Jurang rahasia antara suami dan istri

Hidup bersama dengan suami istri, pada prinsipnya harus dijalani dengan kejujuran dan keterbukaan. Lalu bagaimana jika kemudian ada rahasia di antara pasangan? Wajarkah hal itu?

2,439 views   |   52 shares
  • Sudah berapa lama Anda dan pasangan menikah? Lalu sudah berapa banyak rahasia yang Anda simpan sendiri, atau bahkan Anda bagi dengan orang lain, selain pasangan?

  • Wajarkah jika pasangan suami istri saling menyimpan rahasia satu sama lain?

  • Nampaknya cukup mengherankan jika suami istri, yang telah mengikat janji untuk sehidup semati, menutup-nutupi sesuatu. Ketidakterbukaan ini bisa dalam bentuk gadget yang diberi password dan tidak diberitahukan pada pasangan, senyum-senyum sendiri saat menghadap laptop, menghindar saat menerima telepon, dan sikap-sikap "aneh" lainnya.

  • Hal ini juga diungkapkan dalam buku Rumah Tangga Surga tulisan Ikhsanun Kamil dan Foezi Citra Cuaca. Tentu amat aneh bila sepasang manusia yang berkomitmen untuk sehati, mulai menutup-nutupi sesuatu. "Ngomong-ngomong pada masa sekolah dulu tentu kita memiliki sahabat yang selalu kita curahi apa yang kita rasakan, perasaan kepada seseorang, ketidaksukaan kepada salah satu guru, peliknya permasalahan keluarga, mimpi masa depan, dan rahasia-rahasia lainnya."

  • Sebaliknya, rahasia-rahasia itu kita tutup rapat dari "musuh" kita. Tak terbayang betapa malu, jika "musuh" mengetahui siapa yang kita sukai. Peliknya kondisi keluarga kita, mungkin bisa menjadi bahan bullying mereka kepada kita. Kita berusaha menjaga rahasia dan aib kita tidak bocor kepada orang yang salah.

  • "Nah, Anda tentu sudah mulai mendapatkan gambaran mengapa seorang suami atau istri mulai tertutup kepada pasangannya? Ya, itu merupakan tanda ketidaknyamanan dan ketidakdekatan. Suami atau istri merasa tidak nyaman dengan pasangannya." Kata buku yang membahas soal konflik rumah tangga ini.

  • Benar juga ya? tanpa disadari ada jarak antara suami dan istri. Salah satunya adalah perubahan sosok dari yang tadinya kekasih tercinta, menjadi "musuh" yang paling ditakuti. Wah.

  • Jika masing-masing mulai menyadari bahwa rahasia sudah mulai hadir di tengah hubungan, namun mendiamkan atau bahkan direspons secara emosional, sangat mungkin jarak antara suami dan istri akan semakin jauh. Meskipun mereka tinggal di rumah yang sama, makan minum di meja yang sama serta tidur di kamar yang sama.

  • Yang lebih mengerikan adalah, jika dalam situasi dingin seperti ini, tiba-tiba ada pihak luar yang menawarkan "jasa" berupa kenyamanan yang tidak bisa dipenuhi oleh pasangannya. Ini akan menyebabkan kondisi rumah tangga menjadi berbahaya, bukan?

  • Lalu tahukah Anda, salah satu alasan dalam rumah tangga mulai terbentuk rahasia di antaranya, bukan selalu karena pasangan tidak saling mencinta, melainkan karena kedekatan yang tidak terjalin akibat tidak terpenuhinya kebutuhan utama masing-masing? Kebutuhan batin manusia seperti kasih sayang, diakui, dihargai, merasa nyaman dan aman, dibimbing ke jalan yang benar, didengarkan, dimanja dan berbagai kebutuhan lainnya yang bersifat emosional dan spiritual. Hal ini tentu menipiskan rasa percaya satu sama lain.

  • Advertisement
  • Ya, sebab, sependiam ap apun seorang manusia, ia tetap butuh didengar. Karena hal ini merupakan salah satu kebutuhan utama manusia, layaknya makan. Dengan didengarkan, seseorang akan merasa bahwa dirinya diakui. Dengan diakui, ia merasa bahwa eksistensi dirinya dianggap. Didengarkan menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia.

  • Buku ini juga menjelaskan; secuek apa pun suami, ia sebetulnya butuh didengarkan. Ia butuh mengeluh akan lelahnya bekerja, ia butuh mengeluh tentang tingkah laku istri yang dirasa tidak nyaman, ia perlu mengungkapkan kebutuhannya di atas ranjang, ia butuh untuk menjadi "bayi besar": yang kemanjaannya bisa lebih besar daripada anak-anak. Ia butuh untuk mengungkapkan hal-hal yang seolah sepele tapi menyenangkan.

  • Begitu juga dengan istri. Ia sangat butuh untuk didengarkan suami. Ia butuh mengeluh lelahnya bekerja di rumah mengurus kerewelan anak, lelahnya bekerja, ia butuh mengungkapkan rasa tidak nyaman saat berhubungan seks, ia butuh untuk didengarkan tanpa disela tentang hal-hal kecil yang baginya penting untuk diketahui suaminya.

  • Didengar adalah salah satunya. Jika pasangan saling mendekat dan semakin mengenal, maka segala kebutuhan tersebut akan saling terpenuhi. Dan jika semua itu sudah tercapai, lalu pasangan merasa aman nyaman dengan Anda, tanpa perlu diminta lagi, ia pasti akan terbuka dengan Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Jurang rahasia antara suami dan istri

Hidup bersama dengan suami istri, pada prinsipnya harus dijalani dengan kejujuran dan keterbukaan. Lalu bagaimana jika kemudian ada rahasia di antara pasangan? Wajarkah hal itu?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr