Ini alasan mengapa harus melepas alas kaki sebelum masuk rumah

Melepas alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah adalah cara terbaik agar kebersihan rumah Anda selalu terjaga dan menghindarkan Anda serta seluruh anggota keluarga Anda dari terserang penyakit akibat lantai rumah yang terkontaminasi.

712 views   |   6 shares
  • Di Indonesia kebiasaan melepas alas kaki sebelum masuk rumah adalah sebuah keharusan dan ternyata kebiasaan tersebut juga dilakukan oleh penduduk di beberapa negara Asia lainnya. Akan tetapi, kebiasaan tersebut ternyata bertolak belakang dengan tradisi orang-orang di negara barat. Jika diperhatikan dengan seksama baik melalui acara televisi ataupun kebiasaan harian mereka, orang-orang di negara barat cenderung terbiasa mengenakan alas kaki di dalam rumah baik sebelum ataupun sesudah melakukan aktivitas di luar rumah.

  • Lain ladang lain belalang - lain tempat tentu lain pula kebiasaannnya, jadi perbedaan kebiasaan tersebut tidak perlu terlalu dirisaukan. Namun, dengan memiliki kebiasaan melepas alas kaki sebelum masuk rumah kita sebagai orang Asia patut berbangga hati, sebab beberapa penelitian yang pernah dilakukan oleh para ahli menjelaskan kebiasaan tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

  • Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh the University of Arizona pada 2008 lalu menjelaskan, "Ada sekitar 421,000 jenis bakteri bisa dijumpai di sepatu. Sewaktu sepatu-sepatu tersebut di teliti, 96% di antaranya diketahui mengandung coliform sebuah indikator bakteri yang juga biasa dijumpai pada kotoran manusia dan hewan. Disamping itu, 27% sepatu juga diketahui mengandung E.coli dan tujuh jenis bakteri berbeda, di mana dua di antaranya adalah Klebsiella pneumoniae sebuah bakteri yang dapat menyebabkan seseorang terserang infeksi saluran kemih dan Serratia ficaria sebuah bakteri yang dapat menyebabkan seseorang terserang infeksi saluran pernafasan."

  • Pada kesempatan yang sama, Kelly Reynolds, seorang ahli mikrobiologi dan profesor di University of Arizona mengatakan, "Mengenakan alas kaki (sepatu atau sandal) ke dalam rumah menyebabkan lantai rumah terkontaminasi bakteri mencapai 90 hingga 99%. Jika hal tersebut masih belum bisa meyakinkan Anda, mungkin hal ini bisa. Lantai toilet umum memiliki sekitar 2 juta bakteri per inci persegi sedangkan toilet duduk rata-rata hanya memiliki 50 bakteri per inci persegi. Bayangkan juga tentang air hujan di jalanan, air tersebut seringkali bercampur dengan oli, bensin dan berbagai macam jenis kotoran lainnya dan jika Anda mengenakan alas kaki di dalam rumah, maka zat-zat tersebut akan mencemari seluruh lantai rumah Anda."

  • Mengubah kebiasaan yang sudah sering dilakukan memang tidak mudah. Kini, setelah mengetahui risiko terhadap kesehatan apakah Anda akan tetap mengenakan alas kaki di dalam rumah setelah beraktivitas di luar ruangan? Tentunya tidak bukan. Melepas alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah adalah cara terbaik agar kebersihan rumah Anda selalu terjaga dan menghindarkan Anda serta seluruh anggota keluarga Anda dari terserang penyakit akibat lantai rumah yang terkontaminasi.

  • Advertisement
  • Mencuci alas kaki secara rutin dan menjaganya tetap kering juga dapat mencegah penularan bakteri penyebab penyakit. Sewaktu mencuci alas kaki Anda disarankan agar menggunakan sabun dan cairan desinfektan untuk membunuh bakteri-bakteri berbahaya. Jika alas kaki tidak Anda gunakan untuk beberapa waktu sebaiknya simpan di dalam tempat yang kering dan letakkan sillica gel untuk menjaga kelembabannya dan kalaupun terpaksa harus mengenakan alas kaki di dalam rumah, maka sebaiknya Anda menyediakan alas kaki khusus untuk di dalam ruangan dan jangan menggunakannya untuk aktivitas di luar ruangan. Semoga bermanfaat.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Ini alasan mengapa harus melepas alas kaki sebelum masuk rumah

Melepas alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah adalah cara terbaik agar kebersihan rumah Anda selalu terjaga dan menghindarkan Anda serta seluruh anggota keluarga Anda dari terserang penyakit akibat lantai rumah yang terkontaminasi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr