Mempertahankan komitmen dalam pernikahan

Bagaimana Anda mendefinisikan komitmen dalam pernikahan? Banyak yang akan berkata bahwa hal itu muncul karena rasa tanggung jawab. Tetapi untuk menjadi bahagia pasutri perlu merasakan lebih dari tanggung jawab satu kepada yang lain.

1,400 views   |   51 shares
  • Bagaimana Anda mendefinisikan komitmen dalam pernikahan? Banyak yang akan berkata bahwa hal itu muncul karena rasa tanggung jawab. Tetapi untuk menjadi bahagia pasutri perlu merasakan lebih dari tanggung jawab satu kepada yang lain.

  • Pernikahan diciptakan untuk membuat pasutri bahagia dan nyaman. Untuk mencapai hal itu pasutri harus belajar untuk saling mempercayai. Sama pentingnya dengan hal itu pasutri perlu membina persahabatan yang langgeng. Dengan cara ini komitmen terhadap pernikahan akan makin kuat. Komitmen dapat disamakan dengan mortar yang merekatkan batu bata. Mortar merupakan campuran bahan-bahan seperti pasir, semen, dan air. Begitu pula komitmen terbentuk dari campuran faktor-faktor seperti kewajiban, kepercayaan dan persahabatan. Apa yang dapat melemahkan ikatan ini?

  • Apa tantangan-tantangannya?

  • Komitmen menuntut kerja keras dan pengorbanan. Hal itu menuntut agar Anda bersedia melupakan keinginan sendiri supaya dapat menyenangkan pasangan Anda. Namun konsep menyerah kepada keinginan orang lain, memberi tanpa bertanya "Apa untungnya bagiku?" banyak tidak disukai orang, bahkan membuat sementara orang marah. Tapi tanyakan kepada diri Anda, "Berapa banyak orang egois yang bahagia dalam perkawinannya?" Kemungkinan besar jawabannya: Sedikit sekali. Mengapa? Orang yang egois cenderung untuk lari dari perkawinannya begitu pengorbanan dibutuhkan darinya, khususnya bila tidak ada upah bagi pengorbanan itu. Orang seperti ini tidak mempunyai komitmen. Tanpa komitmen, hubungan dalam perkawinan akan retak, tidak peduli betapa manisnya suasana romantis mereka ketika pasangan itu jatuh cinta.

  • Bagaimana memperkuat komitmen.

  • 1. Beri prioritas utama bagi pernikahan Anda

  • Seberapa penting pernikahan bagi Anda? Biasanya makin penting suatu hal, makin banyak waktu yang Anda curahkan untuk itu. Tanyakan kepada diri Anda: Selama bulan lalu berapa banyak waktu yang aku lalui bersama pasanganku? Apa saja hal-hal khusus yang aku lakukan untuk memastikan kepada pasanganku bahwa kami tetap sahabat baik? Jika tidak ada atau hanya sedikit usaha Anda untuk mempertahankan pernikahan Anda, pasangan Anda mungkin tidak percaya Anda memiliki komitmen terhadap pernikahan Anda.

  • Ambillah selembar kertas dan tuliskan lima hal ini: uang, pekerjaan, pernikahan, hiburan dan teman. Lalu tuliskan angka di sampingnya yang menunjukkan prioritas pasangan Anda terhadap hal-hal itu. Mintalah pasangan Anda untuk berbuat yang sama. Sesudah selesai tukarlah kertas Anda dengan kertasnya. Jika pasangan Anda merasa bahwa Anda tidak meluangkan cukup waktu dan usaha dalam pernikahan, bahaslah perubahan apa yang perlu Anda buat untuk menguatkan komitmen satu terhadap yang lain. Juga tanyakan kepada diri Anda: Apa yang dapat aku lakukan untuk lebih memperhatikan hal-hal yang penting bagi pasanganku?

  • Advertisement
  • 2. Hindari penyelewengan dalam bentuk apa pun

  • Penyelewengan jasmani tidak terjadi begitu saja. Hal itu mungkin dimulai dengan pikiran yang tidak benar. Memelihara pikiran seperti itu dapat menjurus ke tindakan yang salah. Misalnya Anda tertarik kepada teman sekerja Anda, hindari kontak yang tidak perlu. Jagalah agar hubungan Anda terbatas pada pekerjaan saja. Tidak ada obrolan yang panjang, makan atau belanja bersama di saat jam makan atau di luar jam kerja. Jangan memusatkan perhatian kepada kelebihan orang itu yang tidak dimiliki pasangan Anda. Sebaliknya ingatlah segi-segi positif yang dimiliki pasangan Anda yang membuat Anda jatuh cinta kepadanya dulu.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mempertahankan komitmen dalam pernikahan

Bagaimana Anda mendefinisikan komitmen dalam pernikahan? Banyak yang akan berkata bahwa hal itu muncul karena rasa tanggung jawab. Tetapi untuk menjadi bahagia pasutri perlu merasakan lebih dari tanggung jawab satu kepada yang lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr