, lepas dari betapa sulit kehidupan Anda saat ini berusahalah untuk selalu bahagia. Pun hendaknya kebahagiaan yang Anda rasakan tidak dibuat-buat, biarkanlah kebahagian tersebut mengalir dengan sendirinya dan rasakan semangat perubahan untuk mengatasi setiap kesulitan-kesulitan Anda.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

6 alasan mengapa bahagia itu penting

Menjadi bahagia adalah sebuah pilihan. Namun, ketika seseorang menyerahkan dirinya ditawan dalam ketidakbahagiaan, maka ia tidak akan pernah mampu melihat segala sesuatu secara positif.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr