6 hal yang tidak boleh Anda rahasiakan dari pasangan

Kapankah rahasia kecil dapat menimbulkan masalah serius? Mungkin kejadiannya sudah bertahun-tahun yang lalu, atau "tidak menyakiti siapa pun," tetapi merahasiakan 6 hal ini akan menjadi masalah besar.

15,345 views   |   103 shares
  • Batas antara rahasia yang menyakitkan dan yang tidak menyakitkan sulit untuk dilihat. Hubungan cinta hendaknya berdasarkan rasa saling percaya, dan juga penting untuk diingat bahwa Anda berdua adalah individu yang memiliki kepribadian dan riwayat masing-masing. Jadi batas apa yang memisahkan antara hal-hal yang perlu dan tidak perlu diceritakan?

  • Setiap hal yang memiliki dampak terhadap hubungan Anda (sekarang atau kelak) perlu dibahas. Harap diingat bahwa dampak itu dapat besar atau kecil. Sesulit apa pun, selalu lebih baik bila Anda yang memberitahu daripada bila pasangan Anda mengetahuinya dari teman, foto, teks, atau kertas yang ketinggalan di meja. Anda mungkin merasa kurang enak menyembunyikan sesuatu dari pasangan Anda. Itu karena nurani Anda mengingatkan supaya Anda memberitahu yang sebenarnya. Jika Anda merasa rahasia itu tidak menyakiti siapa pun atau sudah lewat bertahun-tahun, tetaplah ceritakan.

  • 1. Kunjungan ke ruang gawat darurat

  • Penyakit merupakan sesuatu yang akan mempengaruhi Anda berdua. Sewaktu Anda mulai melewatkan hidup bersama, bersikaplah terbuka tentang kesehatan Anda...benar-benar terbuka. Bahkan meskipun Anda sudah sembuh 100%, pasangan Anda perlu tahu apakah Anda ada kemungkinan kena penyakit tertentu, dampak sampingan dari operasi, atau kambuhnya penyakit lama. Jangan menganggap remeh janji "tetap bersama dalam sakit maupun sehat." Pasangan Anda perlu tahu jika ada penyakit berat yang menjadi bagian dari hidup Anda. Memang ini masalah pribadi, tetapi menyembunyikan penyakit Anda tidak akan menguntungkan Anda maupun suami.

  • 2. Uang, uang, uang

  • Uang dapat menjadi bahan pembicaraan yang canggung, tetapi berterus terang dapat menghindari kesalahpahaman dan pandangan yang keliru. Merahasiakan hutang pasti akan terbongkar. Bahkan dengan akun bank yang terpisah, hutang tidak dapat disembunyikan. Dengan berterus terang Anda berdua dapat menyusun anggaran yang cocok bagi kehidupan Anda bersama. Jangan sampai pasangan Anda menemukan soal hutang ini dengan cara yang jelek. Ceritakanlah berapa gaji Anda, kemungkinan penciutan pegawai di tempat kerja Anda dan ke mana saja uang habis. Jika Anda gemar belanja, beri tahu pasangan Anda dan carilah jalan keluar bersama. Dengan anggaran yang disetujui bersama Anda dapat tetap menjadwalkan pengeluaran pribadi dan pasangan Anda tahu tentang itu.

  • 3. Saya yakin kami bahagia bersama

  • Anda berdua hendaknya bahagia dalam hubungan Anda, jadi mengapa harus ada hal-hal yang disembunyikan? Bersikaplah terbuka dan saling menghargai, tetapi jujurlah tentang apa yang Anda harapkan dari hubungan Anda. Jika Anda menyimpan sendiri gagasan tentang pernikahan, punya anak atau lainnya, hal ini hanya akan menimbulkan sakit hati. Jangan merasa Anda perlu berpura-pura segalanya beres supaya Anda bahagia. Jujurlah tentang apa yang Anda harapkan dan bahaslah bersama pasangan Anda.

  • Advertisement
  • 4. Urusan yang menyangkut ayah dan ibu

  • Hubungan Anda dengan orangtua pasti harus Anda bicarakan dengan pasangan Anda. Dalam hubungan yang serius, penting agar Anda berdua memahami hubungan keluarga masing-masing pihak. Jika ada saudara yang membutuhkan perhatian ekstra suatu hari nanti, sebaiknya ini diungkapkan sejak awal daripada pemberitahuan yang mendadak. Hubungan buruk antara saudara atau orangtua akan mempengaruhi kemesraan Anda, jadi berterusteranglah lebih dulu.

  • 5. Kelak sesudah dewasa

  • Jika Anda merasa Anda tidak dapat memberi tahu kekasih Anda tentang impian Anda, ini adalah tanda lampu merah. Anda hendaknya hidup bersama seseorang yang dapat Anda percaya sepenuhnya sehingga Anda tidak merasa canggung mengungkapkan tujuan hidup Anda, baik yang besar maupun yang kecil. Pasangan Anda hendaknya tahu apa yang Anda ingin capai dalam hidup dan membantu Anda meraihnya.

  • 6. Suatu kali ketika kuliah..

  • Jujurlah tentang masa lalu. Hal-hal yang membentuk hidup Anda sebaiknya dibeberkan. Masa lalu dapat menjelaskan mengapa Anda seperti siapa Anda sekarang ini. Masalah komitmen, pendapat tentang membina keluarga, dan bahkan hobi mempengaruhi hubungan Anda serta berkaitan erat dengan masa lalu. Jangan terjerumus dalam jebakan "sudah terjadi bertahun-tahun lalu" karena kebenaran bisa saja muncul kembali. Anda akan lebih tidak nyaman lagi bila Anda berdua bertemu dengan mantan tunangan dan pasangan Anda mengetahui sesuatu yang Anda tutup-tutupi. Anda tidak perlu membongkar hal-hal kecil tentang itu, tetapi jangan sampai pasangan Anda merasa sudah mengawini seseorang yang tidak dikenalnya.

  • Hal-hal di atas mungkin terasa peka dan rahasia karena suatu alasan, tetapi hendaknya tidak disembunyikan dari pasangan Anda. Temukan saat untuk berterus terang—adakan pembahasan serius dan bukan sambil lalu menyebutkan hal itu. Ada kemungkinan timbulnya kejutan tetapi hal itu dapat diatasi, lebih sulit mengatasi perasaan tersinggung dan dihianati karena rahasia yang disimpan lama.

  • Diterjemahkan dan disadur oleh Irma Shalimar dari "6 secrets you should never keep from your spouse" karya Emily Cummings.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Setelah lulus dari jurusan bahasa Inggris, Emily seringkali menghabiskan waktunya untuk traveling, menggambar, menulis dan menyibukkan diri di dapur untuk melakukan hobinya membuat kue. Ia menyukai petualangan baru untuk menghindarkan dirinya dari rasa bosan.

6 hal yang tidak boleh Anda rahasiakan dari pasangan

Kapankah rahasia kecil dapat menimbulkan masalah serius? Mungkin kejadiannya sudah bertahun-tahun yang lalu, atau "tidak menyakiti siapa pun," tetapi merahasiakan 6 hal ini akan menjadi masalah besar.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr