Bagaimana saya memperbaiki komunikasi dalam keluarga?

Gunakan setiap waktu luang yang ada untuk bermain bersama anak, tingkatkan hubungan yang erat sehingga tidak timbul jurang pemisah antara orangtua dan anak.

623 views   |   15 shares
  • Dewasa ini kesibukan yang kita miliki kerap menyita waktu untuk berkumpul bersama seluruh anggota keluarga. Imbasnya, kesempatan untuk saling berkomunikasi jadi makin berkurang sehingga secara tidak langsung mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Jika sudah demikian, apa yang harus kita lakukan untuk memperbaikinya? Mengutip laman healthychildren, berikut ada beberapa hal yang disarankan oleh para ahli agar kita lakukan untuk membangun komunikasi yang sehat dalam keluarga.

  • Luangkan waktu

  • Mintalah kepada seluruh anggota keluarga untuk berhenti sejenak dari rutinitas harian dan kemudian bahaslah sesuatu. Meskipun mungkin hanya 10 menit sehari, tapi jika hal tersebut dilakukan tanpa gangguan mampu membawa perubahan besar dalam membangun kebiasaan komunikasi yang baik dalam keluarga. Jika perlu matikan sejenak televisi Anda dan singkirkan perangkat gadget Anda, kemudian berikan perhatian secara penuh kepada istri, anak-anak, orangtua, bahkan saudara-saudara Anda. Duduk dan makanlah bersama sebagai keluarga, tatap mata anak-anak Anda ketika mereka sedang menyampaikan sesuatu. Beberapa menit yang Anda luangkan bisa sangat berharga.

  • Jadilah pendengar yang baik

  • Ketika Anda bersedia mendengarkan cerita dari anak-anak, Anda telah membantu mereka merasa dicintai dan dihargai. Tanyakan kepada anak Anda bagaimana perasaan mereka mengenai sesuatu, jika Anda tidak memahami apa yang dikatakan olehnya, cobalah mengulangi kembali apa yang Anda dengar untuk memastikan Anda memahami apa yang coba disampaikan oleh mereka. Agar bisa menjadi pendengar yang baik Anda tidak perlu harus menyetujui setiap hal yang disampaikan oleh anak-anak. Saling bertukar pikiran akan membuat anak Anda merasa nyaman, sehingga dengan senang hati mereka akan bersedia mendengarkan nasihat Anda.

  • Tunjukkan empati

  • Artinya, Anda diharapkan bisa menyesuaikan diri dengan perasaan anak dan membiarkan dia tahu bahwa Anda memahaminya. Jika anak Anda sedang sedih atau marah, sentuhan yang lembut dan pelukan hangat akan menyadarkannya bahwa Anda memahami perasaannya. Biarkan mereka mengungkapkan perasaan-perasaan tersebut dan pastikan Anda tidak mengacuhkan perasaannya.

  • Jadilah teladan yang baik

  • Ingat, anak-anak belajar melalui teladan. Oleh karena itu, gunakan kalimat dan nada bicara yang baik jika Anda berharap mereka melakukan hal yang sama. Pastikan nada bicara Anda lemah lembut menunjukkan kebaikan budi pekerti Anda. Tunjukkan pula melalui teladan perilaku bagaimana cara Anda memperlakukan pasangan dan orang lain di sekitar Anda. Hindari pula kemarahan dan jangan pernah sekalipun melakukan kekerasan fisik agar anak-anak semakin mengagumi Anda.

  • Advertisement
  • Hal-hal yang boleh Anda lakukan

  • Berikan petunjuk atau arahan sesuai usia anak Puji anak Anda ketika ia mampu mematuhi nasihat Anda Bersikaplah tenang dalam menyelesaikan perkara yang melibatkan anak Anda dan tunjukkan kedewasaan serta kebijaksanaan Anda di hadapan mereka Jadilah jujur kepada seluruh anggota keluarga Anda Dengarkan baik-baik setiap hal yang ingin disampaikan oleh anak Anda Gunakan setiap waktu luang yang ada untuk bermain bersama anak, tingkatkan hubungan yang erat sehingga tidak timbul jurang pemisah antara orangtua dan anak Apa yang ingin anak Anda lakukan, lakukan terlebih dahulu kepada diri Anda

  • Hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan

  • Tidak memberikan petunjuk atau nasihat yang jelas Menyalahkan anak bahkan "mengutuknya" Berteriak, berbicara kasar dan mengancam Berbohong atau tidak menyampaikan kebenaran kepada anak Melakukan kekerasan fisik untuk mengintimidasi Tidak menyapa atau bahkan mendiamkan anak dalam jangka waktu cukup lama

  • Akan tiba masa di mana orangtua merasa kehilangan kesabarannya. Meskipun demikian, sangat penting untuk menemukan cara bagaimana membantu anak Anda berperilaku tanpa harus menyakiti perasaannya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan diri Anda sewaktu Anda merasa betul-betul tertekan.

  • Ambil nafas dalam-dalam secara perlahan selama beberapa menit Tunggulah sekitar 5 menit hingga Anda merasa cukup tenang sebelum berbicara dengan anak Anda Carilah kata-kata yang baik yang pantas untuk disampaikan kepada anak Anda Bagikan perasaan dan kekecewaan Anda dengan istri Anda atau dengan teman yang bisa Anda percayai Jangan pernah menyimpan dendam Carilah bantuan atau nasihat dari para ahli, jika Anda merasa tidak mampu mengatasinya seorang diri

Bantu kami menyebarkan

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Bagaimana saya memperbaiki komunikasi dalam keluarga?

Gunakan setiap waktu luang yang ada untuk bermain bersama anak, tingkatkan hubungan yang erat sehingga tidak timbul jurang pemisah antara orangtua dan anak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr