Merayakan hari jadi pernikahan. Pentingkah?

Menikah artinya menjalani hidup bersama dengan seseorang yang dicintai. Tapi mampukah cinta bertahan begitu lama? Karena itulah rasa cinta harus terus dipupuk, dan merayakan hari jadi pernikahan setiap tahunnya bisa jadi salah satu cara.

2,527 views   |   29 shares
  • Saya dan suami baru saja merayakan hari jadi pernikahan kami yang keenam. Ya, setiap tahun, kami berusaha untuk tetap mengingatnya, dan merayakan dengan cara kami. Tidak pernah dalam bentuk pesta mewah atau bertabur hadiah mahal. Biasanya berupa jalan-jalan berdua, karena kami memang hobi travelling.

  • Bicara soal hari jadi pernikahan, sebetulnya merayakannya penting atau tidak sih?

  • Menurut Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, psikolog yang biasa disapa Nina dari Klinik Terpadu Fakultas Psikologi UI dan Pachealth, sangat penting! Mengapa demikian?

  • The Simpler The Better

  • Hal terpenting dari anniversaryadalah merayakannya dengan mengingat hari spesial tersebut sebagai hari saat Anda dan pasangan dipersatukan lewat lembaga pernikahan. Lebih baik merayakannya dengan sederhana tapi bermakna.

  • Analogi Pohon Raksasa

  • Sebuah pohon raksasa, jika tidak dipupuk maka daunnya akan berguguran dan batang pohon mulai keropos. Begitu juga manusia dan pernikahan, momen istimewa bersama pasangan Anda ibarat pupuk yang bisa memperkuat ikatan Anda dengan suami.

  • Couple Time is A Must

  • Couple timesangat penting agar pasangan bisa berkomunikasi dari hati ke hati. Dengan komunikasi yang terbangun baik, pernikahan pun lebih kuat. Jika hubungan Anda dan si dia bahagia, si kecil juga akan merasakannya.

  • Bring Back The Sweet Memories

  • Perayaan anniversarydapat menjadi momen bagi Anda dan pasangan untuk mengingat kembali perjalanan suka dan duka yang telah dilewati bersama. Selain itu, anniversaryjuga menjadi momen evaluasi bagi hubungan Anda berdua. Utarakanlah perasaan masing – masing tanpa sungkan demi keharmonisan Anda dan pasangan.

  • Jadi, pada dasarnya merayakan hari pernikahan merupakan salah satu wujud mensyukuri apa yang sudah terjadi dalam hidup. "Kita bisa bersyukur dengan pernikahan yang sudah kita jalani," ungkapnya. Psikolog yang punya minat besar terhadap masalah keluarga ini pun menambahkan, kalau merayakan ulang tahun pernikahan juga memberikan kesempatan kita saling meneguhkan komitmen pernikahan.

  • Jadi, tidak ada salahnya juga untuk saling mengingatkan akan hari jadi, satu sama lain karena banyak juga yang bisa dikenang, bukan? "Memang nggak semua suami peka dan ngeh mengenai masalah ini. Kalaupun kita sebagai istri ingin merayakan hari ulang tahun pernikahan, nggak ada salahnya, kok, kasih kode ke suami beberapa hari sebelumnya. Kalau memang suami belum sadar, lebih baik katakan saja. Nggak lucu juga kan kalau malah kesal dan ngambek cuma gara-gara ini?"

  • Advertisement
  • Lebih lanjut, ia memaparkan kalau merayakan ulang tahun pernikahan juga merupakan salah satu wujud ataupun ekspresi kasih sayang. Apabila ada pasangan yang memang sudah terbiasa bahkan setiap hari mengekspresikan rasa sayangnya, mungkin perayaan ulang tahun pernikahan akan dianggap sepele.

  • Sementara kalau saya menganggap hari jadi pernikahan bisa jadi tonggak pengingat pernikahan sudah berlangsung berapa lama, lalu apa saja yang sudah terjadi selama ini? Apakah sudah sesuai dengan harapan? Hal apa saja yang masih kerap memicu pertengkaran? Lalu sudahkah ada solusinya?

  • Seperti pemerintahan, atau perusahaan, pernikahan kan juga lembaga. Meski kecil, namun perannya amat besar, betul? Maka tak ada salahnya juga menjadikan momen hari jadi untuk melakukan instrospeksi dan menganalisa apa yang masih salah lalu bagaimana cara membenarkannya. Ya, seperti momen untuk rapat tahunanlah.

  • Namun ingat, jika ingin menjadikan momen ulang tahun perkawinan sebagai saatnya mengaudit hubungan, harus sama-sama memulainya dengan kepala dingin dan hati tenang. Jangan sampai ulang tahun perkawinan berubah jadi perang dunia ketiga, lho, ya...

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Merayakan hari jadi pernikahan. Pentingkah?

Menikah artinya menjalani hidup bersama dengan seseorang yang dicintai. Tapi mampukah cinta bertahan begitu lama? Karena itulah rasa cinta harus terus dipupuk, dan merayakan hari jadi pernikahan setiap tahunnya bisa jadi salah satu cara.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr