Pentingnya memahami perilaku anak untuk menggali potensinya

Memahami perilaku anak di tiap perkembangannya akan membantu orang tua memenuhi kebutuhan si anak dengan lebih baik

1,018 views   |   6 shares
  • Maraknya kenakalan remaja dewasa ini tidak lepas dari karakter perilaku yang terbentuk lewat pola pengasuhan orang tua serta budaya lingkungan dan masyarakat sekitar. Oleh karenanya penting bagi Anda sebagai orang tua memahami perilaku anak Anda untuk membantu mengatasi kebutuhan perkembangan mereka. Departemen Psikologi Universitas Arizona, Amerika Serikat mengemukakan, dengan memahami perilaku anak mampu membantu orang tua mengenali potensi perilaku tidak normal dan segera mengarahkan sebelum masalah yang mereka hadapi menjadi lebih serius.

  • Memahami kebutuhan anak

  • Tanpa sebuah pemahaman yang jelas akan dasar-dasar perilaku anak dan remaja, sangat sulit bagi orang tua memenuhi kebutuhan emosional anak muda. Oleh karena di tiap tahap perkembangan usia terjadi perubahan perilaku yang terjadi relatif cepat.

  • Memahami perilaku anak mampu membantu orang tua mencari tahu apa saja kebutuhan sosial dan emosional anak tersebut. Contohnya, memahami bahwa balita sangat membutuhkan perlindungan dari kedua orang tuanya dapat membantu Anda mengatasi kecemasan sesuai dengan tahap perkembangan mentalnya dengan cara yang tepat.

  • Membekali diri dengan pengetahuan

  • Memiliki pengetahuan tentang anak dan perilaku remaja dapat membantu orang tua memahami sudut pandang anak dan perilaku mereka. Hal ini dapat membantu Anda berempati dengan keadaan anak dan membantu Anda memahami konsep mengapa ia bertindak dengan cara-cara tertentu.

  • Sebagai contoh, memahami bahwa para remaja kerap mengalami krisis identitas dapat membantu para orang tua memahami mengapa anak remaja kerap ingin mencoba mengenakan gaya baru dalam berpakaian, musik dan gaya hidup serta mengapa pendapat mereka kerap kali berubah dengan cepat.

  • Memantau perkembangan

  • Dengan memahami perilaku anak, orang tua mampu mengawasi dengan lebih baik anak-anak mereka dan memastikan terpenuhinya segala kebutuhan sesuai dengan tahap perkembangannya.

  • Sebagai contoh: Cukup normal bagi balita yang sedang putus asa memukul dan menendang orang lain, sebab mereka tidak memiliki kemampuan mengutarakan perasaannya. Perilaku yang sama juga terjadi pada anak usia sekolah dasar, bisa menjadi pertanda dari kondisi emosional dan psikologisnya. Dengan demikian, memahami perilaku anak mampu membantu orang tua mengidentifikasi apakah anak-anak menghadapi masalah dalam usaha mengatasi perilaku serta emosional mereka.

  • Disiplin dan pola pengasuhan

  • Memahami anak dan perilaku remaja mampu membantu orang tua membuat peraturan, batasan dan strategi disipilin yang sesuai untuk usia setiap anak. Sebagai contoh, memahami bahwa normal bagi seorang anak atau remaja untuk menjadi egois dan fokus pada kebutuhan diri mereka sendiri di atas kebutuhan orang lain. Dengan memahami ini, orang tua diharapkan tidak menetapkan harapan tertentu pada anak dimana kemungkinan mereka tidak memiliki kemampuan untuk mencapainya.

  • Advertisement
  • Memahami perilaku anak dan merumuskan strategi pengasuhan yang cocok mampu membentuk seorang anak menjadi berhasil. Ketika orang tua memahami perilaku dan tingkat perkembangan setiap anak, mereka akan mampu dengan lebih baik mengenali potensi dan membentuk karakter anak yang tangguh.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Pentingnya memahami perilaku anak untuk menggali potensinya

Memahami perilaku anak di tiap perkembangannya akan membantu orang tua memenuhi kebutuhan si anak dengan lebih baik
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr