10 langkah yang diperlukan saat bertengkar dengan pasangan

Anda boleh kecewa, marah atau sedih. Namun sebesar apapun perasaan kesal Anda, jangan berhenti mencintainya.

4,998 views   |   131 shares
  • Dalam pernikahan ada kalanya kita merasa kesal dengan pasangan. Entah karena permasalahan sepele ataupun besar, tidak dipungkiri perselisihan dan perbedaan pendapat pernah dialami setiap pasangan menikah.

  • Kekecewaan dan kemarahan kadang membuat kita enggan untuk memaafkan terlebih dahulu walau keinginan untuk segera berbaikan mulai muncul. Tahukah Anda mungkin pasangan juga merasakan hal serupa? Berikut tip dan trik yang bisa Anda intip untuk mulai memaafkan sebelum semuanya jadi berlarut-larut.

    1. Redakanlah emosi diri Anda. Menjauhlah sementara, merenung dan tenangkan diri Anda sebelum mulai melakukan aktifitas seperti biasa.

    2. Berdoalah untuk campur tangan Tuhan, agar Anda berdua diberikan kelapangan dada dan ketenangan berpikir.

    3. Pikirkan dengan kepala dingin. Apakah hal yang diperdebatkan adalah sebuah masalah fatal yang pantas Anda diributkan?

    4. Identifikasi masalah yang menjadi penyebab keributan. Apakah itu hal yang sepele? Identifikasi secara rinci kekesalan Anda dan diskusikan dengan kepala dingin bersama pasangan setelah emosi keduanya mereda.

    5. Walaupun Anda masih dalam status 'marah', jangan berhenti menyelipkan cinta lewat perhatian secara tersirat. Dengan begitu pasangan akan memahami bahwa Anda masih mencintainya, walau sedang kecewa terhadapnya.

    6. Persiapkan diri untuk menjadi pendengar. Selalu beri ruang kepada pasangan untuk bicara dan menjelaskan masalah dari sudut pandangnya.

    7. Jika Anda sudah mampu menenangkan diri. Maka selanjutnya berikanlah ruang kepada pasangan untuk menenangkan diri juga. Berdoa lah semoga kalian berdua diberi ketenangan dan kelapangan untuk dapat berbicara dari hati ke hati.

    8. Jika sudah dapat menenangkan diri, mulailah memberikan maaf atas kesalahan pasangan yang terjadi saat pertengkaran maupun kesalahan yang menjadi pemicu keributan.

    9. Lepaskan semua beban itu menjadi sebuah pelajaran dan ambil hikmahnya. Jangan biarkan emosi Anda memendam rasa kecewa terlalu lama.

    10. Jangan mudah berpikir untuk berpaling dari pasangan. Seberat apapun masalah Anda, semarah apapun Anda terhadap pasangan, ingatlah selalu hal-hal yang membuat Anda pernah jatuh cinta kepadanya. Anggaplah keributan ini adalah bumbu cinta dalam hubungan kalian.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

10 langkah yang diperlukan saat bertengkar dengan pasangan

Anda boleh kecewa, marah atau sedih. Namun sebesar apapun perasaan kesal Anda, jangan berhenti mencintainya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr