Cegah karies pada gigi susu si kecil

Karies pada gigi susu banyak dialami pada Anak diatas usia 1 tahun karena berbagai sebab. Padahal, gigi susu memiliki peranan penting sebelum digantikan gigi tetap. Jaga kesehatan gigi dan area mulut anak Anda untuk mencegah karies gigi.

767 views   |   4 shares
  • Senang rasanya saat ingin bertemu dengan keponakan kembar dari luar kota. Tidak sabar melihat mereka yang sudah tumbuh besar, bermain dengan anak saya. Namun betapa kagetnya saat saya melihat gigi susu mereka berlubang dan kehitaman. Mereka mengalami karies gigi (rampant caries) atau dikenal dengan istilah gigi gerepes atau geripis.

  • Gigi susu pada anak memiliki peranan penting sebagai pemandu agar saat nanti gigi dewasanya muncul, dapat tumbuh sesuai dengan posisi lengkung rahang dan mencegah gigi tetap tumbuh miring atau bertumpuk. Semenjak melihat dua keponakan tersebut, saya semakin ketat lagi menjaga kesehatan gigi dan mulut anak agar terhindar dari hal tersebut. Anda pun dapat melakukannya dengan beberapa tip pencegahan gigi karies, seperti berikut:

  • BERSIHKAN GIGI DAN AREA MULUT

  • Saat gigi pertamanya tumbuh, bersihkan gigi secara rutin dengan sikat gigi lembut khusus bayi. Selanjutnya gunakan kain kasa, lingkarkan pada jari telunjuk Anda dan celupkan ke dalam air matang hangat untuk membersihkan lidahnya. Lakukan minimal dua kali sehari saat mandi dan sebelum tidur. Jika Anda rutin mengajarinya sikat gigi sejak dini, kebiasaan baik ini akan berlanjut hingga ia besar nanti.

  • BERI MAKANAN YANG BERGIZI

  • Berikan makanan seperti keju, buah dan sayuran hijau yang banyak mengandung kalsium seperti brokoli, bayam, jeruk, pisang dan lain - lain . Selain baik untuk gigi, buah dan sayur dapat merangsang produksi air ludah, sehingga area mulutnya berada dalam tingkat keasaman yang optimal.

  • HINDARI MAKANAN MANIS

  • Batasi pemberian makanan atau snackyang asam, manis dan dapat lengket di gigi seperti jus kemasan, coklat, permen, dodol, dan karamel. Kandungan sukralosa (pemanis buatan) pada makanan tersebut akan meningkatkan produksi asam pembusuk dalam mulut dan merusak gigi. Ajaklah ia untuk segera menyikat gigi dan gantilah cemilan manis dan sehat seperti buah – buahan.

  • UBAH KEBIASAAN MINUM SUSU BOTOL

  • Jika ia memiliki kebiasaan tidur sambil minum susu dengan botol dot, selipkan pemberian air putih sebelum ia tertidur pulas, agar tidak ada sisa susu di dalam mulut. Jika dibiarkan sisa susu yang ada di mulut, kuman akan menempel dan berkembang biak di sela – sela gigi

  • Ubah kebiasaaan mengedok susu saat tidur secara perlahan. Siapkan susu di dalam gelas dan mintalah ia minum sebelum tidur. Setelah itu lakukan berbagai aktivitas, seperti baca buku atau mendongeng.

  • PEMERIKSAAN RUTIN GIGI

  • Advertisement
  • Saat anak berumur 1 tahun, lakukan pemeriksaan giginya secara berkala setiap 6 bulan sekali. Selain itu, Anda dapat memeriksa kondisi giginya setiap hari. Ada kalanya ia merasa bosan dan tidak mau untuk sikat gigi, lakukan aktivitas yang menyenangkan seperti menyediakan beberapa sikat gigi warna-warni, minta ia memilih sikat gigi ingin digunakan sesuai dengan mood-nya.

  • Anda bisa menempelkan gambar gigi sehat dan gambar gigi rusak di kaca wastafel. Saat bersikat gigi, Anda bisa bercerita atau bernyanyi tentang dampak negatif jika gigi tidak disikat secara rutin. Libatkan ayah untuk menemaninya sikat gigi.

  • Lalu, bagaimana dengan gigi yang sudah terlanjur mengalami karies gigi? Segera konsultasikan dengan dokter gigi, biasanya gigi gigis tidak dicabut untuk mencegah gigi dewasa tumbuh tidak beraturan. Sisa akar gigi susu nantinya akan terdorong dan terlepas dengan sendirinya oleh gigi tetap. Tetap jaga kesehatan gigi dan mulutnya serta berikan ia makanan yang bergizi.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Setelah melahirkan Raphael, Celerina memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga dan mengurus buah hatinya tanpa bantuan baby sitter. Disinilah ia kemudian menemukan passion-nya yang baru yaitu memasak khususnya menu MPASI (Makanan Pendamping ASI)

Cegah karies pada gigi susu si kecil

Karies pada gigi susu banyak dialami pada Anak diatas usia 1 tahun karena berbagai sebab. Padahal, gigi susu memiliki peranan penting sebelum digantikan gigi tetap. Jaga kesehatan gigi dan area mulut anak Anda untuk mencegah karies gigi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr