Ini ruginya 'Hubungan Tanpa Status' pada wanita

Apakah Anda saat ini sedang menjalin 'Hubungan Tanpa Status'? Pertimbangkan apakah hal tersebut lebih banyak membawa kebaikan atau malah keburukan bagi Anda.

12,990 views   |   86 shares
  • Hubungan kedekatan antara pria dan wanita tanpa komitmen yang melebihi batas pertemanan atau yang sering disebut 'Hubungan Tanpa Status', saat ini sudah menjadi gaya hidup yang semakin berkembang dikalangan masyakarat tanpa mengenal batas usia. Hubungan ini dianggap nyaman bagi sebagian orang karena beberapa faktor seperti ketidaksiapan dalam berkomitmen, tidak yakin dengan pasangannya dan ingin mengenal lebih jauh sebelum berkomitmen, masih ingin bermain-main, hanya untuk bersenang-senang, atau bahkan hanya untuk mengisi kekosongan.

  • Lalu apakah hubungan tanpa status baik untuk masa depan Anda? Penelitian oleh Catherine M. Grello, Deborah P. Welsh, dan Melinda S. Harper dalam Journal of Sexual Research yang dilansir situs psychologytoday mengemukakan bahwa wanita lebih mementingkan hubungan berkomitmen dibandingkan dengan pria. Walaupun wanita juga terbuka dengan 'hubungan tanpa status' tersebut, seringkali mereka berharap hubungan tersebut berlanjut ke jenjang lebih jauh. Para peneliti tersebut juga menemukan kaitan kuat antara depresi dan 'hubungan tanpa status' yang lebih banyak dilakukan wanita, dibandingkan dengan pria.

  • Berikut saya mengutip beberapa tanggapan dari mereka yang pernah menjalani hubungan tanpa status.

  • "Kalau ada maunya dia akan mencari, tetapi kalau tidak, jangan harap dapat kabar darinya. Begitulah resiko menjalin hubungan tanpa status. Seperti salah satu lagu lawas yang cukup terkenal, "Kau datang dan pergi sesuka hatimu, kejamnya dikau, teganya dikau, padaku." Nah sebaiknya, jangan mau deh diperlakukan seperti itu. Hubungan tanpa status hanya akan merugikan Anda karena tidak punya masa depan yang jelas." (Nina, 31 Tahun, Pengusaha)

  • "Siapa sih yang tidak senang jika diperhatikan dan dimanja oleh orang yang disukai? Tentu semua orang tidak akan menolaknya. Ya begitupun dengan saya. Awalnya, karena saya suka dengan dia, saya beranggapan sikap manisnya ke saya menandakan bahwa kami memiliki sebuah hubungan. Meskipun kami tidak pernah berkomitmen, saya menjalani hubungan ini apa adanya. Sampai pada suatu saat dia memperkenalkan pacarnya ke saya dan menyebut saya adalah sahabatnya. Disitu saya pun tersadar, ia tidak menganggap kedekatan kami adalah sebuah hubungan serius. Saya pun tidak mempunyai hak untuk marah karena kenyataannya dia tidak pernah bilang suka pada saya. Saya merasa bodoh dan malu karena mau saja menjalin hubungan tanpa komitmen yang jelas dengannya". (Tara, 28 Tahun, Pegawai)

  • Advertisement
  • "Ya jika belum siap berkomitmen dan masih ingin melanglang buana mencari yang terbaik, hubungan tanpa status bisa menjadi pilihan. Tetapi jika Anda memberikan harapan pada seseorang dan pada akhirnya Anda mencampakkannya, itu bukan hal yang baik. Hubungan tanpa status boleh saja dilakukan asalkan sejak awal Anda terbuka padanya untuk menjalani hubungan tanpa bermaksud serius. Jika dia juga sepakat jadinya kan enak, tidak ada yang tersakiti nantinya. (Tri Setiawan, 25 Tahun, Pegawai Swasta)

  • Hubungan tanpa status yang dijalani tanpa kejelasan, bisa jadi hanya akan menyakitkan salah satu belah pihak. Jika Anda sedang mengalaminya, bersiaplah untuk tidak berharap lebih dari 'pasangan' Anda tersebut. Jika Anda sudah yakin ingin menjalani hubungan yang lebih, tidak ada salahnya Anda menanyakan hal tersebut terlebih dahulu tanpa menunggu dari dia. Berhati-hatilah saat ia selalu menghindari jika ditanya akan kejelasan hubungan kalian. Lebih baik Anda membuka hati untuk seseorang di luar sana yang lebih siap berkomitmen dan membangun hubungan yang serius dengan Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Ini ruginya 'Hubungan Tanpa Status' pada wanita

Apakah Anda saat ini sedang menjalin 'Hubungan Tanpa Status'? Pertimbangkan apakah hal tersebut lebih banyak membawa kebaikan atau malah keburukan bagi Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr