Ini alasan pasangan bahagia juga berselingkuh

Tahukah Anda, pasangan bahagia juga memiliki risiko sama besarnya untuk berselingkuh? Simak mengapa mereka yang terlihat bahagia juga melakukannya.

10,313 views   |   74 shares
  • Tahukah Anda, bukan saja hubungan tidak bahagia yang beresiko untuk tidak setia? Pasangan bahagia juga memiliki risiko sama besarnya untuk melakukan perselingkuhan. Setelah menjadi penasihat perkawinan dan bertemu banyak pasangan, saya mendengar kebanyakan dari mereka khawatir jika pernikahannya tidak bahagia maka beresiko mengalami perselingkuhan. Faktanya tidak seperti itu.

  • Banyak alasannya pasangan berselingkuh, kebanyakan tidak ada hubungan dengan pernikahan

  • Keliru jika Anda menduga para pasangan berselingkuh karena pernikahan mereka tidak bahagia. Seringkali pasangan yang duduk di depan saya, orang yang memiliki selingkuhan, hampir semua mengatakan masih mencintai pasangannya. Mereka mencintai anaknya dan menikmati kehidupan mereka. Seringkali orang yang berselingkuh mengatakan bahwa mereka sebenarnya cukup bahagia.

  • Mengapa seorang pasangan berselingkuh meski mereka bahagia?

  • Dalam konseling saya, kebanyakan pasangan yang berselingkuh mengaku merasa tidak puas dengan diri mereka sendiri. Seperti contoh, mereka kurang mampu di pekerjaannya, merasa tidak pantas sebagai orangtua atau memiliki masalah yang belum terselesaikan.

  • Alih-alih menyelesaikan masalah tersebut, mereka menyembunyikannya. Mereka memilih tidak menyelesaikan kekurangannya, hidup dalam penyesalan, mereka berpura-pura hidup bahagia, padahal di dalamnya ada banyak hal yang tidak tercapai. Disitulah mereka mulai melakukan perselingkuhan.

  • Pernikahan bahagia tidak menjamin ketidaksetiaan

  • Bisa dimengerti banyak pasangan yang menemui saya tidak menyangka bahwa perselingkuhan akan terjadi. Padahal bisa jadi salah satu dari pasangan tersebut hidup dalam kebahagiaan yang pura-pura dan menyembunyikannya dengan baik.

  • Daripada percaya bahwa Anda dan pasangan Anda bahagia, bicaralah dari hati ke hati dengannya. Dengarkanlah sepenuh hati curhatan pasangan dan tanpa mengadili. Coba dengan sungguh-sungguh mendengarkan satu sama lain, dan menerima kekurangan masing-masing. Pastilah, pembicaraan ini bukan hal yang menyenangkan bahkan mungkin di luar pikiran Anda. Namun dengan cara ini Anda menyelesaikan sebuah masalah daripada menyimpannya secara rahasia.

  • Anda dapat menolong pasangan dan pernikahan Anda

  • Bisa pula perselingkuhan dikarenakan kekurangan pribadi dan perasaan kurang mampu oleh pasangan terhadap Anda. Bukan berarti Anda tidak bisa menghindari masalah ini. Jika pasangan Anda merasa senang menyembunyikan sesuatu dari Anda, bisa jadi karena Anda yang membuat mereka tidak merasa nyaman berbicara dengan Anda.

  • Advertisement
  • Lihatlah ke dalam diri Anda sendiri dan temukan topik-topik apa yang mampu membuatnya tidak nyaman. Mungkin pembicaraan seputar hubungan intim, khayalan, impian dan masalah pertemanan, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak nyaman berbicara tentangnya, demikian pula pasangan Anda.

  • Semakin Anda terbuka membahas kekurangan dan kelemahan masing, semakin erat pernikahan Anda. Daripada menghindari percakapan yang tampak sulit diselesaikan, cobalah memaksa diri Anda untuk membahasnya. Bisa jadi keadaannya tidak seburuk yang Anda bayangkan. Daripada menciptakan sebuah kebahagiaan yang palsu, hadapi dan atasi tantangan yang ada dalam pernikahan Anda. Dengan begitu, Anda berdua akan menemukan arti kebahagiaan sejati dalam pernikahan kalian.

  • Artikel ini diterjemahkan oleh Steffie Subandriyo dari judul asli "Why happy people cheat" [(http://familyshare.com/marriage/why-happy-people-cheat)] oleh Aaron Anderson

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Aaron Anderson adalah seorang terapis dan pemilik dari The Marriage and Family Clinic di Denver, Colorado. Dia seorang penulis, pembicara dan ahli hubungan. Kunjungi blognya RelationshipRx.net untuk informasi ahli guna memperbaiki hubungan Anda.

Ini alasan pasangan bahagia juga berselingkuh

Tahukah Anda, pasangan bahagia juga memiliki risiko sama besarnya untuk berselingkuh? Simak mengapa mereka yang terlihat bahagia juga melakukannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr