Apa saja tanda jika Anda mengalami alergi terhadap kacang tanah?

Jika seseorang terindikasi memiliki riwayat alergi terhadap kacang tanah, para ahli kesehatan cenderung menyarankan agar yang bersangkutan menghindari mengonsumsi segala jenis kacang dan produk olahannya yang dapat menyebabkan alergi menjadi kambuh.

1,503 views   |   9 shares
  • Banyak orang takut mengonsumsi kacang tanah karena dapat menyebabkan alergi. Pada beberapa kasus, menurut penjelasan The National Institute of Allergy and Infectious Disease (NIAID) Amerika, kacang tanah dan beberapa jenis kacang pohon kerap dilaporkan menyebabkan reaksi alergi ringan hingga berat yang dapat membahayakan nyawa.

  • Kacang tanah sebetulnya termasuk ke dalam jenis polong-polongan, tetapi banyak orang dengan alergi kacang juga bereaksi terhadap jenis kacang pohon seperti walnuts, hazelnuts dan kenari. Tidak seperti banyak alergi pada makanan, alergi terhadap kacang seringkali berlangsung seumur hidup.

  • Seseorang yang mengalami alergi terhadap kacang tanah seringkali menunjukkan gejala yang sama, tapi kadang-kadang lebih parah daripada alergi terhadap jenis makanan lainnya. Berikut adalah beberapa tanda jika seseorang mengalami alergi terhadap kacang tanah.

  • Reaksi kulit

  • Menurut laporan dari Immunology and Allergy Clinics of North America, perubahan kulit adalah contoh paling umum dari reaksi alergi terhadap kacang tanah. Reaksi kulit biasanya muncul dalam beberapa menit hingga beberapa jam setelahnya dan dapat bertahan hingga beberapa hari ke depan, seperti: Ruam, kemerahan pada kulit atau urtikaria (istilah medis untuk gatal-gatal), reaksi membran lendir seperti mata berair, konjungtivitis (radang selaput mata), gatal dan bengkak di sekitar mata, pilek, dan sebagainya.

  • Gejala gastrointestinal

  • Gejala gastrointestinal akibat alergi dapat terjadi segera atau dalam kurun waktu beberapa jam setelah mengonsumsi kacang tanah dan produk olahannya. Beberapa gejala gastrointestinal yang kerap terjadi di antaranya adalah pembengkakan pada bibir, lidah, gatal-gatal pada mulut dan tenggorokan, sakit perut, muntah-muntah, hingga diare.

  • Reaksi pada sistem pernafasan

  • Gejala selanjutnya yang umum terjadi setelah seseorang mengonsumsi kacang tanah adalah reaksi pada sistem pernafasan. Gejala berkisar dari bersin-bersin, mengi, sesak nafas dan sakit di sekitar daerah dada. Seseorang yang mengalami gangguan pernafasan selama serangan yang parah mungkin akan merasakan gejala fisik seperti hidung terbakar, kulit berubah kebiru-biruan karena kekurangan oksigen yang biasa disebut dengan sianosis.

  • Anafilaksis

  • Yang paling serius dari reaksi akibat alergi terhadap kacang tanah adalah terjadinya anafilaksis. Anafilaksis adalah reaksi alergi yang berkembang sangat cepat dan dapat mengancam keselamatan. Terjadinya anafilaksis disebabkan oleh adanya pelepasan protein dari jenis sel darah putih yang kemudian menyebabkan tekanan darah yang mengalir ke organ-organ vital mengalami penurunan secara tiba-tiba. Seseorang yang mengalami anafilaksis biasanya akan mengalami beberapa gejala yang berbeda-beda dalam hitungan menit atau jam, seperti: Jantung berdebar, kulit terasa terbakar, diare, sakit kepala, muntah-muntah, kecemasan dan kejang di daerah otot abdomen.

  • Advertisement
  • Pengobatan

  • Hingga sekarang belum ada pengobatan yang pasti untuk mengatasi alergi terhadap kacang tanah. Jika seseorang terindikasi memiliki riwayat alergi terhadap kacang tanah, para ahli kesehatan cenderung menyarankan agar yang bersangkutan menghindari mengonsumsi segala jenis kacang dan produk olahannya yang dapat menyebabkan alergi menjadi kambuh. Namun, dalam kondisi tertentu obat-obatan jenis antihistamin dan injeksi adrenalin dapat dilakukan untuk mengobati alergi yang parah.

  • Alergi terhadap kacang tanah dapat dialami oleh siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan umumnya akan berlangsung seumur hidup. Oleh karena itu, segera konsultasikan kondisi kesehatan Anda bila tiba-tiba tanpa disengaja tubuh Anda bereaksi terhadap salah satu jenis kacang-kacangan agar kesehatan dan keselamatan Anda terjaga.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Apa saja tanda jika Anda mengalami alergi terhadap kacang tanah?

Jika seseorang terindikasi memiliki riwayat alergi terhadap kacang tanah, para ahli kesehatan cenderung menyarankan agar yang bersangkutan menghindari mengonsumsi segala jenis kacang dan produk olahannya yang dapat menyebabkan alergi menjadi kambuh.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr