Perlukah merayakan pesta ulang tahun pertama anak dengan mewah?

Banyak orang tua yang tidak ragu untuk merayakan ulang tahun anak secara mewah. Padahal di usia yang pertama, ia bahkan belum mengerti makna sebenarnya dari sebuah pesta. Rencanakan pesta ulang tahun yang sesuai dengan kebutuhan anak dan budget Anda.

1,783 views   |   10 shares
  • Masa periode satu tahun pertama merupakan fase terpenting dalam perkembangan anak Anda. Tak jarang para orang tua menyiapkan perayaan ulang tahun pertama anak mereka sebagai wujud rasa syukur atas semua perkembangan yang telah dilaluinya.

  • Bagi orang tua yang memiliki budget lebih, mereka tidak ragu menyelenggarakan pesta ulang tahun mewah di hotel atau restoran dengan tema dekorasi yang wah, kue ulang tahun super lucu, makanan, snack dan goodie bag mewah dengan tamu undangan yang berjumlah puluhan hingga ratusan orang.

  • Bagi anak umur satu tahun, tentu dia belum mengerti makna sebenarnya. Mungkin yang ia mengerti hanyalah musik yang dinyanyikan bersama. Bahkan mungkin, ia juga belum bisa meniup lilinnya sediri. Tidak jarang anak menangis karena melihat banyaknya orang 'asing' yang ada di depannya.

  • Tentu saja hak setiap orang tua untuk merayakan momen sekali seumur hidup tersebut, mereka berharap dapat menangkap momen indah yang nantinya dapat diceritakan kembali saat si anak sudah besar. Tapi perlukah Anda merayakannya secara berlebih?

  • Berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam merencanakan perayaan ulang tahun yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda dan budget:

    • Tentukan lokasi pesta, seperti di rumah, atau direstoran sesuai budget yang Anda alokasikan untuk itu. Buat daftar tamu dengan jumlah yang terbatas. Undanglah keluarga terdekat dan teman - teman sebayanya di sekitar rumah.

    • Pilihan makanan sesuaikan dengan kondisi budget dan jumlah undangan.

    • Buatlah susunan acara, sehingga Anda tahu apa saja yang dibutuhkan. Anda bisa mengadakan games, tunjuk anggota keluarga untuk memandu acara. Buatlah games yang tidak hanya melibatkan anak, tetapi juga orang tuanya. Jangan lupa menyiapkan kado sederhana untuk pemenangnya. Jika ingin menyewa badut, pastikan anak Anda tidak merasa takut melihatnya. Sebaiknya perkenalkan dengan gambar-gambar dan tontonan badut beberapa hari sebelum acara.

    • Mintalah bantuan beberapa anggota keluarga atau teman untuk membantu mendokumentasikan baik dalam bentuk foto maupun video, sehingga Anda tidak harus menyewa jasa fotografer.

    • Daftar semua kebutuhan dari kue ulang tahun, snack, makanan, goodie bag untuk di bawa pulang dan sebagainya. Tentukan anggaran dan alokasikan untuk kebutuhan yang paling penting terlebih dahulu.

    • Jika Anda memiliki budget terbatas tapi ingin membuat pesta dengan tema tertentu seperti tokoh favorit anak, Anda dapat mencarinya lewat online shop yang menjual perlengkapan pesta dengan harga yang murah.

    • Anda memiliki tangan kreatif? coba kreasikan dengan dekorasi do-it-youself (DIY) yaitu membuat sendiri pernak pernik dekorasi sederhana. Tentunya buget dan bentuk dapat Anda sesuaikan dengan keinginan. contohnya? cari di internet banyak kok.

    • Jika Anda memiliki budget tambahan untuk berbagi dengan sesama, Anda dapat mengundang anak yatim piatu. Dokumentasikan momen tersebut dan ceritakan bahwa Anda sudah mengajarkannya berbagi dari ia kecil.

    • Rasa bersyukur bertambahnya umur juga bisa dilakukan dengan sederhana, seperti makan malam bersama dan tiup lilin saja.

  • Advertisement
  • Perlu diingat bahwa perayaan ulang tahun hanya merupakan moment pelengkap di hari spesial bertambahnya umur. Jadi, perlukah pesta ulang tahun diadakan secara besar – besaran sementara anak Anda belum mengerti makna pesta yang sebenarnya? Atau bukankah lebih baik Anda mengajarkan anak Anda untuk berbagi sejak dini kepada pihak yang membutuhkan? Semua kembali lagi kepada keputusan Anda sebagai orang tua.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Setelah melahirkan Raphael, Celerina memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga dan mengurus buah hatinya tanpa bantuan baby sitter. Disinilah ia kemudian menemukan passion-nya yang baru yaitu memasak khususnya menu MPASI (Makanan Pendamping ASI)

Perlukah merayakan pesta ulang tahun pertama anak dengan mewah?

Banyak orang tua yang tidak ragu untuk merayakan ulang tahun anak secara mewah. Padahal di usia yang pertama, ia bahkan belum mengerti makna sebenarnya dari sebuah pesta. Rencanakan pesta ulang tahun yang sesuai dengan kebutuhan anak dan budget Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr