Pendarahan di hidung. Bagaimana mencegah dan mengatasinya?

Jangan menengadahkan kepala ke atas karena darah yang keluar dapat masuk kembali ke dalam hidung sehingga menyebabkan kesulitan bernapas.

1,668 views   |   23 shares
  • Pertama kali mengalami mimisan beberapa waktu yang lalu masih membekas dalam benak saya. Memang tidak fatal tetapi darah yang mengalir deras secara tiba-tiba dari hidung nampak sangat mengerikan sekali. Seorang teman menyarankan mendongakkan kepala ke atas agar mimisan segera berhenti, tapi apa yang terjadi malah sebaliknya darah justru masuk ke dalam saluran pernapasan dan menyekat tenggorokan hingga membuat saya merasa mual dan ingin muntah. Namun, selang 15 menit kemudian tiba-tiba mimisan yang saya alami berhenti dengan sendirinya tanpa meninggalkan rasa sakit sedikitpun di dalam hidung saya.

  • Kejadian mimisan yang pernah saya alami mungkin juga pernah dialami oleh Anda. Akan tetapi, pernahkah Anda bertanya-tanya apa sebetulnya yang menjadi penyebab terjadinya mimisan secara tiba-tiba? Sebuah artikel yang membahas mengenai penyebab mimisan dari seorang dokter bernama Endarwati memberikan penjelasannya.

  • "Secara umum mimisan atau epistaksis yang dialami oleh seseorang dibagi ke dalam dua jenis, yaitu Anterior dan Posterior. Anterior adalah yang paling banyak diderita karena adanya pendarahan pada bagian depan hidung. Sedangkan mimisan Posterior sangat jarang terjadi dan memiliki kondisi yang lebih serius karena adanya pendarahan pembuluh darah yang terjadi di dalam rongga hidung dan cenderung lebih sulit untuk disembuhkan."

  • Pada dasarnya setiap orang bisa mengalami mimisan. Namun demikian, beberapa kelompok usia tertentu memiliki faktor cukup tinggi untuk mengalaminya, seperti: anak-anak, para lanjut usia, ibu hamil, pemakai obat-obatan antikogulan, penderita hipertensi dan penderita kelainan darah (hemofilia).

  • Apa yang harus dilakukan ketika mengalami mimisan?

  • Jika Anda mengalami mimisan, jangan panik atau bahkan melakukan tindak-tindakan yang justru dapat membahayakan kesehatan Anda. Beberapa langkah awal yang disarankan di antaranya:

    1. Tetap tenang dan jangan panik.

    2. Duduk atau berdiri tegak dan tekan hidung Anda perlahan menggunakan tisu atau kain bersih.

    3. Jangan menengadahkan kepala ke atas karena darah yang keluar dapat masuk kembali ke dalam hidung sehingga menyebabkan kesulitan bernapas.

    4. Untuk sementara waktu lakukan pernapasan menggunakan mulut hingga mimisan berhenti.

    5. Kompres hidung menggunakan es batu yang sudah dibungkus dengan handuk bersih.

    6. Pengobatan tradisional menggunakan daun sirih muda dapat dilakukan karena daun sirih dipercaya memiliki kandungan antiseptik alami.

    7. Segera bawa ke dokter jika dalam kurung waktu 15 menit mimisan yang dialami tidak kunjung berhenti, karena bisa jadi itu adalah pertanda awal adanya masalah serius dengan kesehatan tubuh Anda.

  • Advertisement
  • Pencegahan

  • Walaupun dikategorikan sebagai penyakit pembuluh darah, namun mimisan jarang memakan korban. Akan tetapi, tetap saja mimisan perlu diwaspadai serta dicegah agar tidak sampai terulang kembali.

  • Sebuah jurnal Neurology dari University of Eastern Finlad, seperti dijelaskan oleh Dr. Jouni Karppi seorang ahli penyakit saraf menyatakan, "Penelitian ini memperkuat bukti bahwa menu buah dan sayuran dalam diet sangat penting untuk menurunkan resiko penyakit pembuluh darah." Adapun beberapa jenis buah serta sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain: tomat, jeruk, kedelai, noni, apel, pisang, kangkung dan kacang-kacangan.

  • Semoga bermanfaat!!!

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Pendarahan di hidung. Bagaimana mencegah dan mengatasinya?

Jangan menengadahkan kepala ke atas karena darah yang keluar dapat masuk kembali ke dalam hidung sehingga menyebabkan kesulitan bernapas.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr