Belajar anak terganggu karena gadget? Berikut 6 langkah mengatasinya

Dukungan serta arahan orangtua adalah yang hal bijaksana yang dapat Anda lakukan bagi kebaikan putra-putri Anda.

994 views   |   5 shares
  • Anak-anak mendapatkan banyak sekali kesenangan ketika mereka memiliki sebuah barang yang ia sukai. Dari sebuah gadget yang telah menyebar ke seluruh dunia, dapat dipastikan banyak anak-anak pasti pernah memainkannya dan mungkin memilikinya. Memang tidak semua anak susah untuk diajak berbagi waktu, kapan mereka harus belajar dan kapan mereka harus berhenti bermain gadget. Sudah tidak sedikit lagi dampak dari pengaruh gadget bagi anak-anak, dari kesehatan matanya dan juga dari nilai pelajaran yang mereka dapatkan.

  • Berikut ini langkah-langkah tepat untuk mengatasi dampak buruk gadget agar tidak sampai terjadi pada anak-anak Anda.

  • 1. Dari alasan anak Anda memiliki gadget, Anda akan menemukan cara mengatasi

  • Faktor utama yang menjadi titik awal gadget telah berada di tangan anak yaitu keputusan orangtua. Pertama, orangtua yang memiliki kesibukan lebih dari waktu untuk anak-anaknya, dan mereka memanfaatkan gadget sebagai pengganti perhatian yang menenangkan dan menyenangkan buah hatinya.Kedua,orangtua kurang bisa memperhatikan waktu mana yang lebih banyak dihabiskan buah hati mereka, apakah belajar ataukah bermain gadget.

  • Apa yang seharusnya bisa dilakukan? Hanya Anda yang lebih bisa memahami putra dan putri kesayangan Anda.

  • 2. Gunakan timer saat mereka menggunakan gadget

  • "Timer" ini tidak digunakan untuk mengetahui secepat apa buah hati dapat memenangkan permainan dalam gadget, melainkan guna membatasi anak memainkan gadget mereka dan agar anak-anak lebih banyak waktu untuk bersosialisasi dan belajar. Dengan begitu kekhawatiran Anda terhadap buah hati dari dampak gadget lebih bisa diminimalisir.

  • 3. Aktivitas di luar rumah sedikit membuat mereka lupa dari gadgetnya

  • Bujuk buah hati Anda untuk bermain sebentar di luar, suasana bermain di ruang terbuka akan cukup membuat buah hati tertarik untuk bergabung bersama teman-teman sebayanya. Bisa juga dengan cara lain yang cukup lebih menarik jika Anda sedang liburan, isi waktu dengan berpiknik sebab berpiknik dapat Anda gunakan sebagai sarana belajar anak untuk berinteraksi dengan alam terbuka. Sedangkan bagi mereka yang sudah terbiasa Anda tekankan lebih sering berada di dalam rumah, hendaknya beri sedikit waktu luang untuk bersama kerabat dekat mencari udara segar di luar sana. Setelah itu ketika sudah kembali di dalam rumah berilah sedikit kesibukan untuk lebih bijak menggunakan waktu, daripada harus dihabiskan dengan bermain gadget.

  • Advertisement
  • 4. Aktivitas ataupun permainan imajinatif juga mampu membuat anak sedikit melupakan gadgetnya

  • Kejenuhan saat bermain itu bisa saja terjadi, namun jika permainan tersebut mengeluarkan tenaga untuk berfikir mungkin anak dapat lebih lama untuk menikmatinya. Seperti halnya, menggambar dan mewarnai, atau permainan tokoh dari boneka dan lain sebagainya. Dari hal ini bisa dimungkinkan anak dapat mengembangkan imajinasinya dan juga bisa melupakan gadgetnya.

  • 5. Kalahkan gadget dengan hobi positifnya

  • Anak-anak lebih dapat menikmati aktivitasnya ketika dia lebih bisa menunjukkan kemampuannya. Mereka memiliki hobi yang bisa disesuaikan dengan bakatnya, seperti halnya mereka suka bermain alat musik maka cobalah masukkan mereka ke dalam kelas musik. Mungkin dia lebih suka bermain air cobalah untuk berlatih berenang. Dan masih banyak bakat mereka yang belum nampak dan butuh Anda ketahui.

  • 6. Gerak fisik bisa membuat mereka lebih tertarik

  • Keringat mungkin akan membuat mereka tampak kotor, kusam dan bau keringat, namun itu lebih baik jika mereka tampak demikian yang diakibatkan aktivitas positif layaknya olahraga atau seni bahkan menari. Daripada mereka hanya diam di kursi atau di atas tempat tidurnya sambil serius bermain gadget selama berjam-jam yang melupakan kewajibannya sebagai pelajar.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Belajar anak terganggu karena gadget? Berikut 6 langkah mengatasinya

Dukungan serta arahan orangtua adalah yang hal bijaksana yang dapat Anda lakukan bagi kebaikan putra-putri Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr