Para ibu menyusui, inilah cara efektif dan benar memompa ASI untuk hasil yang maksimal

Seberapapun sibuk Anda bukan halangan untuk dapat memberikan yang terbaik bagi sang buah hati tercinta Anda.

1,528 views   |   6 shares
  • Memberikan ASI ekseklusif terhadap bayi akan mempengaruhi pertumbuhannya yang optimal, seperti yang sudah banyak ditayangkan dan diberitakan bahwa anak dengan pemberian ASI yang cukup membuat sistem imunnya lebih kuat serta membuatnya tumbuh lebih cerdas. Hasil ini sudah cukup terbukti, banyak sekali perbedaan antara anak dengan ASI yang cukup dibandingkan mengandalkan susu formula saja.

  • Hanya saja sangat disayangkan beberapa dari ibu yang waktu menyusuinya tergelut dengan jam-jam sibuk dalam pekerjaannya, dan alternatifnya dengan menggunakan pompa ASI. Cara ini sangat efektif bagi para ibu yang berkarier, mereka tidak harus pulang lebih sering untuk menyusui buah hatinya atau membawa buah hatinya datang ke kantor. Tentu sangatlah mustahil, sebab akan mengganggu pekerjaannya. Namun, terdapat beberapa permasalahan datang pada mereka, produksi ASI yang dihasilkan ternyata tidak semua dapat hasil yang maksimal. Terdapat beberapa alasan yang menyebabkan hal yang demikian selain porsi asupan gizi yang kurang diperhatikan. Berikut ini juga akan dijelaskan beberapa cara efektif dan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika memompa ASI.

  • Situasi tenang dan rileks

  • Ibu dengan kondisi sedang tertekan oleh suatu hal seperti tuntutan pekerjaan, atau sedang mengalami sebuah permasalahan rumah tangga akan turut mempengaruhi produki ASI. Dengan cara membuat pikiran menjadi rileks dibutuhkan beberapa terapi psikologis yang menenangkan suasana hati dan pikiran seperti mendengarkan musik, mendengarkan suara hujan, angin berhembus seperti di tepi pantai dan aroma-aroma terapi. Dengan tercapainya kondisi yang kondusif serta posisi yang terasa paling nyaman maka akan mempermudah ASI dikeluarkan secara maksimal. Adapun cara tradisional yang cukup terbukti ampuh ketika dalam keadaan sibuk, yaitu dengan membawa baju atau peralatan bayi Anda yang memiliki ciri khas aroma bayi dari buah hati Anda sendiri untuk Anda hirup aromanya yang akan membawa diri lebih tenang.

  • Keluarkan ASI lebih sering dan rutin

  • Jika ASI dapat dikeluarkan secara rutin dan lebih sering, menurut informasi ASI terangsang untuk produksi lebih banyak. Terlebih jika ASI sering diberikan secara langsung kepada bayi, tentunya ini jika ibu dalam kondisi bukan pekerja sibuk. Memompa ASI akan lebih efektif lebih sering dilakukan daripada memompa di satu sesi dalam satu hari dengan waktu yang cukup lama.

  • Berikan pijatan halus pada payudara

  • Dengan Anda berikan pijatan halus pada payudara Anda secara melingkar berjalan hingga puting susu sebelum memompanya, akan mempermudah ASI dikeluarkan lebih mudah. Jika suatu ketika Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan jumlah banyak dari hasil pompaan ASI, cobalah untuk memberikan pijatan tersebut dan selang beberapa menit cobalah kembali memompanya maka ASI dapat keluar lebih maksimal seperti yang Anda inginkan.

  • Advertisement
  • Gunakan alat pemompa ASI jika terdapat masalah pada puting susu

  • Untuk para ibu yang lebih sering memberikan ASI secara langsung pada bayi, biasanya sering mengalami masalah pada puting susu. Contoh puting yang lecet, atau iritasi kulit pada areola. Dengan cara menggunakan alat pompa ASI maka akan menjadi alternatif untuk memberikan ASI pada sang buah hati. Lakukan pemompaan agar lebih berhati-hati agar puting tidak terasa sakit karena bersentuhan dengan flange dari alat pompa tersebut. Jangan biarkan air susu pada payudara tersimpan terlalu banyak dan terlalu lama pada payudara, sebab akan membuat payudara Anda terasa sakit dan kurang nyaman.

  • Mengeluarkan air susu dari dua payudara secara bersamaan

  • Hal ini cukup terbukti baik dan sudah banyak dilakukan oleh beberapa ibu menyusui. Dengan cara menggunakan alat pompa double mampu memproduksi kembali lebih banyak susu, hal ini disebabkan kadar prolaktin dalam darah akan menjadi lebih tinggi ketika air susu dikeluarkan secara bersamaan.Cara tersebut dapat lebih efektif dilakukan dengan alat pompa listrik sebab akan lebih akurat, namun jika terpaksa tidak ada maka dapat dilakukan secara manual yaitu mengoperasikannya dengan satu tangan saja.

  • Gunakan pakaian yang nyaman selama pemrosesan

  • Hal yang terbilang cukup sepele ini ternyata mempunyai pengaruh yang cukup segnifikan dalam pemrosesan tersebut. Ketika Anda lebih sering memompa maka Anda akan lebih sering membuka pakian pada bagian depan untuk melakukannya. Sedangkan, jika pakaian Anda tidak mendukung kemudahan ketika hendak memompa payudara maka Anda pun akan merasa kesulitan dan menjadi tidak nyaman. Di sisi lain pakaian Anda tidak akan menjadi korban dari noda air susu yang menetes.

  • Dengan 6 cara tepat di atas maka Anda akan terasa begitu mudahnya untuk memberikan ASI ekseklusif kepada sang buah hati. Seberapapun sibuk Anda bukan halangan untuk dapat memberikan yang terbaik bagi sang buah hati tercinta Anda.

  • Sumber :http://bidanku.com/11-tips-memompa-asi-perah#ixzz3ynHEOHKh http://bidanku.com/11-tips-memompa-asi-perah#ixzz3ynHEOHKh

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Para ibu menyusui, inilah cara efektif dan benar memompa ASI untuk hasil yang maksimal

Seberapapun sibuk Anda bukan halangan untuk dapat memberikan yang terbaik bagi sang buah hati tercinta Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr