Cegah perceraian dengan mengingat dan melakukan 7 hal ini

Sebesar apapun cinta Anda terhadap pasangan, konflik dan pertengkaran selalu muncul menjadi bagian dari perjalanan pernikahan dan sulit dihindari. Ingat dan lakukan hal berikut, sebelum perceraian menjadi akhir dari pernikahan Anda berdua.

3,130 views   |   24 shares
  • Ketika seseorang memutuskan untuk serius masuk ke dalam sebuah hubungan pernikahan, maka ia harus sudah siap dengan konsekuensi akan menjalani seluruh sisa hidupnya dengan satu orang saja, pasangannya tersebut. Sayangnya, cinta saja tidak cukup menjadi bekal keharmonisan dan kelanggengan suatu pernikahan. Akan selalu ada kemungkinan masalah yang menanti di depannya.

  • Oleh karena itulah setiap pernikahan rentan dengan perselisihan yang berujung pada sebuah perceraian. Ingatlah selalu 7 hal berikut untuk mencegah perceraian dan selalu memperkuat kehangatan pernikahan Anda.

  • 1. Kompak

  • Tidak mudah untuk selalu sepaham dengan orang lain yang memiliki latar belakang karakter berbeda dengan Anda. Namun jangan jadikan perbedaan tersebut sebagai alasan untuk menjadi tidak kompak dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Ingatlah untuk selalu berkerja keras dalam menjaga kekompakan di sepanjang pernikahan Anda agar keharmonisan selalu terjaga.

  • 2. Menjaga kemesraan

  • Selalu mesra dengan orang yang Anda sayangi bukanlah sesuatu hal yang mudah. Meski kejenuhan melanda, jangan jadikan alasan untuk selalu mesra terhadap pasangan Anda. Menjaga hubungan intim tetap hangat dalam pernikahan adalah salah satu kunci terpenting langgengnya sebuah hubungan. Jika Anda dan pasangan mulai merasa jenuh dan tidak bergairah, carilah solusi atau ide-ide menarik yang dapat membuat hubungan Anda berdua tetap mesra dan hangat. Jangan sampai salah satu diantara kalian malah mencari kesenangan di luar.

  • 3. Menjadi pendengar dan pemberi masukan terbaik untuk pasangan

  • Jangan menjadi pribadi yang egois yang hanya ingin didengar. Suami dan istri harus bisa saling melengkapi dalam hal komunikasi. Komunikasi dua arah yang seimbang, akan melengkapi kebahagiaan Anda berdua.

  • 4. Bertanggung jawab atas perannya dalam rumah tangga

  • Suami berperan menjadi kepala rumah tangga yang berkewajiban sebagai pencari nafkah dan pengayom keluarga. Begitu pun istri tahu perannya menjadi ibu rumah tangga yang bijaksana dalam mengurus keluarga. Dengan mengetahui perannya masing-masing dan saling menghormati peran tersebut, maka pernikahan Anda akan lebih solid dan sejahtera.

  • 5. Menjalin silaturahmi yang baik dengan keluarga pasangan

  • Banyak pernikahan yang berakhir dengan perceraian, dikarenakan konflik yang terjadi dengan anggota keluarga dari pasangan. Jagalah hubungan yang baik dengan semua anggota keluarga dari pihak pasangan. Ingatlah pada saat Anda menikahi pasangan, Anda setuju untuk menerima dirinya dan keluarganya sebagai bagian dari hidup Anda.

  • Advertisement
  • 6. Selalu ingat bahwa anak-anak membutuhkan keluarga yang lengkap

  • Imbas dari perceraian suami istri adalah anak-anak. Anak akan merasa kehilangan kasih sayang dari orang tua yang bercerai dan mereka juga akan belajar untuk meragukan kesucian sebuah institusi pernikahan kelak. Karenanya, jangan pernah menyakiti hati dan menghapus kebahagiaan anak anak dengan perceraian.

  • 7. Belajar memaafkan dan melupakan

  • Memang tidak mudah untuk memaafkan dan melupakan kesalahan yang telah dilakukan orang lain terhadap kita. Apalagi, bila orang tersebut adalah pasangan yang Anda percaya dan sayangi. Banyak hubungan pernikahan yang berakhir perceraian hanya karena sulitnya memaafkan atau melupakan kesalahan pasangannya. Ingatlah hal-hal yang membuat Anda pernah jatuh cinta padanya, dan toleransikanlah kesalahannya. Ingatlah, setiap pengorbanan yang Anda lakukan pasti ada hasilnya. Tidak ada salahnya berkorban menurunkan ego dengan memaafkan.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Cegah perceraian dengan mengingat dan melakukan 7 hal ini

Sebesar apapun cinta Anda terhadap pasangan, konflik dan pertengkaran selalu muncul menjadi bagian dari perjalanan pernikahan dan sulit dihindari. Ingat dan lakukan hal berikut, sebelum perceraian menjadi akhir dari pernikahan Anda berdua.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr