Blighted Ovum (BO) atau kehamilan kosong yang kerap bikin galau

Blighted Ovum adalah sebuah kondisi di mana seorang wanita merasa dirinya hamil, tetapi tidak ada bayi di dalam rahimnya.

2,266 views   |   26 shares
  • Pada zaman dahulu ketika ada seorang ibu hamil kehilangan janinnya secara tiba-tiba masyarakat kerap mengaitkannya dengan hal-hal berbau mistis yang sulit diterima oleh akal sehat. Namun, saat ini dunia medis telah berkembang dengan pesat dan para ahli kesehatan mampu menjelaskan fenomena tersebut sebagai _Blighted Ovum_atau biasa disebut sebagai kehamilan kosong.

  • Bagi pasangan menikah kehamilan kosong tentu menjadi kabar yang sangat menyedihkan. Dan semoga, melalui artikel ini setiap orang menjadi paham dan tahu apa yang harus dilakukan saat mengalaminya.

  • Apa itu Blighted Ovum?

  • Menurut penjelasan Dr. Merry Vincentia Sp.OG dari rumah sakit Panti Rapih, _Blighted Ovum adalah sebuah kondisi di mana seorang wanita merasa dirinya hamil, tetapi tidak ada bayi di dalam rahimnya. Padahal, seorang wanita yang mengalami __Blighted Ovum__ juga merasakan gejala kehamilan yang sama seperti terlambat datang bulan, muntah-muntah, perut terasa mual, hilangnya nafsu makan, payudara mengeras, terjadi pembesaran pada perut bagian bawah, dan bahkan ketika dilakukan pemeriksaan menggunakan TestPack_ ataupun laboratorium hasilnya juga positif.

  • Penyebab Blighted Ovum

  • Hingga saat ini belum bisa diketahui secara pasti apa penyebab terjadinya Blighted Ovum.Namun, dari beberapa pengalaman klinis yang pernah ditangani oleh Dr. Merry, terjadinya _Blighted Ovum_bisa diakibatkan oleh beberapa kondisi kesehatan di bawah ini:

    1. Akibat adanya kelainan kromosom pada saat proses pembentukan janin

    2. Akibat sel telur berada dalam kondisi kurang baik saat dibuahi oleh sperma atau sebaliknya

    3. Akibat infeksi Rubella, TORCH, penyakit diabets, streptokokus atau kelainan imunologi

    4. Usia ibu saat mengandung

    5. Pembelahan sel yang abnormal

  • Ciri-ciriBlighted Ovum

  • Seorang sahabat yang pernah mengalami _Blighted Ovum menjelaskan, "Ketika kandungan istrinya memasuki usia 3 bulan ada tanda-tanda aneh yang dirasakan seperti mengalami flek secara terus-menerus serta kram perut. Khawatir dengan kondisi kesehatan janinnya dia memutuskan untuk segera memeriksakan istrinya ke dokter. Dan betul saja, saat dilakukan USG dokter yang ketika itu menangani sama sekali tidak menemukan denyut jantung janin di dalam rahimnya. Dokter kemudian menyarankan agar segera melakukan tindakan kuretase_ supaya sisa hasil konsepsi yang gagal dari dalam rahim tidak menganggu kesehatan si ibu.

  • Advertisement
  • Apa yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya Blighted Ovum?

  • Untuk mencegah terjadinya _Blighted Ovum_ada beberapa langkah yang disarankan seperti melakukan imunisasi rubella saat memutuskan untuk hamil, melakukan pemeriksaan TORCH, mengendalikan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, melakukan pemeriksaan kromosom bagi ibu yang berencana hamil di atas usia 35 tahun, menghentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, dan selalu menerapkan pola hidup sehat.

  • Apa yang harus dilakukan ketika mengalami Blighted Ovum?

  • Kendati _Blighted Ovumtidak berbahaya bagi kesehatan ibu, tetapi hal ini tetap harus diwaspadai. Segera kunjungi dokter dan konsultasikan keadaan Anda supaya bisa diketahui penyebab dan bisa dicarikan cara untuk mengatasinya. Namun, bagi Anda yang pernah mengalami __Blighted Ovum___sebelumnya jangan khawatir karena Anda tetap memiliki kesempatan untuk hamil lagi. Hanya selanjutnya jaga gaya hidup Anda, jaga agar berat badan Anda tetap ideal, konsumsi makanan sehat, perbanyak olahraga dan hindari stres, dengan demikian semoga harapan untuk bisa menimang buah hati segera menjadi kenyataan.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Blighted Ovum (BO) atau kehamilan kosong yang kerap bikin galau

Blighted Ovum adalah sebuah kondisi di mana seorang wanita merasa dirinya hamil, tetapi tidak ada bayi di dalam rahimnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr