Liburan tak akan menjadi waktu yang malah menambah berat badan Anda

Liburan adalah hari dimana terasa sulit untuk memasukkan pola diet, sebab hari yang terasa bebas dan menyenangkan itu membuat diri bebas merasakan berbagai kuliner di kota kediaman

253 views   |   shares
  • Liburan menurut saya adalah waktu di mana semua kegiatan rutinitas harian tidak dilakukan, dan diganti dengan kegiatan yang membuat diri saya terasa rileks bebas dari keseriusan pekerjaan sementara waktu. Bagi saya dan mungkin saja Anda juga beranggapan bahwa liburan adalah hari di mana terasa sulit untuk memasukkan pola diet, sebab hari yang terasa bebas dan menyenangkan itu membuat diri saya untuk bebas merasakan berbagai kuliner di kota kediaman. Ke mana pun saya bersama sekeluarga pergi berjalan-jalan, maka di dalam perjalanan kami selalu berhenti di salah satu tempat pusat makanan. Hal inilah yang menjadi penyebab hari libur pada salah satu sisinya merupakan hari yang mengerikan bagi saya, sebab saya hampir tidak bisa mengontrol pola makan sehat yang sedang saya terapkan pada waktu itu. Tentunya Anda juga tahu bahwa berat badan telah dipertaruhkan kala itu.

  • Terkadang setelah saya melepas kejenuhan dari pekerjaan dengan berlibur, saya selalu merasa menyia-nyiakan perjuangan saya dalam berdiet sebelumnya. Seandainya saya bisa lebih sanggup menerapkan pola makan diet saya saat berlibur, saya tidak akan merasa takut untuk melihat nominal angka yang ditunjukkan oleh jarum timbang badan. Setelah melewati beberapa proses perenungan saya dalam masalah ini, saya mencoba menerapkan hal ini ketika berlibur.

  • Menegaskan pemikiran

  • Pikiran perlu ditegaskan, seperti yang terjadi pada saya ketika saya berpikir bahwa liburan itu adalah hari yang bebas hambatan. Banyak pula orang berpikir bahwa liburan berarti diet Anda pun juga harus berlibur. Dengan menegaskan pikiran Anda bahwa bagaimanapun liburan tidak harus mengganggu pola makan diet Anda, melakukan diet saat hari libur tidak berarti harus berdiet ketat seperti hari-hari biasanya. Lakukan diet tidak terlalu ketat, jangan makan dalam kondisi sedang kelaparan dan jangan sampai Anda makan hingga terlalu kenyang.

  • Jadikan buah-buahan sebagai makanan pembuka

  • Memakan makanan yang kurang bermanfaat hanya akan menghilangkan nafsu makan. Makanlah buah atau bisa saja sayuran sebagai makanan pembuka. Makanan akan semakin dapat dinikmati ketika Anda mulai memakan makanan pembukanya adalah buah-buahan, selain itu hal ini juga akan menambah nilai sehat dari apa yang Anda makan.

  • Cari sebuah kegiatan

  • Aktivitas liburan mungkin tidak sepadat pada hari biasanya. Namun, dengan meminimalkan aktivitas meskipun tidak secara sengaja sebenarnya sama dengan mengurangi kalori untuk dijadikan tenaga oleh tubuh. Jadi keadaan tersebut hanya akan menambah intensitas lemak di dalam tubuh Anda yang dapat menambah berat badan.

  • Advertisement
  • Pilih makanan dengan porsi kecil namun macam varian

  • Terfokus dengan hanya satu makanan dalam porsi yang banyak itu tidak terlalu efisien dalam hal memasukkan pola diet. Tubuh sebenarnya hanya memerlukan sedikit demi sedikit macam gizi, nutrisi, dan vitamin. Jadi, jika makanan tersebut hanya satu macam dan dalam porsi yang banyak, maka hanya menghasilkan satu macam gizi dan mungkin melebihi takaran yang dibutuhkan tubuh. Sebaiknya pilihlah berbagai macam menu makanan dengan porsi yang sedikit, selain akan membuat lidah Anda merasakan aneka rasa masakan Anda juga mendapatkan berbagai nutrisi yang berbeda sesuai kebutuhan tubuh Anda.

  • Memfokuskan tiap rasa dari makanan

  • Menikmati setiap rasa makanan saat Anda masukkan ke dalam mulut secara teliti. Banyak sekali fungsi dari metode ini, pertama Anda dapat sebuah terapi di mana Anda akan terfokus terhadap hal ini dan akan menyampingkan beban Anda sebelumnya. Kedua, Anda akan mendapatkan topik pembicaraan yang bisa menambah ilmu dari rasa makanan. Ketiga, memberikan waktu yang cukup untuk sistem pencernaan tubuh terutama pada bagian mulut, sehingga langkah selanjutnya dalam kinerja pencernaan dapat terbantu bekerja secara optimal. Pencernaan yang baik akan membantu pola hidup diet Anda.

  • Setelah saya menemukandan menerapkan hal-hal ini, banyak sekali manfaat yang saya dapatkan. Saya merasa lebih dekat dengan keluarga, lebih bersemangat saat bekerja, memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Keharmonisan pada hubungan pernikahan kami pun semakin baik, dan lebih baiknya lagi saya semakin percaya diri dan selalu tersenyum kepada setiap orang.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Liburan tak akan menjadi waktu yang malah menambah berat badan Anda

Liburan adalah hari dimana terasa sulit untuk memasukkan pola diet, sebab hari yang terasa bebas dan menyenangkan itu membuat diri bebas merasakan berbagai kuliner di kota kediaman
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr