Jangan gegabah menentukan calon pendamping hidup

Kepribadian dan karakter harus diletakkan di atas segala atribut fisik, dan hal ini harus menjadi fokus utama kita dalam mempertimbangkan seseorang sebagai pasangan yang potensial.

6,203 views   |   72 shares
  • Kita semua tahu dampak buruk dari setiap kekerasan dalam rumah tangga dan kerap bertanya-tanya bagaimana pasangan yang saling mencintai bisa berbuat sejauh itu hingga melakukan kekerasan.Bukalah mata Anda. Kekerasan dapat dialami oleh siapa saja dan dimana saja, bahkan mungkin dalam ruang lingkup keluarga dan kerabat Anda. Saya menyadari hal ini ketika sahabat saya menceritakannya beberapa waktu lalu.

  • Menenggok kembali ke waktu disaat saya dan sahabat saya tersebut masih muda dulu. Kami memiliki impian dan harapan sebuah pernikahan layaknya kisah dongeng yang berakhir bahagia. Walau pada akhirnya kami menyadari bahwa harapan tersebut tidaklah nyata, tetap tidak pernah terbersit dalam pikiran bahwa salah satu dari kami akan berakhir dengan pengalaman hidup yang mengerikan akibat kekerasan di dalam rumah tangga.

  • Tentunya semua pasangan memulai hubungan dengan niat dan harapan akan hasil yang baik. Sayangnya sering juga terjadi kedua pasangan kesulitan menyatukan keinginan yang berbeda atau tidak berada pada arah tujuan hidup yang sama seperti yang diharapkan.

  • Namun jika hal itu berujung pada sebuah kekerasan, menghilangkan rasa aman dan integritas dalam sebuah hubungan serta menghancurkan rasa percaya diri pasangan, sudah sepatutnya Anda memiliki keberanian untuk berbicara dan menolak untuk keadaan tersebut.

  • Tidak jarang seseorang yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga tidak hanya terluka secara fisik, namun juga secara psikologi. Beberapa bahkan mengalami trauma yang cukup mendalam hingga sulit bangkit dan membuka hatinya untuk mempercayai orang lain lagi.

  • Lalu jika Anda atau teman Anda juga menjadi korban, bagaimana sebaiknya menghindari atau mengakhiri momok mengerikan ini? Langkah pertama adalah dengan mengevaluasi diri masing-masing, bagaimana kita menginginkan hubungan tersebut lebih jauh. Selalu hargai diri Anda sendiri dan jangan biarkan kekerasan tersebut berlarut-larut hanya dengan alasan 'cinta'.

  • Sebelum melangkah lebih jauh memutuskan ingin menikah, sebaiknya Anda sudah mengevaluasi cara berpikir dalam menentukan kriteria pribadi yang Anda pilih untuk menjadi pedamping hidup kelak sebelum salah memilih dan menyesal di kemudian hari. Kepribadian dan karakter harus diletakkkan di atas segala atribut fisik. Hal ini wajib menjadi fokus utama dalam mempertimbangkan seseorang sebagai pasangan ideal.

  • Setiap orang berhak dicintai, namun lebih dari itu setiap orang berhak dihargai dan diperlakukan dengan baik. Jika Anda sedang menghadapi situasi sulit itu sendiri, carilah pertolongan orang-orang di sekitar Anda untuk membantu Anda melewati masalah ini bersama-sama.

  • Advertisement
  • Semoga Anda sekalian diberkati dengan kebijaksanaan untuk mampu melakukan hal yang benar sesuai dengan keadaan yang saat ini sedang Anda alami. Harapan saya semoga tulisan ini mampu membantu seseorang di luar sana yang sedang mengalami.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Jangan gegabah menentukan calon pendamping hidup

Kepribadian dan karakter harus diletakkan di atas segala atribut fisik, dan hal ini harus menjadi fokus utama kita dalam mempertimbangkan seseorang sebagai pasangan yang potensial.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr