Gunakan tunjangan bulanan untuk mengajarkan nilai uang kepada remaja

Berikan uang tunjangan pada hari yang sama tiap bulannya. Konsistensi sangat penting, sehingga anak Anda bisa mempraktekkan mengelola keuangannya hingga menerima tunjangan bulanan berikutnya.

464 views   |   4 shares
  • Beberapa remaja menerima uang tunjangan bulanan dari orangtuanya dan jika anak Anda adalah salah satu di antara mereka coba pertimbangkan kembali manfaatnya. Uang tunjangan bulanan sebaiknya jangan dipandang sebagai penghargaan, tapi sebagai sebuah cara atau kesempatan untuk mengajarkan kepada anak tanggung jawab untuk mengelola keuangan. Cara ini juga bisa membantu anak untuk belajar memprioritaskan mana kebutuhan yang paling mendesak yang harus diutamakan daripada sekedar memenuhi kebutuhan untuk bersenang-senang.

  • Sama seperti usaha memperoleh keterampilan apa pun, kesalahan adalah bagian dari proses pembelajaran. Bukankah lebih baik bagi seorang anak untuk salah dalam menggunakan keuangan ketika jumlah dan konsekuensi yang ditimbulkan masih kecil, daripada nanti ketika sudah dewasa dia justru sembrono dan akhirnya terlilit hutang.

  • Ada sebuah pendapat mengenai perlu tidaknya tunjangan bulanan diberikan berdasarkan kinerja. Mereka yang setuju dengan pendapat tersebut seringkali beranggapan bahwa tugas di rumah adalah tanggung jawab dari setiap orang, sehingga jika ada yang malas untuk mengerjakan bagiannya, maka ia tidak berhak memperoleh uang tunjangan yang seharusnya menjadi haknya.

  • Berapa banyak tunjangan yang harus diberikan tiap bulannya?

  • Tidak ada patokan khusus untuk menentukan berapa jumlah tunjangan bulanan yang harus diberikan kepada anak Anda. Namun, ada beberapa cara menentukan jumlah tunjangan yang sesuai untuk remaja. Beberapa orangtua memberikan hanya sesuai dengan berapa yang diterima oleh anak-anak di lingkungannya. Lainnya memperkirakan berapa banyak uang yang harus mereka keluarkan untuk kebutuhan pakaian, perlengkapan sekolah, jajan, hiburan, dan kebutuhan remaja lainnya. Oleh karena itu, Anda harus bisa membuat porsi yang tepat disesuaikan dengan kondisi anak Anda saat ini. Usahakan untuk tidak kurang atau bahkan mungkin lebih, sehingga anak Anda dapat belajar untuk mengatur keuangannya hingga akhir bulan.

  • Beberapa pedoman untuk membantu Anda

  • 1. Berikan uang tunjangan pada hari yang sama tiap bulannya. Konsistensi sangat penting, sehingga anak Anda bisa mempraktekkan mengelola keuangannya hingga menerima tunjangan bulanan berikutnya.

  • 2. Meskipun tidak setuju usahakan untuk tidak mengintervensi keputusan anak Anda mengelola keuangannya. Namun, jangan ragu untuk memberikan saran mengenai bagaimana menjadi konsumen yang cerdas. Contohnya, jika Anda memiliki anak gemar mengoleksi pakaian, Anda bisa mengajaknya mengunjungi beberapa toko pakaian yang menawarkan harga lebih murah dengan kualitas barang yang lebih baik.

  • Advertisement
  • 3. Bagaimana jika anak Anda menghabiskan uang tunjangan bulanannya terlalu cepat dan meminta uang tunjangan bulan berikutnya lebih awal? Hal ini seringkali menjadi dilema bagi orangtua, tetapi orangtua harus bisa tegas dan tidak memberikan tunjangan tambahan agar anak tidak mejadi terbiasa. Namun, dalam situasi mendesak orangtua juga harus bisa bersifat fleskibel dan memastikan apakah tunjangan tambahan yang akan diberikan benar-benar dibutuhkan untuk keperluan penting atau tidak.

  • 4. Izinkan anak Anda untuk mendapatkan uang tunjangan ekstra dengan mengerjakan tugas-tugas tambahan, terutama jika ia ingin menggunakannya untuk membeli barang kebutuhan yang berguna, sepedah misalnya.

  • 5. Ajarakan kepada anak Anda agar sebisa mungkin tidak menghabiskan seluruh uang tujangan bulanannya, sehingga di akhir bulan ia masih memiliki sisa uang untuk ditabung untuk membeli keperluan mendesak lainnya.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Gunakan tunjangan bulanan untuk mengajarkan nilai uang kepada remaja

Berikan uang tunjangan pada hari yang sama tiap bulannya. Konsistensi sangat penting, sehingga anak Anda bisa mempraktekkan mengelola keuangannya hingga menerima tunjangan bulanan berikutnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr