Pekerjaan Anda tidak sesuai impian? Lakukan 4 hal ini

'Lakukan apa (pekerjaan) yang Anda cintai, maka Anda tidak perlu lagi bekerja seumur hidup' Jika Anda merasa kutipan tersebut belum tepat menggambarkan kondisi pekerjaan Anda saat ini, mungkin Anda perlu berpikir ulang untuk mengubah karier Anda

846 views   |   6 shares
  • Apakah Anda adalah salah satu yang merasa terjerumus dalam karier yang tidak sesuai dengan hasrat? Anda tidak sendirian. Banyak orang di luar sana merasakan hal yang sama dengan Anda. Beberapa bertahan dan terpaksa melakukannya dengan alasan materi, hingga pada akhirnya mereka berada di puncaknya dengan perasaan jenuh, gelisah dan penyesalan.

  • Sampai kapan Anda dapat bertahan dalam situasi yang membuat Anda tidak bahagia? Sesuatu yang dipaksakan, bagaimanapun juga pada akhirnya akan membebani pundak Anda dan menimbulkan perasaan jenuh yang tidak tertahankan.

  • Jika Anda mulai merasa bahwa pekerjaan yang sedang dijalani ternyata tak sesuai dengan impian atau ekspektasi Anda, sebaiknya mulailah membelokkan haluan Anda dan melakukan perubahan nyata dalam karier dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

  • Tentukan prioritas Anda

  • Langkah awal yang harus Anda ambil sebelum mengubah karir pekerjaan Anda adalah dengan bertanya pada diri sendiri, apakah prioritas dalam hidup Anda dan dimana hasrat Anda berada. Mulailah dengan membuat daftar keahlian dan kekurangan Anda, pekerjaan yang Anda harapkan, pengalaman yang dimiliki. Lewat daftar tersebut Anda dapat dengan lebih mudah menganalisis pekerjaan yang mungkin sesuai dengan minat dan bakat Anda.

  • Buatlah perencanaan yang matang sebelum berganti karier

  • Sebaiknya Anda tidak memutuskan berhenti pada pekerjaan Anda saat ini sebelum membuat perencanaan matang untuk langkah selanjutnya. Jangan sampai Anda malah gagal dan berujung pada pengangguran. Tentu Anda tidak ingin menjadi semakin menyesal bukan?

  • Susunlah daftar rencana Anda selanjutnya. Jika memang ingin pindah karier, mulailah mengirimkan lamaran hingga diterima di tempat yang Anda minati. Jika memilih untuk berbisnis, pastikan Anda sudah mematangkan persiapan sebelum memutuskan berhenti bekerja.

  • Konsultasikan dengan orang yang tepat

  • Jika masih ragu dengan keputusan yang akan Anda ambil, ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu pada orang menurut Anda dapat memberikan masukan positif seperti orang tua, pasangan atau teman yang sudah terlebih dahulu sukses dalam kariernya.

  • Memperoleh banyak masukan akan membuat cara pandang Anda lebih terbuka akan tantangan yang akan Anda hadapi sekaligus sebagai suntikan semangat.

  • Jangan putus Asa

  • Memulai sesuatu pekerjaan yang baru lagi, -yang berbeda dari apa yang biasa Anda lakukan- mempunyai tantangan dan kesulitannya tersendiri. Jangan cepat putus asa jika Anda menemukan kesulitan tersebut. Ingatlah pada passion dan target yang ingin Anda kejar, sebagai penyemangat saat Anda menemui kesulitan tersebut.

  • Advertisement
  • Jangan takut mencoba hal baru, karir yang lebih baik dan sesuai dengan passion Anda. Apalagi jika usia Anda masih tergolong produktif. Yakinlah dengan kemampuan dan aset yang Anda miliki dan beranilah melangkah menuju kesuksesan yang Anda rintis sendiri. Ingatlah untuk selalu berusaha dan berdoa, serta yakinkan diri Anda bisa melalui rintangan baru yang akan menghadang di depan Anda. Semoga langkah-langkah di atas dapat memberi pencerahan pada situasi sulit yang sedang Anda hadapi. Selamat mencoba.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Pekerjaan Anda tidak sesuai impian? Lakukan 4 hal ini

'Lakukan apa (pekerjaan) yang Anda cintai, maka Anda tidak perlu lagi bekerja seumur hidup' Jika Anda merasa kutipan tersebut belum tepat menggambarkan kondisi pekerjaan Anda saat ini, mungkin Anda perlu berpikir ulang untuk mengubah karier Anda
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr