Hal-hal kecil yang mencegah Anda tidur lelap

Anda akan heran mengetahui betapa banyak hal kecil yang Anda alami sepanjang hari yang dapat mengganggu tidur Anda.

1,089 views   |   5 shares
  • Anda akan heran mengetahui betapa banyak hal kecil yang Anda alami sepanjang hari yang dapat mengganggu tidur Anda. Hal-hal itu tampaknya kecil dan tidak berarti, tetapi pasti ada alasan mengapa Anda tidak dapat tidur nyenyak meski sekeras apa pun Anda berusaha.

  • Saat tidur secara tidak sadar kita memproses hal-hal yang kita alami di siang hari seperti, apakah kita perlu mendamprat teman kerja kita yang kasar, apakah cowo itu naksir kita atau tidak dan banyak lagi lainnya. Kita semua mengalami banyak mimpi, baik yang kita ingat atau tidak. Ketika tidur otak dan badan kita memperbaiki kerusakan yang kita alami sepanjang hari.

  • Sebagai orang yang memerlukan cukup tidur, saya mulai memperhatikan hal-hal kecil yang saya lakukan sebelum tidur yang mampu mengganggu tidur saya. Banyak yang mudah dikenali namun banyak juga yang tidak gampang dikenali. Di bawah ini ada beberapa hal yang tanpa Anda sadari mengganggu tidur Anda.

  • Memeriksa ponsel Anda

  • Menurut situs BusinessInsider (dan pakar kesehatan tentunya) memeriksa ponsel sebelum tidur sangat tidak dianjurkan. Secara ilmiah alasan untuk ini adalah sinar terang dari ponsel Anda mencegah otak memproduksi melatonin, hormon alami yang menimulkan rasa ngantuk. Meskipun saya mengira bahwa saya mengendurkan syaraf dengan memeriksa akun saya di Instagram, tanpa sadar saya sudah merampas tidur lelap dari diri saya sendiri.

  • Tidur terlalu awal

  • Tampaknya aneh bahwa tidur terlalu awal dapat menyebabkan tidur Anda terganggu. Tidak semua orang memerlukan delapan jam tidur semalam. Ada orang yang tidur 6 jam dan sudah merasa cukup. Namun karena adanya mitos kita merasa perlu tidur 8 jam dan tanpa kita sadari kita merusak tidur nyenyak kita. Jika Anda tidur terlalu awal Anda akan bangun setiap 3 jam dan esok harinya Anda akan merasa lelah.

  • Minum minuman selain air sesudah jam 7 malam

  • Kedengarannya aneh, tetapi bila Anda minum sesuatu yang bukan air di malam hari, tidur Anda akan terganggu. Kebanyakan minuman mengandung gula dan zat lain di dalamnya yang dapat menyegarkan badan Anda. Jika Anda meminumnya sebelum tidur, badan Anda berusaha melepaskan melatonin dan menjaga kesadaran pada saat yang sama. Hal ini membuat tubuh Anda terjaga lebih lama daripada yang seharusnya.

  • Sinar terang

  • Setiap orang berbeda-beda, ada orang yang hanya bisa tidur dalam kegelapan yang pekat, sementara yang lain lebih suka ada cahaya supaya dapat tidur. Ketahuilah mana yang lebih Anda sukai.

  • Advertisement
  • Tidur dengan TV tetap menyala

  • Seperti ponsel, teve memiliki sinar biru dan putih yang membuat otak Anda sulit tertidur. Selain itu, sinar yang berganti-ganti mengganggu mata Anda baik dalam keadaan terbuka atau tertutup. Jika suaranya juga terdengar, ingatlah bahwa otak Anda merekam semua yang didengarnya, sehingga Anda mungkin tertidur dengan tetap mendengar iklan di teve.

  • Stres

  • Tentu saja yang paling mengganggu tidur Anda dalam daftar ini ialah stres. Anda mungkin bahkan tidak menyadarinya bila stres itu kecil. Menurut penelitian stres tentang uang ada di peringkat paling atas dalam daftar hal-hal yang dikuatirkan orang sebelum tidur. Pada umumnya orang sulit tidur karena memikirkan tagihan-tagihan atau hutang mereka.

  • Ada sebuah cara yang dapat Anda kerjakan untuk tidur lelap. Sebelum tidur nyalakan lilin selama lima menit untuk bermeditasi. Lebih baik lagi jika lilin itu memiliki bau kesukaan Anda, misalnya bau cemara atau apel dan kayu manis. Jagalah agar Anda tidak jatuh tertidur dengan lilin tetap menyala untuk mencegah kebakaran. Sebaiknya memasang lilin yang di dalam gelas atau stoples. Menurut studi orang yang mengurangi stres mereka dengan humor atau agama lebih mudah tidur dibanding mereka yang memenuhi pikiran dengan kekuatirannya.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Hal-hal kecil yang mencegah Anda tidur lelap

Anda akan heran mengetahui betapa banyak hal kecil yang Anda alami sepanjang hari yang dapat mengganggu tidur Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr