Jadilah Pemutus Lingkaran: Keluarlah dari Lingkaran Disfungsi Keluarga

Setiap orang pasti punya perjuangan dalam hidupnya. Keluarga ini berjuang untuk keluar dari disfungsi keluarga yang disebabkan oleh penyakit mental ibu. Artikel ini pantas dibaca untuk membantu memperbaiki hidup seseorang.

847 views   |   shares
  • Sebagai anak tertua kedua dari enam anak yang lahir dari ibu yang didiagnosa dengan kelainan kepribadian ganda, saya mengenal beberapa disfungsi keluarga. Ibu saya memiliki 14 perubahan, beberapa di antaranya menjadi anak kecil dan yang lain menyiksa secara fisik.

  • Sebagai seorang anak, kakak perempuan saya dan saya menggunakan sebagian besar waktu kami merawat adik-adik kami, melindungi mereka dari siksaan sebisa mungkin dan merahasiakan disfungsi keluarga kami dari anggota keluarga lain dan masyarakat. Beberapa perubahan ibu adalah kecanduan terhadap obat-obatan yang diresepkan dokter. Ayah saya, seorang montir, menggunakan banyak waktunya bekerja di tiga tempat sekaligus untuk membantu membayar rekening pembelanjaan ibu dan tuntutan membesarkan sebuah keluarga besar. Saya berbagi latar belakang ini bukan untuk mendapatkan simpati, tetapi untuk membantu para pembaca memahami disfungsi dari mana saya berasal.

  • Sebagai perbandingan, keluarga saya sekarang jauh berbeda. Saya menikah dengan lelaki yang hebat yang mengetahui dengan pasti asal saya dan tetap mengasihi saya. Kami memiliki lima anak-anak yang cantik yang tidak mengenal penyiksaan. Mereka semua sehat dan bahagia dan kami adalah keluarga yang sangat saling memperhatikan. Lingkaran disfungsi dan penyiksaan telah terpecahkan dan kami sedang melangkah ke arah hidup penuh bahagia dan penuh dengan kasih dan tawa. Berikut adalah beberapa saran cara keluarga dapat keluar dari lingkaran disfungsi dalam hidup mereka.

  • Jadilah pemutus rantai

  • Jika keluarga Anda tidak berfungsi, Anda tidak dapat tinggal diam dan menunggu perubahan terjadi. Jangan menanti diselamatkan. Anda harus mengambil tindakan dan mulai membuat perubahan yang Anda kehendaki. Jika orang yang Anda kasihi menderita sakit mental, carilah bantuan untuknya. Jika Anda adalah orang yang menjadi masalah seperti kecanduan minuman keras atau narkoba, putuskan sekarang untuk meninggalkannya dan dapatkan bantuan yang Anda butuhkan.

  • Percaya

  • Jangan mencoba melakukannya sendirian. Carilah seseorang yang dapat Anda percayai dan berbagilah dengannya bahwa Anda butuh bantuan. Percayailah orang lain dan diri Anda sendiri dalam kemampuan Anda untuk melakukan perubahan dan percayailah Tuhan bahwa Dia akan bersama Anda dalam setiap langkah yang Anda ambil.

  • Mengampuni

  • Belajarlah mengampuni anggota keluarga yang menyebabkan Anda menderita. Anda tidak harus sepakat dengan apa yang mereka lakukan, tetapi tidak perlu juga membawa-bawa kebencian dalam hati Anda bagi mereka. Kebencian itu akan membawa Anda ke tempat kepahitan dan tidak pernah ke tempat yang Anda inginkan. Juga ingatlah untuk mengampuni diri sendiri.

  • Advertisement
  • Mengasihi

  • Belajarlah mengasihi anggota keluarga. Kita mungkin tidak pernah tahu mengapa orang melakukan hal-hal yang mereka lakukan dan tidak dapat menghakimi mereka, kecuali kasihilah mereka. Saya membenci ibu saya waktu dibesarkan dan tidak berubah hingga saya bertemu dengan seorang pemimpin rohani yang memberitahu saya bahwa ibu saya adalah juruselamat saya, sehingga akhirnya saya berubah. Ibu saya dulunya mengalami perundungan seksual yang dilakukan oleh ayahnya dari sejak 3 tahun hingga 18 tahun dan meninggalkan rumah dan menikah dengan ayah saya. Pemimpin agama tersebut membantu saya menyadari bahwa meskipun masa kanak-kanak saya keras, tetapi masih mending dibandingkan dengan masa kanak-kanak ibu saya. Jika saya belajar mengasihinya, saya dapat melanjutkan dengan keluar dari lingkaran tersebut dan masa kanak-kanak anak-anak saya akan lebih baik daripada milik saya. Pemimpin rohani tersebut memang benar. Lingkaran itu akhirnya bobol dan itu dimulai dari tindakan mengasihi yang sederhana.

  • Jadilah pemecah masalah bukan korban

  • Jangan membiarkan keadaan Anda menahan kemajuan Anda. Para korban menggunakan keadaan mereka sebagai alasan mereka untuk tidak maju, tetapi pemecah masalah menggunakan keadaan sebagai pelontar kemajuan ke arah sukses yang lebih besar. Para korban berkata bahwa mereka tidak sanggup melakukannya disebabkan oleh apa yang terjadi pada mereka, para pemecah masalah berkata bahwa mereka dapat melakukan apa saja sebab apa yang telah mereka alami dan berhasil menjadi pemenang. Saya adalah pemecah masalah dan saya dapat melakukan apa saja. Pastikan bahwa Anda juga adalah pemecah masalah.

  • Langkah pertama keluar dari disfungsi keluarga adalah mendapatkan bantuan, dan langkah itu adalah tindakan dari luar. Jika ada disfungsi dalam keluarga Anda, saya dorong Anda untuk mengambil langkah pertama ini. Setiap langkah setelahnya berasal dari dalam. Keluar dari disfungsi keluarga hanya dapat terjadi bila anggota keluarga merubah cara berpikir mereka yang akhirnya akan merubah cara mereka bertindak. Jika Anda masih muda dan tinggal di rumah, merubah cara berpikir Anda akan membuat banyak perubahan kepada keluarga masa depan Anda, keluar dari lingkaran disfungsi untuk anak-anak Anda sendiri. Untuk menjadi pemutus rantai, pertama-tama Anda harus merubah diri Anda sendiri.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Effian Kadarusman dari artikel asli "Be the change Breaking the cycle of family dysfunction" karya Tiffany Fletcher.

  • Advertisement
Bagikan kepada teman-teman Anda!

Tiffany Fletcher, author of "Mother Had a Secret: Learning to Love my Mother and her Multiple Personalities".

Situs: http://motherhadasecret.blogspot.com

Jadilah Pemutus Lingkaran: Keluarlah dari Lingkaran Disfungsi Keluarga

Setiap orang pasti punya perjuangan dalam hidupnya. Keluarga ini berjuang untuk keluar dari disfungsi keluarga yang disebabkan oleh penyakit mental ibu. Artikel ini pantas dibaca untuk membantu memperbaiki hidup seseorang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr