Benarkah 5 tahun pertama merupakan masa terberat dalam pernikahan?

Sebenarnya masa terberat dalam pernikahan bukan hanya terjadi di 5 tahun pertama pernikahan. Masa masa terberat bisa dialami setiap pasangan suami istri kapan pun itu.

17,439 views   |   140 shares
  • Anda pasti akan kagum dan turut bahagia jika dapat melihat kebahagiaan orangtua, keluarga atau kerabat Anda yang bisa merayakan hari ulang tahun pernikahan mereka yang ke-10 tahun, berlanjut ke-25 tahun pernikahan bahkan sampai ke-50 tahun. Tentu saja jika saat ini Anda belum menikah, Anda pasti berharap kelak dapat menemukan jodoh yang tepat dan menjalani pernikahan Anda dengan langgeng sampai menjadi kakek nenek, bahkan jika Tuhan mengizinkan pernikahan Anda akan berakhir hanya karena kematian.

  • Setiap pasangan suami istri yang baru saja ataupun yang telah membina rumah tangganya setelah berpuluh-puluh tahun lamanya pasti akan terus berharap pernikahan mereka awet dan selalu harmonis. Sebenarnya, bisa tidaknya pasangan suami istri menjalani bahtera rumah tangga sampai garis akhir tidak dipengaruhi oleh waktu. Waktu hanya tahap-tahap yang Anda harus lewati bersama pasangan sampai Anda dapat menikmati tujuan pernikahan Anda yang sesungguhnya. Namun saja, dari waktulah Anda bisa menyikapi dan mengetahui bagaimana sebenarnya karakter pasangan yang Anda belum ketahui dan dari waktulah Anda belajar setiap proses kehidupan yang dibutuhkan agar pernikahan yang bahagia Anda berdua miliki.

  • Pernikahan adalah pembelajaran. Setiap hari Anda belajar untuk saling memahami dan mengerti karakter pasangan. Dalam belajar Anda pasti akan menemukan kesulitan layaknya anak sekolah yang terkadang sulit menerima pelajaran dengan baik. Setiap hari Anda harus mampu beradaptasi dengan hubungan pernikahan Anda. Ada kalanya pernikahan Anda mengalami masa-masa sulit yang membutuhkan kerja sama yang baik antara Anda dan pasangan untuk memperbaikinya. Setiap pernikahan pasti mengalaminya. Wajar saja hal tersebut terjadi, karena kurangnya pengetahuan Anda terhadap komponen pernikahan yang bahagia itu.

  • Nah jika ditanyakan kepada beberapa pasangan suami-istri tentang kapan saja mereka mengalami masa-masa terberat dalam pernikahannya?. Kebanyakan pasangan akan menjawab " Masa terberat kami adalah di tahun tahun pertama pernikahan kami. Kurang lebih sekitar 5 tahun pertama usia pernikahan kami". Mendengar pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa masa 5 tahun pertama pernikahan merupakan masa terberat dalam sebuah pernikahan. Benarkah seperti itu?.

  • "5 tahun pertama memang masa-masa transisi bagi saya dan suami untuk saling mengetahui perbedaan karakter kami. Namun itu bukan masa-masa terberat bagi kami, karena saya dan suami telah berkomitmen dari awal pernikahan untuk mengatasi setiap perbedaan atau masalah secara baik-baik tanpa mengeluh dan saling menyakiti. Bagi kami, sesulit atau seberat-beratnya masa yang akan kami lalui nantinya, jika dihadapi dengan sikap positif dan penuh pengertian tentunya masa-masa tersebut akan terasa ringan " (Maharani, 27 tahun, Kediri)

  • Advertisement
  • "Bisa dibilang 5 tahun pertama pernikahan kami memang begitu berat. Bahkan di tahun pertama dan kedua setelah menikah, kami sering cekcok dan berselisih paham. Kami berdua menyadari perbedaan-perbedaan itu muncul setiap harinya dan membuat kami berdua terkadang kecewa satu sama lain, karena jujur saya terlanjur memiliki ekpektasi yang besar terhadap istri saya sebelum menikah. Nah, ketika ekspetasi itu tidak terwujud, maka yang timbul adalah kekecewaan yang bisa berujung pertengkaran. Makanya di awal-awal pernikahan saya terlebih khusus belajar untuk dapat menerima kekurangan dan kelemahan istri saya" (Chris, 40 tahun, Pegawai BUMN kediri).

  • Sebenarnya masa terberat dalam pernikahan bukan hanya terjadi di 5 tahun pertama pernikahan. Masa-masa terberat bisa dialami setiap pasangan suami istri kapan pun itu. Bahkan ada juga pasangan suami istri yang mengalami masa-masa sulit dan berat di usia pernikahan mereka yang sudah sangat lama. Mungkin banyak yang beranggapan pernikahan yang lama tidak akan mengalami masa masa berat, justru masalah yang mereka hadapi akan bertambah banyak seiring bertambahnya usia pernikahan mereka. Namun jika ada yang bilang, 5 tahun pertama pernikahan adalah masa-masa terberat, itu benar juga. Karena pada masa-masa tersebut Anda dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kebiasaan- kebiasaan pasangan yang mungkin membuat Anda tidak nyaman, belajar beradapatasi dengan mertua dan keluarga dari pasangan Anda, belajar untuk perlahan-lahan melepaskan gaya hidup lajang, belajar mengatur keuangan secara bersama, dan belajar menjalani hidup bersama.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Benarkah 5 tahun pertama merupakan masa terberat dalam pernikahan?

Sebenarnya masa terberat dalam pernikahan bukan hanya terjadi di 5 tahun pertama pernikahan. Masa masa terberat bisa dialami setiap pasangan suami istri kapan pun itu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr