6 hal yang tidak boleh dilakukan kepada bayi yang baru lahir

Saat yang Anda tunggu-tunggu akhirnya tiba, seiring dengan ratusan nasihat, pertanyaan dan saran. Semua info ini membuat Anda bertanya-tanya "Apa yang tidak boleh saya lakukan kepada bayi saya?"

61,588 views   |   240 shares
  • Akhirnya dia lahir! Dan dia begitu imut-imut, tetapi sangat tidak berdaya dan rapuh. Tanggung jawab mengurus bayi yang baru lahir dapat menjadi beban berat bagi orangtua, baik ini anak pertama, kedua atau kedelapan. Bayi merupakan hadiah dari surga, selalu membawa sukacita dan rasa nyaman di rumah Anda. Namun yang penting Anda tahu apa yang harus Anda perbuat dengan bayi Anda supaya dia tetap aman dan nyaman.

  • Jangan biarkan setiap orang mencium bayi Anda

  • Kedengarannya seperti petuah nenek-nenek, tetapi ini benar. Selama minggu pertama seorang bayi, terkena bakteria dan kuman dapat menjadi masalah serius bagi bayi. Ciuman (dan tangan yang tidak dicuci) dapat mendatangkan penyakit yang tidak diinginkan, karena sistem kekebalan tubuh mereka belum cukup mampu untuk melindungi tubuh mereka dari penyakit. Sebagai orangtua mintalah orang untuk tidak mencium bayi yang baru lahir, menyuci tangan sebelum memegangnya dan jangan datang bila mereka sedang sakit. Hindari tempat keramaian di mana ada kemungkinan besar mereka jatuh sakit. Tak lama lagi mereka akan siap untuk bepergian, tetapi Anda perlu bersabar dulu.

  • Jangan mengubah jadwal di rumah

  • Bayi Anda mungkin perlu banyak perhatian, tetapi usahakan untuk tidak mengubah jadwal semua orang lain di rumah. Jangan menutup jendela atau tirainya di siang hari supaya bayi dapat tidur lebih lelap. Anda tidak perlu menyuruh orang berhenti mengobrol, nonton teve, atau mendengarkan radio karena bayi sedang tidur. Di petang hari cobalah untuk menjalankan hal-hal rutin. Suruhlah yang lain tidur dan matikan lampu seperti biasanya sehingga bayi terbiasa dengan hal-hal rutin. Jangan kuatir kalau dia mempunyai saudara-saudara yang berisik; makin cepat bayi terbiasa dengan suara berisik, makin lelap tidurnya, tidak peduli jam berapa.

  • Jangan biarkan popok kotor terlalu lama

  • Tampaknya hal ini tidak perlu diajarkan, tetapi penting untuk diingat. Bayi yang baru lahir buang air dan kotoran lebih banyak daripada bayi umur 6 bulan. Ini berarti bayi yang baru lahir harus diganti popoknya lebih sering (dan perlu makan lebih sering juga). Periksalah popoknya secara teratur untuk memastikan tetap bersih. Ini juga mengurangi kemungkinan kena penyakit kulit.

  • Dot penenang/empeng

  • Bayi lahir dengan naluri untuk mengisap, dan asi adalah makanan terbaik buat dia. Mengisap empeng terlalu dini dapat mengganggu jadwal makannya. Bayi Anda terbiasa dengan kehangatan tubuh, detak jantung dan bau Anda—menetek adalah kenyamanan bagi bayi. Tentu saja tidak semua ibu punya asi, dan janganlah merasa bersalah dengan keadaan ini. Jika bayi Anda perlu minum susu dari botol, ikutilah nasihat dokter. Jangan lupa mencuci botol dan dot dengan air mendidih sebelum memakainya.

  • Advertisement
  • Baju yang sepantasnya

  • Bayi kecil mungkin terasa dingin, tetapi jangan memberi baju berlebihan. Baju yang terlalu tebal dapat menyebabkan suhu badan panas dan dehidrasi. Berilah baju berlapis sehingga gampang ditambah atau dicopot untuk menyesuaikan diri dengan temperatur udara di sekelilingnya.

  • Jangan lupa jadwal ke dokter

  • Hujan atau panas, siang atau malam, bawalah bayi kecil Anda ke dokter bila ada masalah. Jadwalkan kunjungan ke dokter secara teratur, jangan lupa dengan jadwal itu. Sebagai orangtua Anda mungkin kuatir akan sesuatu yang normal, tetapi hanya dokter yang dapat memastikan. Dokter mampu membedakan sesuatu yang normal dari yang tidak normal.

  • Daftar ini dapat lebih panjang, tetapi hal-hal di atas cukup untuk diingat sewaktu Anda menimang si kecil. Tidak ada yang lebih berharga daripada bayi yang baru lahir, bukan?

  • Diterjemahkan dan disadur oleh Irma Shalimar dari "6 things you should never do with a new born" karya Michele Coronetti

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

6 hal yang tidak boleh dilakukan kepada bayi yang baru lahir

Saat yang Anda tunggu-tunggu akhirnya tiba, seiring dengan ratusan nasihat, pertanyaan dan saran. Semua info ini membuat Anda bertanya-tanya "Apa yang tidak boleh saya lakukan kepada bayi saya?"
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr