Pernikahan: 5 Tips Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah

Tuhan tidak memberikan cobaan kepada manusia melebihi kekuatannya.

8,824 views   |   2 shares
  • Seorang pemuka agama mencatat “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Tuhan setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya.”

  • Kesulitan adalah bagian dalam kehidupan pernikahan, namun kadar kesulitan yang dialami oleh masing-masing orang di dalam pernikahannya dapat berbeda-beda satu sama lain. Tiap pasangan pasti mendambakan agar kehidupan pernikahan mereka langgeng, harmonis dan tidak membosankan. Kemampuan masing-masing individu dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada menentukan berhasil tidaknya seseorang mencapai kebahagiaan pernikahan.

  • Sayangnya tidak semua hubungan pernikahan bisa berakhir dengan bahagia, bahkan tidak sedikit yang akhirnya memutuskan untuk berpisah setelah bertahun-tahun menikah. Berikut adalah 5 tips yang menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah:

  • 1. Bahagia serta bersyukur dengan apa yang Anda miliki

  • Sebuah ungkapan mengatakan menjadi tua itu pasti tapi menjadi bahagia adalah pilihan, sama halnya seperti bahagia menjadi sedih juga merupakan sebuah pilihan. Oleh karena itu, pilihlah untuk selalu bahagia serta mensyukuri apa yang Anda miliki saat ini. Kebanyakan pernikahan gagal karena salah satu pihak dari pasangan merasa tidak puas dengan apa yang dimilikinya, kurangnya rasa syukur inilah yang perlahan-lahan mendorong seseorang untuk segera mengakhiri hubungan pernikahan mereka.

  • 2. Membangun komunikasi

  • Hendaknya komunikasi dua arah selalu dipupuk sama seperti ketika Anda masih berpacaran. Kebanyakan pasangan yang sudah menikah sedikit demi sedikit mengurangi intensitas komunikasi mereka. Komunikasi sangat penting bagi pasangan yang telah menikah karena dengan komunikasi yang baik segala uneg-uneg yang ada di dalam benak masing-masing pasangan dapat disampaikan sehingga kesalahpahaman dapat dihindari.

  • 3. Mengembangkan sebuah kebiasaan atau tradisi

  • Membangun sebuah kebiasaan atau tradisi di dalam sebuah pernikahan dapat menjadi cara ampuh untuk menghilangkan kejenuhan serta rasa bosan. Rekreasi yang sehat dapat dilakukan bersama seluruh anggota keluarga atau jika anak-anak Anda telah cukup besar dan mampu mengurus diri mereka sendiri, Anda dapat meluangkan waktu berduaan dengan pasangan Anda.

  • 4. Menjaga romantisme

  • Jangan takut dibilang lebay atau berlebihan oleh anak-anak atau saudara-saudara Anda. Menjaga romantisme sangat penting bagi mereka yang telah menikah, dengan cara yang elegan biasakanlah mengucapkan i love you di hadapan orang banyak, pujilah selalu pasangan Anda. Menciumnya atau bergandengan tangan ketika bepergian juga dapat menjadi pertanda bahwa Anda berdua adalah tim yang kuat.

  • Advertisement
  • 5. Menjadi pribadi yang humoris

  • Tidak peduli betapa berat cobaan hidup Anda, menjadi pribadi yang humoris dapat meredakan sejenak ketengangan yang Ada. Adakalanya masalah yang timbul karena seseorang berlaku terlalu tegang dalam menghadapi permasalahan yang muncul, sehingga seolah-olah masalah tersebut mustahil untuk diselesaikan. Pribadi yang humoris juga dapat menjadi obat penenang untuk menghadapi pasangan Anda yang sedang tertekan, bantulah pasangan Anda dan yakinkan dia bahwa segala persoalan pasti ada jalan keluarnya.

  • Di dalam kehidupan ini kita semua belajar, tidak ada seorang pun yang sempurna. Segala permasalah yang dihadapi dapat menguatkan kita atau justru melemahkan kita, tergantung bagaimana cara kita melihat permasalahan tersebut.

  • Keputusan ada di tangan Anda, Anda dapat leluasa menyelesaikan setiap permasalahan dan menimbulkan permasalahan baru atau Anda memilih menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah. Kedewasaan Anda berdua sedang diuji, tidak ada seorang pun yang sempurna. Jika rekan Anda khilaf telah melakukan kesalahan dan masih bisa diperbaiki, kebesaran hati Anda untuk memaafkannya dapat mengembalikan keharmonisan yang telah hilang.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Pernikahan: 5 Tips Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah

Tuhan tidak memberikan cobaan kepada manusia melebihi kekuatannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr