Selamatkan generasi sekarang yang mulai malas membaca

Tetapi sayangnya anak – anak zaman sekarang enggan untuk membaca buku – buku dan memilih untuk memainkan gadget dan peralatan games mereka.

1,375 views   |   60 shares
  • Membaca adalah kemampuan dasar yang dimiliki oleh manusia dalam hidupnya. Dengan membaca tentunya banyak hal baru yang dapat kita temukan dan pelajari, sehingga membaca memiliki peran yang cukup penting dalam proses perkembangan ilmu kita. Tetapi sayangnya anak – anak zaman sekarang enggan untuk membaca buku – buku dan memilih untuk memainkan gadget dan peralatan gamesmereka. Sedih rasanya kita melihat fenomena seperti ini, memang perangkat elektronik sekarang banyak menawarkan berbagai hal yang menyenangkan. Sempat timbul pertanyaan, " apakah kita yang salah mendidik anak kita sehingga menjadi seperti ini? ". Tentu hal ini menjadi perhatian dan pemasalahn kita bukan? Lalu bagaimana kita dapat mengajarkan anak – anak kita agar minat untuk membaca?

  • 1. Mendongeng

  • Mungkin tip ini sedikit berbeda, dengan mendongeng kita bisa mengukur seberapa perhatian mereka (anak – anak) memperhatikan dongeng kita. Bacakan sebuah dongeng dengan semenarik mungkin agar mereka mau memperhatikan. Mudah-mudahan anak akan menjadi penasaran dengan dongeng tersebut dan karena kepenasaran mereka, mereka jadi ingin membaca buku dongeng tersebut.

  • 2. Jangan paksakan anak untuk membaca buku tertentu tetapi biarkan dia memilih

  • Sebuah buku akan efektif masuk ke dalam pikiran seseorang jika buku tersebut sesuai dengan kemampuan membaca seseorang juga faktor usianya. Saat kita berkunjung ke toko buku atau perpustakaan kota, beri kesempatan kepada anak untuk memilih buku bacaan yang memang cocok untuk dia, hal ini akan memupuk minat membacanya lebih lagi. Memang anak – anak akan suka membaca buku yang bergambar dan menarik untuk dibacanya. Jangan terlalu paksakan anak – anak untuk membaca buku yang terlalu berat untuk dibacanya.

  • 3. Jadikan diri Anda sebagai panutan anak

  • Anak-anak adalah peniru yang hebat. Oleh karena itu berikan contoh yang baik saat ini, tunjukan prilaku gemar membaca di depan anak kita. Tentu hal ini akan membuat otak mereka bekerja untuk meniru tindakan orang sekitar yang suka membaca. Memang butuh proses, tetapi lama kelamaan mereka akan terbiasa dengan gaya hidup orang sekitarnya yang suka membaca.

  • 4. Mendampingi anak saat bermain internet

  • Internet adalah media membaca yang paling mudah dan murah . Dengan adanya internet kita lebih mudah untuk mencari sebuah informasi. Mendampingi anak dalam berselancar ria di internet adalah tindakan yang perlu kita lakukan, memngarahkan anak untuk membuka situs – situs yang menututnya untuk membaca adalah bentuk upaya kita menanamkan gemar membaca sejak dini. Mendampingi anak saat bermain internet juga menjaga agar anak – anak membuka situs yang baik untuknya.

  • Advertisement
  • 5. Buat tempat membaca yang nyaman

  • Tempat di mana kita membaca sangat mempengaruhi mood kita untuk membaca. Anak – anak juga tidak terlepas dari pengaruh ini. Tidak ada salahnya untuk membuat ruang perpustakan kecil di rumah kita, membuat rak – rak buku yang menarik perhatian mereka, dan juga keadaan ruangan yang baik.

  • 6. Batasi Anda dalam menggunakan media elektronik atau peralatan game mereka

  • Anak – anak berhak menikmati media elektronik dan game mereka, tetapi jangan biarkan anak – anak terjerumus terlalu dalam sampai menghabiskan waktu untuk bermain saja. Hendaknya orangtua bertindak dengan tegas tanpa harus marah kepada anak. Jika perlu buatkan jadwal keseharian mereka. Hal ini kita lakukan untuk mengatur waktu yang dimiliki anak kita dapat dimanfaatkan dengan baik, seperti untuk membaca buku.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Selamatkan generasi sekarang yang mulai malas membaca

Tetapi sayangnya anak – anak zaman sekarang enggan untuk membaca buku – buku dan memilih untuk memainkan gadget dan peralatan games mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr