7 manfaat menikah

Menikah, bukan melulu soal mempertahankan ras dan membuat keturunan. Ternyata juga merupakan sumber kebahagiaan, baik bagi pria maupun wanita. Apa sajakah manfaat-manfaat tersebut?

3,560 views   |   26 shares
  • Menikah, adalah bagian dari tuntunan agama. Karena itu, memilih pasangan dan memutuskan untuk menikah harus dipertimbangkan dengan seksama, dan sangat bijaksana. Sebab pernikahan harus diupayakan agar dapat bertahan seumur hidup. Nah, untuk menguatkan niat menikah, kita juga harus paham benar bahwa, ada begitu banyak manfaat dari pernikahan. Keseluruhannya menandakan bahwa menikah bukan semata-mata sebuah peristiwa biasa, namun sebuah peristiwa yang sungguh luar biasa.

  • Menurut Cahyadi Takariawan, Penulis buku serial Wonderful Family, manfaat menikah adalah:

  • Mendapatkan ketenangan hidup

  • Semua orang menginginkan ketenangan hidup. Salah satu upaya mendapatkan ketenangan hidup adalah dengan menikah secara sah. Tentu saja ada upaya lain untuk hidup menjadi tenang dalam kehidupan, seperti melakukan ibadah secara benar, menciptakan pergaulan sosial yang sehat, dan lain sebagainya. Namun menikah adalah upaya yang tepat dalam menciptakan ketenangan hidup.

  • Menjadikan hidup lebih berkualitas

  • Hidup akan menjadi lebih berkualitas apabila semua potensi kemanusiaan kita tersalurkan dengan baik. Manusia memiliki sangat banyak potensi yang membuatnya memiliki posisi khalifah di muka bumi. Semua potensi tersebut menjadi bekal bagi sebuah kehidupan yang berkualitas. Menikah adalah salah satu sarana penyaluran berbagai macam potensi kemanusiaan yang akan membuat kehidupan lebih bermakna.

  • Mendapatkan anak keturunan

  • Memiliki anak keturunan yang sah adalah salah satu manfaat pernikahan. Jenis kemanusiaan akan punah apabila tidak ada generasi baru yang lahir dari generasi yang telah ada sebelumnya. Anak-anak memberikan makna yang mendalam dalam kehidupan manusia, bahkan sering digambarkan sebagai harta yang paling berharga dalam keluarga. Tanpa anak membuat sejarah pribadi kita menjadi terputus, tidak ada kelanjutannya.

  • Menguatkan ibadah

  • Manusia memerlukan teman untuk melaksanakan berbagai aktivitas kehidupan, termasuk ibadah. Menikah adalah sebuah ibadah, dan setelah hidup berumah tangga akan mendapatkan teman untuk menjalankan ibadah. Suami, istri dan anak-anak saling menguatkan dalam menjalankan ibadah, sehingga mereka akan menjadi satu tim yang berinteraksi secara positif untuk menguatkan sisi-sisi kebaikan masing-masing.

  • Mendapatkan keluarga yang akan saling menjaga dan melindungi

  • Dengan menikah, manusia memiliki keluarga. Suami dan istri memiliki ikatan sakral yang harus saling menjaga dan melindungi satu sama lain. Ditambah dengan lahirnya anak-anak yang akan menambah kokohnya ikatan kekeluargaan tersebut. Jika tidak menikah, maka seseorang akan hidup seorang diri hingga masa tua di mana pada saat itu lebih terasa keperluan akan adanya keluarga yang bisa menjaga dan merawatnya.

  • Advertisement
  • Menguatkan motivasi dan harapan sehingga hidup lebih bersemangat dan bergairah

  • Apakah yang membuat hidup lebih hidup? Itu adalah harapan. Keluarga memberikan kita selalu memiliki harapan untuk kondisi yang lebih baik. Harapan untuk membahagiakan pasangan, harapan untuk masa depan anak-anak, harapan untuk kebahagiaan semua anggota keluarga. Dengan menikah, manusia memiliki motivasi bekerja dan berprestasi yang lebih, karena ingin mencapai berbagai harapan.

  • Menikah itu menyehatkan

  • Menikah banyak memiliki manfaat kesehatan bagi fisik maupun psikis. Para ahli kesehatan telah menemukan banyak manfaat kesehatan dari pernikahan. Dengan menikah, hidup manusia akan lebih sehat dan memiliki angka harapan hidup lebih tinggi.

  • Berdasarkan penelitian yang dibuat oleh Ohio State University, para pria memiliki kesehatan mental yang lebih baik ketika mereka berada dalam satu komitmen. Untuk penelitian tersebut, para peneliti melihat data-data dari National Longitudinal Survey of Youth, 1997. Studi itu berisi tentang pria kelahiran Amerika yang lahir antara tahun 1980 dan 1984.

  • "Dibandingkan wanita, pria dilaporkan menganggap hidup bersama tanpa ikatan pernikahan adalah sebuah tes dalam hubungan. Dan hal itu membuat pola komunikasi jadi negatif, agresi fisik yang lebih besar dan penurun komitmen pada hubungan," tulis penelitian itu. "Namun pria yang langsung menikah tidak mungkin melihat pernikahan sebagai tes dalam hubungan. Mereka lebih menikmati keuntungan dari pernikahan dan berinvestasi lebih besar untuk itu."

  • Wah wah, jadi ternyata ada begitu banyak manfaat dari menikah untuk pria dan wanita. Lalu mengapa mesti ragu? Jika sudah yakin dan mantap, maka menikahlah. Dan jalani pernikahan itu dengan penuh keyakinan, maka kebahagiaan sudah pasti ada di depan mata. Ya kan?

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

7 manfaat menikah

Menikah, bukan melulu soal mempertahankan ras dan membuat keturunan. Ternyata juga merupakan sumber kebahagiaan, baik bagi pria maupun wanita. Apa sajakah manfaat-manfaat tersebut?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr