Mau tidak mau hal–hal tidak nyaman ini akan dialami wanita hamil

Tentu di balik semuanya itu pasti ada perjuangan yang tidak mudah dari wanita tersebut. Hal seperti ini bukan suatu yang mudah apalagi para wanita yang baru pertama kali mengalaminya.

570 views   |   12 shares
  • Kebahagian terlihat jelas di raut wajahnya, saat tahu bahwa dia sebentar lagi akan menjadi seorang ibu, akhirnya kodratnya menjadi wanita sepenuhnya akan terwujud. Kebahagiaan tersebut mungkin tidak hanya dirasakan oleh wanita itu saja tetapi orang terdekatnya pun merasakan kebahagian itu. Tentu di balik semuanya itu pasti ada perjuangan yang tidak mudah dari wanita tersebut. Hal seperti ini bukan suatu yang mudah apalagi para wanita yang baru pertama kali mengalaminya, pastinya ada beberapa hal yang membuat mereka tidak nyaman selama mengandung. Mau tidak mau hal ini juga harus dirasakan oleh wanita hamil karena merupakan bagian dari proses kebahagiaan tersebut. Lantas, hal apa saja yang membuat ketidaknyaman tersebut yang sering dan hampir dialami oleh para wanita?

  • 1. Mual muntah saat pagi hari

  • Hal ini terjadi saat awal – awal kehamilan, biasanya menjadi indikator dalam penentuan wanita tersebut hamil atau tidak. Perasaan mual dan muntah ini membuat perasaan yang tidak nyaman saat hamil.

  • 2. Perubahan bentuk tubuh yang drastis

  • Perubahan bentuk tubuh yang drastis ini sering membuat wanita tidak merasa nyaman. Apalagi wanita – wanita yang sangat mempedulikan penampilan mereka, tentu menjadi permasalahan bagi mereka. Tetapi mau tidak mau hal ini pasti akan terjadi, jika bentuk tubuh tidak berubah bagaimana wanita itu bisa disebut sedang hamil?

  • 3. Inkontinensia (sering BAK)

  • Hal ini terjadi karena uterus (rahim) yang semakin membesar berada di atas kandung kemih, sehingga mendesak kandung kemih. Volume darah dalam tubuh juga bertambah sehingga darah banyak menuju ginjal dan diproses menjadi urine. Dalam hal ini wanita dianjurkan untuk meminum minuman yang tidak meningkatkan produksi urine seperti kopi, teh, dan soda. http://www.kesehatanibuhamil.com/2015/03/kenapa-ibu-hamil-lebih-sering-buang-air.html

  • 4. Sembelit (susah BAB)

  • Sistem pencernaan wanita hamil juga mengalami perubahan, hal ini juga dipengaruhi perubahan hormon yang terjadi pada tubuh wanita hamil karena rahim yang membesar sehingga usus – usus dalam tubuh tertekan dan kotoran jadi sulit keluar. Dan juga dianjurkan untuk banyak minum air agar proses BAB tidak terlalu mengalami kesulitan.

  • 5. Lemas dan malas beraktivitas

  • Semakin bertambahnya usia kandungan tentu beban janin tersebut semakin bertambah, sehingga wanita hamil cenderung mudah sekali kelelahan. Ditambah lagi organ tubuh yang bekerja lebih ekstra karena memelihara dua kehidupan langsung dalam satu tubuh. Maka asupan nutrisi yang cukup dan seimbang diperlukan oleh wanita hamil saat ini agar tubuh bisa mengimbangi aktivitasnya apalagi jika dia sedang bekerja.

  • Advertisement
  • 6. Insomnia

  • Hampir semua wanita yang sedang hamil akan kesulitan untuk tidur dengan nyenyak. Keadaan perut yang mulai membesar sehingga susah menentukan posisi yang nyaman untuk tidur. Gerakan janin yang tiba – tiba muncul juga membuat tidak nyaman. Keinginan untuk BAK terus muncul dan mimpi buruk yang terjadi karena adanya perubahan emosional wanita hamil. Kualitas tidur wanita hamil menjadi berkurang dan ini juga akan berpengaruh bagi kesehatan wanita dan juga janinnya.

  • 7. Kecemasan yang berlebihan

  • Kecemasan akan selalu datang kepada wanita hamil, hal ini wajar terjadi karena akan banyak kemungkinan yang bisa terjadi saat sedang hamil seperti ini. Hal ini akan semakin menjadi – jadi saat umur kandungan akan memasuki masa – masa persalinan, kecemasan pun tidak dapat dihentikan. Dalam kondisi seperti ini dukungan dan suntikan semangat dari orang sekitar memang benar – benar mereka butuhkan, terutama dukungan dari pasangan yang senantiasa menemani sampai akhir.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Mau tidak mau hal–hal tidak nyaman ini akan dialami wanita hamil

Tentu di balik semuanya itu pasti ada perjuangan yang tidak mudah dari wanita tersebut. Hal seperti ini bukan suatu yang mudah apalagi para wanita yang baru pertama kali mengalaminya.
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr