Ibu, bersabarlah!

Kita mengajarkan anak untuk menunggu dan bersabar, tetapi kita sendiri menuntut mereka bergerak cepat sesuai keinginan kita.

863 views   |   16 shares
  • Dari semua kualitas yang dimiliki seorang ibu. Kesabaran mungkin adalah suatu hal yang nampak mudah, tetapi sebenarnya sulit dilakukan. Namun seiring waktu, seorang ibu akan mempelajari cara terbaik untuk sabar menghadapi setiap perubahan dan perilaku anak. Ini cara-cara yang dapat ibu lakukan.

  • Mengantisipasi keterlambatan

  • Ada banyak hal yang terkadang sangat menyebalkan dan membuat seorang ibu menjadi tidak sabar, karena hal-hal yang berhubungan dengan waktu. Ibu dituntut untuk melakukan semua hal, tetapi di sisi lain ritme anak tidak sama dengan estimasi waktu yang telah disiapkan sehingga ibu merasa jadi lebih banyak menunggu. Pentingnya melatih dan mengajarkan anak untuk menghargai waktu, dengan membuat jadwal kegiatan yang telah disepakati bersama. Jika anak Anda masih kecil, ibu harus mampu mengatur waktu untuk kebutuhan anak, kebutuhan rumah tangga, dan kebutuhan diri sendiri agar tidak stres.

  • Mengambil nafas panjang

  • Walau tampak sederhana, mengambil nafas dalam mampu membantu melepaskan saraf tegang Anda dan melegakan emosi disaat sedang panik. Dengan mengambil nafas panjang, maka ada jeda waktu bagi Anda menanangkan diri.

  • Tanyakan pada diri sendiri, "Seberapa pentingkah ini?"

  • Terkadang saya menemukan diri saya berada pada satu situasi yang tidak penting, dan saya merasa panik dan kesal saat itu. Lalu kemudian, orang-orang di sekitar saya yang terkena imbas dari kontrol emosi yang tidak stabil. Ketika saya mulai marah, lalu saya tersadar, apakah ini masalah yang sangat besar hingga membuat saya sangat kesal? Apakah bermanfaat dengan emosi saya yang meledak-ledak & dengan begitu masalah akan selesai? Jawabannya adalah TIDAK.

  • Belajar untuk menunggu

  • Kadang-kadang kita lupa, kita mengajarkan anak untuk menunggu dan bersabar tetapi kita menuntut mereka untuk bergerak cepat sesuai keinginan kita. Sebaiknya Anda menikmati masa-masa 'menunggu' tersebut. Saat anak Anda berjalan lambat, berhentilah sejenak dan gunakan kesempatan ini untuk mencium aroma bunga di sekitar Anda.

  • Ibu, tidak ada yang tidak mungkin kita lakukan, khususnya untuk lebih banyak bersabar menghadapi tingkah laku unik putra-putri kita setiap hari. Bersabar, adalah satu-satunya cara yang dapat melembutkan hati anak-anak kita. Tohkaki kecil mereka memang tidak dapat melangkah selebar kaki orang tuanya.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Ibu, bersabarlah!

Kita mengajarkan anak untuk menunggu dan bersabar, tetapi kita sendiri menuntut mereka bergerak cepat sesuai keinginan kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr