5 Cara Hindari Stres

Stres adalah realita kehidupan. Kadang-kadang stres dapat menjadi hal yang baik, itu memotivasi kita untuk mencapai hal yang mungkin tidak dapat kita capai jika tidak stres.

6,101 views   |   1 shares
  • Stres adalah realita kehidupan. Kadang-kadang stres dapat menjadi hal yang baik, itu memotivasi kita untuk mencapai hal yang mungkin tidak dapat kita capai jika tidak stres. Bagaimanapun juga, stres yang berlebihan dapat merusak baik secara mental mupun fisik. Bagaimana kita mengatur stres dalam kehidupan kita memiliki dampak pada kita entah itu dampak positif atau negatif. Saran-saran berikut adalah beberapa cara untuk menghindari stres merusak hal yang terbaik Anda miliki.

  • 1. Jangan menunda

  • Menunggu sampai detik terakhir dan terburu-buru mengerjakan tugas atau proyek akan meningkatkan stres Anda dan menjadikannya lebih sulit untuk melakukan pekerjaan yang berkualitas. Catatlah bagaimana Anda menggunakan waktu Anda setiap hari untuk menemukan waktu yang terbuang dan menghapusnya. Tentukan tengat waktu untuk diri Anda dan ciptakan rasa tanggung jawab. Sebagai contoh, laporkan ke teman atau keluarga sehingga Anda menjadi bertanggung jawab kepada seseorang alih-alih kepada diri Anda sendiri. Ini akan memotivasi Anda untuk melakukan tugas tepat waktu.

  • 2. Jangan kembangkan kebiasaan yang tidak sehat

  • Kebiasaan makan yang tidak sehat seperti terlalu banyak makan makanan berlemak, gula, alkohol, rokok, atau kafein dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda dan membuatnya lebih sulit bagi tubuh Anda untuk menanggulangi stres yang datang. Kadang-kadang selama masa stres Anda mungkin cenderung untuk berpaling pada gula, kafein, alkohol atau zat lain yang tidak sehat untuk membantu Anda terus maju. Meskipun demikian, hal-hal ini hanya akan memberikan bantuan sementara dan akan menyakiti Anda secara berkepanjangan. Makanlah banyak gandum murni, buah-buahan, sayur, dan makanan sehat lainnya. Tidurlah selama 6-8 jam setiap hari dan berolahragalah setidaknya tiga kali seminggu. Kesehatan fisik Anda dapat memberikan dampak yang luar biasa pada kesehatan emosional Anda, jadi merawat diri Anda dapat menjadi bagian yang penting untuk mengatasi stres.

  • 3. Jangan mengabaikan diri Anda

  • Jadikan hal yang menyenangkan sebagai kebiasaan sehari-hari Anda. Ini akan membantu Anda dan menjadikan Anda lebih bahagia. Bacalah buku yang baik, kunjungi tempat yang menarik, mandilah yang lama atau jalan-jalan dengan teman. Ketika Anda mengalami stres tingkat tinggi, hal yang paling buruk yang Anda dapat lakukan adalah mendorong diri Anda lebih keras. Jika Anda membiarkan diri Anda beristirahat dari waktu ke waktu, Anda akan sebaiknya melengkapi diri Anda dengan mengatasi apa pun masalah yang Anda hadapi dalam hidup Anda.

  • Advertisement
  • 4. Jangan berlebihan

  • Belajarlah untuk menolak dan jangan merasa terpaksa untuk memberi alasan. Jika Anda diminta untuk berperan serta di suatu acara arisan, namun sudah kewalahan dengan tanggun jawab lain, Anda tidak perlu untuk memberi alasan mengapa Anda tidak dapat menghadiri arisan. Ini bukan urusan siapa-siapa, ini urusan Anda. Katakan saja, “Saya mau datang tapi tidak saat ini.” Jika mereka terus mendesak Anda untuk memberikan alasannya, tanyakan saja, “Mengapa Anda ingin tahu?” Itu biasanya akan menghentikan orang dalam usaha pencarian mereka dan biasanya masih sopan untuk bilang “Maaf, ini bukan urusan Anda.” Jika ada komitmen yang Anda telah buat dan menyebabkan Anda stres berat, belajarlah untuk memberikan delegasi. Ada banyak tugas yang dapat dilakukan orang lain untuk meringankan beberapa beban Anda. Anda tidak perlu melakukan segala hal sendirian. Biarkan orang lain membantu Anda.

  • 5. Jangan mengabaikan hubungan pribadi

  • Hubungan sosial yang mendukung menyediakan kesempatan untuk membagikan rasa frustasi dan kekecewaan Anda, dan mengizinkan Anda untuk menerima saran dan nasihat. Katakan kepada pasangan Anda atau teman dekat Anda ketika Anda mengalami stres dan mintalah bantuan mereka untuk melaluinya. Kadang-kadang hanya dengan memiliki seseorang yang mengetahui situasi Anda sangat menguntungkan karena itu membantu Anda merasa bahwa Anda tidak sendirian.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "5 ways to avoid stress" karya Lynn Scoresby.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

5 Cara Hindari Stres

Stres adalah realita kehidupan. Kadang-kadang stres dapat menjadi hal yang baik, itu memotivasi kita untuk mencapai hal yang mungkin tidak dapat kita capai jika tidak stres.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr