Bunda, berkat support group kehidupan saya sebagai ibu baru jadi lebih mudah!

Saat lelah, kurang tidur namun tetap harus meladeni si kecil yang minta disusui tengah malam, tetiba sebuah notifikasi percakapan muncul di smartphone saya. Ada ibu di luar sana, pada saat yang sama, mengalami hal yang sama, memanggil saya.

1,260 views   |   32 shares
  • Saya merasa beruntung, bisa berkenalan dengan segelintir ibu-ibu hebat yang memiliki pengalaman yang sama dengan saya. Sama-sama sedang membesarkan seorang anak. Persamaannya lagi, anak-anak kami lahir di bulan yang sama. Segala tumbuh kembang anak hingga tip parenting semua kami sharelewat sebuah wadah komunitas. Tanpa sadar mereka telah menemani saya menjadi bagian keseharian saat merawat dan membesarkan buah hati. Anak-anak mereka, kini terasa seperti anak-anak saya sendiri. Di sini, saya menemukan sebuah keluarga baru.

  • Jika bertemu dengan teman yang sedang mengandung atau bahkan seorang ibu hamil yang tidak saya kenal, seringkali saya menyarankannya untuk bergabung dengan komunitas seperti saya. Karena begitu banyak manfaat yang saya dapatkan lewat grup ini.

  • 1. Tentunya, Support Group

  • Seperti judulnya, support grup ini berisi kumpulan ibu yang memiliki tujuan sama. Saling mendukung dan didukung. Melewati masa mengandung, melahirkan hingga menjadi ibu adalah pengalaman baru untuk saya. Penuh perjuangan yang melelahkan—bahkan juga menyakitkan. Tidak ada yang mengatakan kepada saya bahwa semuanya akan berjalan mulus. Namun berkat support group, saya tahu saya tidak sendirian.

  • 2. Berbagi informasi

  • Semuanya merupakan pengalaman baru bagi saya. Dan menjadi seorang ibu baru, saya diliputi banyak kekhawatiran. Bahkan, anak muntah karena kekenyangan susu pun bisa membuat saya panik. Belum lagi jika mereka demam akibat vaksinasi. Dengan berbagi informasi di grup ini, saya mendapat banyak pengetahuan bahkan sebelum saya minta. Bahkan, seorang ibu di seberang sana akan secara otomatis membagi informasi hasil pertemuannya dengan dokter atau hasil risetnya setelah membaca informasi seputar anak, kesehatan dan parenting.

  • 3. Ajang pembanding tumbuh kembang

  • Ya, setiap anak adalah istimewa. Mereka memiliki waktu tumbuh kembang sendiri yang berbeda dengan anak lainnya. Namun saat berbagi kemampuan baru yang dikuasai oleh si kecil, maka (ibu) yang lain pun akan mengawasi perkembangan anaknya agar tidak terlalu jauh ketinggalan. Dengan memiliki informasi tentang 30 anak dengan umur yang sama, kemungkinan anak saya memiliki tumbuh kembang yang serupa dengan 2-3 anak lain tentu lebih besar. Ini juga saya jadikan motivasi untuk melatih anak (terutama di masa perkembangan motorik kasar dan halus) dan catatan untuk dikonsultasikan ke dokter jika anak tertinggal cukup jauh.

  • 4. Penghubung dunia luar

  • Advertisement
  • Saya adalah ibu rumah tangga (IRT). Disela kesibukan mengurus anak dan rumah, saya sering kesulitan menemukan waktu untuk duduk menonton berita atau membaca buku untuk updateinformasi terkini. Mengobrol bersama para ibu yang terdiri dari IRT dan ibu bekerja dari berbagai golongan, saya memperoleh banyak informasi yang membuat saya tidak terlalu 'kudet' (kurang update)dengan perkembangan di luar sana

  • 5. Teman berbagi

  • Bukan hanya berbagi informasi. Pada mereka pun saya sering berbagi keluh kesah kelelahan saya atau apapun yang mengganjal perasaan saat itu. Seringnya setelah mendapatkan afirmasi positif dan mendengarkan sharing anggota lain, saya merasa jauh lebih 'plong'.

  • 6. Sahabat dan keluarga

  • Dengan bergabung di support group ini secara tidak langsung saya menghadiahkan diri saya dan anak saya, 50 lebih sahabat baru. Mengenal mereka setiap hari -walau kebanyakan melalui jejaring sosial-, saya merasakan kedekatan seerat keluarga. Anak-anak kami pun tumbuh bersama menjadi sahabat.

  • Jika Anda seorang ibu, atau sedang bersiap menjadi seorang ibu, tidak ada salahnya Anda mencari komunitas pendukung seperti ini. Anda bisa mencarinya di forum-forum diskusi pengasuhan anak di lingkungan Anda atau seperti saya, mencarinya lewat internet dan berujung pada pertemuan dengan situs sharing online para ibu, The Urban Mama. Apapun grup support yang Anda temui dan ikuti, semoga Anda tidak lagi merasa sendiri melalui semuanya.

  • Dengan begitu banyak manfaat yang didapatkan, saya berharap hal positif seperti ini bisa dirasakan juga oleh banyak ibu di luar sana. Karena menjadi seorang ibu -apalagi IRT seperti saya-, seringnya kesabaran menipis saat menghadapi anak, merasa tertekan dan seorang diri. Mempunyai tempat berkeluh kesah dan menerima kita apa adanya adalah sesuatu yang sangat menenangkan.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Ayumi adalah penulis lepas yang mengasah ilmu jurnalistiknya dengan menjadi reporter di media harian dan media gaya hidup di Jakarta. Ibu dari dua gadis kecil ini suka membaca buku, mendengarkan musik dan menulis sebagai sarana pelepas stress.

Bunda, berkat support group kehidupan saya sebagai ibu baru jadi lebih mudah!

Saat lelah, kurang tidur namun tetap harus meladeni si kecil yang minta disusui tengah malam, tetiba sebuah notifikasi percakapan muncul di smartphone saya. Ada ibu di luar sana, pada saat yang sama, mengalami hal yang sama, memanggil saya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr