Hanya Pertengkaran Biasa? Bagaimana Mengetahui Inilah Waktunya untuk Menemui Konseling Pernikahan

Saya merekomedasikan konseling pernikahan bagi siapa pun yang dalam komitmen serius dalam berhubungan, entah itu tampak bermasalah atau tidak.

1,442 views   |   shares
  • Saya merekomedasikan konseling pernikahan bagi siapa pun yang sedang mengalami masalah serius ataupun tidak dalam pernikahan. Saya bahkan merekomendasikan pasangan untuk menemui konseling pernikahan sebelum mereka menikah untuk memperoleh gambaran sebelum mengambil suatu resiko. Sayangnya, statistik mengenai pasangan yang pergi ke konseling pernikahan sangat kecil. Kenyataannya adalah pada waktu kebanyakan pasangan mencari bantuan profesional, hubungan mereka pada dasarnya sudah berakhir. Ini menyedihkan. Bagaimanapun juga, putus asa dan krisis dapat dihindari jika tanda peringatan dideteksi lebih awal dan ditangani dengan serius.

  • Jadi bagaimana Anda mengetahui jika Anda dan pasangan Anda sedang berada di tengah-tengah percekcokan atau benar-benar perlu untuk mempertimbangkan membuat janji dengan konseling pernikahan?

  • Frekuensi

  • Seperti apakah pertengkaran ini, argumen atau pertengkaran yang berkala atau terus-menerus? Jika itu tampak muncul berulang-ulang, atau bahkan setiap hari, ada dinamika konflik dalam hubungan Anda yang berkelanjutan daripada terselesaikan. Anda dan pasangan Anda bermain untuk tim yang sama, bukan di sisi lawan. Jika mudah untuk melupakannya, konseling mungkin perlu untuk mengingatkan Anda.

  • Fokus

  • Apakah pertengkaran terjadi karena topik yang sama, sebutkan apa saja yang menyebabkan itu, atau apakah itu menyelinap masuk ke dalam konflik lama yang tak terselesaikan? Jika fokus pertengkaran relevan dengan apa yang baru saja terjadi, Anda dapat mengatakan bahwa Anda sedang menghadapi pertengkaran. Namun sewaktu hubungan terus bergejolak, biasanya Anda bertengkar mengenai suatu yang berbeda (lebih dalam) dari masalah saat itu. Dan pertengkaran terkini adalah hanya pemicu dari masalah lama yang telah membusuk. Jika pertengkaran menuntun ke pertanyaan “Apa sih yang kita pertengkarkan?” dan “Bagaimana ini ada kaitannya dengan hal itu?”, Anda mungkin perlu bantuan pihak ketiga untuk menyelesaikan masalah ini.

  • Resolusi

  • Pada akhir dari pertengkaran, atau bahkan hanya perdebatan kecil, apakah masalah diselesaikan? Atau itu terus berlanjut tak peduli seberapa sering konfrontasi terjadi? Ketika ketidaksepahaman berlanjut terus-menerus tanpa sebuah resolusi, tidak peduli seberapa sering Anda berpikir atau berharap ini akan menjadi yang terakhir, sesuatu terjebak di situ dan perlu seorang profesional untuk mendorongnya ke luar.

  • Kesantunan

  • Apakah konfrontasi Anda tak terkendali? Apakah ada serangan pribadi? Semacam emosi, perkataan, atau secara fisik atau yang lain? Apakah Anda atau pasangan Anda merasa direndahkan, atau tidak diperlakukan secara manusiawi atau seperti tidur dengan musuh Anda setelah genjatan senjata? Seberapa baik Anda berdua mengatasi diri Anda sendiri di tengah-tengah pertempuran emosi dapat menentukan apakah Anda memerlukan perawatan atau tidak.

  • Advertisement
  • Lelah bertengkar dapat serupa dengan Anda tiba di satu titik di mana Anda tidak bertengkar, atau lebih buruk, tidak peduli lagi. Ini juga merupakan waktu untuk menemukan seseorang yang dapat menghubungkan Anda kembali dan menghidupkan kembali percikan asmara yang mempersatukan Anda berdua akan terjadi dengan sendirinya.

  • Pencapaian

  • Apa yang dicapai selama masa konflik? Apakah Anda dinaungi kesedihan, bersikaplah jujur terhadap pasangan Anda dan pasangan Anda, berfokus pada membangun dan memperkuat hubungan atau masalah akan datang dan pergi silih berganti. Jangan pernah menggunakan perdebatan sebagai hiburan. Itu akan mengikis integritas dan kesenangan dari yang Anda kasihi dan hubungan Anda. Temukan cara yang sehat untuk berinteraksi dengan orang lain dan menunjukkan kemesraan. Konseling pernikahan adalah bagus untuk ini.

  • Gencatan senjata

  • Ketenangan sebelum badai dapat menjadi waktu yang menakutkan akan perang yang akan terjadi. Perang itu tidak akan terjadi jika satu atau kedua pasangan mengakui dan menolak untuk berurusan dengan yang lain dalam cara apa pun yang bermakna. Perdebatan, seperti percakapan, adalah dua arah. Ketika satu pasangan mulai mengabaikan atau tidak ikut campur, inilah saatnya memanggil bantuan.

  • Konseling hubungan dan pernikahan adalah bermanfaat dalam berbagai hal. Jika Anda dalam hubungan yang bahagia, sehat, dan penuh kasih dengan pasangan Anda, konseling akan mengajar Anda alasan dan memberi Anda peralatan untuk kembali ke jalur yang tepat seandainya ada penyimpangan. Jika rumah Anda adalah medan pertempuran, itu dapat membantu Anda meletakkan senjata, penjaga dan pertahanan Anda. Itu juga akan membuka Anda dan pasangan Anda untuk saling mencintai lagi dalam cara yang sehat. Konseling mengajar Anda mengenai diri Anda sendiri, seperti juga akan mengajar Anda tentang orang lain. Dan bagaimana cara terbaik untuk saling menghargai dan berbagi hidup. Keterampilan dan gagasan-gagasan yang dipelajari akan sangat berharga dalam memajukan perkembangan hubungan Anda dan pasangan Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "Just a fight? How to tell when it's time for marriage counseling" karya Georgia Lee.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Georgia D. Lee is a graduate of the University of Miami School of Business and founder of www.Spiritual-Life-Skills.com, a multimedia self-help, self-actualization, spiritual education and personal empowerment system.

Hanya Pertengkaran Biasa? Bagaimana Mengetahui Inilah Waktunya untuk Menemui Konseling Pernikahan

Saya merekomedasikan konseling pernikahan bagi siapa pun yang dalam komitmen serius dalam berhubungan, entah itu tampak bermasalah atau tidak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr