Berbicara dengan Remaja Putri Anda Tidaklah Sesulit yang Anda Duga

Ada beberapa cara untuk membuka hati putri Anda supaya dia mau berkomunikasi dengan Anda.

940 views   |   shares
  • Berbicara dengan remaja putri Anda kadang seperti berbicara dengan tembok. Dia mungkin sama sekali tidak memberi tanggapan, menghindar dan tidak suka bila Anda mencoba mencari tahu tentang kehidupannya. Ini tidak perlu terjadi. Ada beberapa cara untuk membuka hati putri Anda supaya dia mau berkomunikasi dengan Anda, walau ini mungkin sulit, tetapi sungguh berharga untuk dicoba.

  • Ciptakan lingkungan yang aman dan jangan menghakimi

  • Penting bagi remaja putri untuk merasa aman bila mereka berbicara. Di usia inilah anak-anak mulai lebih memercayai teman sebaya daripada orang dewasa. Bila Anda ingin percakapan yang bermutu Anda harus menciptakan hubungan yang dapat membuat mereka merasa nyaman untuk mengutarakan perasaan mereka. Untuk itu Anda harus meredam keinginan buat menghakimi.

  • Tidak selalu mudah untuk mendengarkan tanpa memberi pendapat, khususnya jika remaja Anda mengambil pilihan yang tidak Anda setujui. Anak Anda perlu menyadari bahwa mereka dapat berbicara dengan Anda tanpa khawatir akan dicela.

  • Dengarkan dengan penuh perhatian

  • Anda tahu bahwa Anda mendengarkan dengan baik bila Anda dapat mendengar apa yang orang lain katakan tanpa memikirkan tanggapan apa yang akan Anda berikan. Pertama kali saya memakai cara berkomunikasi ini dengan salah seorang anak perempuan saya, kami menyadari bahwa kami mungkin mendengar tetapi kami tidak benar-benar memperhatikan. Sampai sekarang bila kami sulit memahami orang lain berarti kami tidak memakai keterampilan komunikasi ini.

  • Jadwalkan waktu bersama

  • Walau percakapan spontan bermanfaat, kadang kita perlu menjadwalkan waktu untuk berbicara. Baik secara keluarga atau berdua saja, anak-anak perlu tahu bahwa mereka cukup penting bagi Anda untuk mematikan telepon dan komputer supaya Anda dapat melewatkan waktu bersama mereka. Pastikan bahwa yang Anda rencanakan akan menyenangkan dan memungkinkan Anda untuk memusatkan perhatian kepada remaja putri Anda.

  • Bersikaplah terbuka

  • Ada orang tua yang merasa tidak nyaman berbicara tentang diri mereka kepada anak-anaknya, namun ini penting. Bersikap terbuka kepada remaja putri Anda tentang siapa Anda, pilihan dan kesalahan yang Anda buat, pelajaran yang Anda petik, semua itu akan membantu dia untuk berbicara tentang dirinya.

  • Jangan berusaha menjadi temannya

  • Anak-anak mempunyai banyak teman tetapi hanya satu ayah dan ibu. Waktu anak-anak masih kecil saya ingin sekali menjadi teman baik mereka. Saya kira dengan mengikuti gaya mereka, mereka akan lebih suka berbicara dengan saya. Sesudah mereka remaja, saya sadar bahwa saya tidak bisa menjadi teman sekaligus orang tua mereka. Jika saya ingin mendidik anak-anak mengenai nilai-nilai kehidupan, saya harus tegas dalam menetapkan batasan-batasan saya dan apa yang saya yakini bahkan bila hal itu membuat saya tidak disukai.

  • Advertisement
  • Ada masanya Anda dapat menjadi teman bagi anak perempuan Anda, namun tidak pada saat dia remaja. Inilah saatnya dia membutuhkan batasan-batasan yang tegas, nilai-nilai yang jelas dan orang tua yang teguh untuk membimbing serta menuntun dia ke arah yang benar, supaya dia dapat menjadi orang dewasa yang sukses dan bertanggung jawab.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "Talking with your teenage daughter doesn't have to be a mystery" karya Tracie Sullivan.

Baca, hidupkan, bagikan!

Tracie Sullivan is an award-winning investigative reporter and photojournalist. Throughout her career, she has written for several publications and has covered environmental issues, politics and education. Email: traciesullivan.reporter@gmail.com

Berbicara dengan Remaja Putri Anda Tidaklah Sesulit yang Anda Duga

Ada beberapa cara untuk membuka hati putri Anda supaya dia mau berkomunikasi dengan Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr