Terima kasih, Ayah, atas pelajaran hidup yang kau berikan padaku

Peran seorang ayah sangat mempengaruhi kehidupan anak-anaknya. Ayah yang baik selalu menjadi sosok terhebat bagi anak-anaknya. Ayah selalu dapat diandalkan. Teladannya selalu dapat menginspirasi dari masa ke masa.

1,872 views   |   52 shares
  • Ketika saya memiliki anak lelaki, sering kali saya teringat akan pelajaran hidup yang saya dapatkan dari ayah saya. Banyak hal yang akhirnya saya sadari, pengaruh Ayah dalam hidup saya saat ini sangat besar. Semua teladan yang diberikan olehnya membentuk kepribadian saya saat ini.

  • Ayah mengajarkan tanggung jawab

  • Dahulu, Ayah mendidik saya dengan keras dan tegas. Jika saya melakukan kesalahan, Ayah akan menghukum dan menasehati saya. Ayah selalu mengingatkan saya untuk menjadi lelaki sejati, tegas, dan jujur. Ayah selalu ingin tahu dan melarang saya ini-itu. Sebagai anak laki-laki, saya sering mengabaikan perkataan dan bahkan menentangnya. Tetapi bagaimanapun kesalahan yang saya buat, Ayah selalu ada untuk saya. Dan sekarang saya pun sadar bahwa Ayah melakukan semua itu agar saya dapat belajar dari pengalaman dan bertanggung jawab atas tindakan yang saya lakukan. Hingga saat ini, saya menjunjung ajaran Ayah tersebut, yaitu menjadi pria yang bertanggung jawab.

  • Ayah mempengaruhi kedewasaan saya

  • Saya selalu menganggap Ayah adalah sosok yang menakutkan. Dia adalah orang yang paling saya segani dalam hidup ini. Ayah selalu memaksa saya untuk berani bertindak. Meskipun dulunya, saya sering merasa tertekan dengan sikap Ayah tersebut. Ayah sering memberikan saya simulasi atau tantangan hidup, baik dalam pelajaran, kehidupan, religi dan sebagainya. Terkadang menurut saya tuntutan-tuntutan yang Ayah berikan itu tidak bisa saya lakukan. Tetapi Ayah selalu berkata bahwa saya pasti bisa, dan kata-kata itu akan terus diulangnya berkali-kali, seakan-akan dia ingin memberikan motivasi kepada saya. Namun pada akhirnya, jika saya melakukan sesuai dengan arahanya, saya pasti akan berhasil.

  • Saya pun sekarang menyadari bahwa Ayah melakukan semua itu, semata-mata untuk memaksa saya menjadi dewasa.

  • Membuat saya menjadi kepala keluarga yang baik

  • Sejak saya muda, ayah selalu menasehati saya. Dia berkata, "Ketika saya menikah, tidak ada atasan dan bawahan, suami dan istri adalah sama. Suami-istri harus saling melengkapi, menolong dan mendukung. Ketika suami-istri dapat kompak dalam melakukan segala hal, maka rumah tangga itu akan berjalan dengan baik." Sejak kecil, ayah mengajarkan saya untuk membantu Ibu. Belanja di warung, membersihkan rumah, dan bahkan memijat Ibu saat Ibu sedang sakit. Hal serupa juga Ayah lakukan kepada Ibu. Terkadang, saya berpikir, tugas wanita adalah mengurus suami dan anak-anak, mengapa saya harus membantu Ibu melakukan tugas seorang wanita.

  • Advertisement
  • Kini saya sadar, bahwa apa yang dilakukan Ayah adalah benar. Dia mengajarkan saya, bahwa menjadi seorang suami yang baik dan bertanggung jawab, bukan saja diukur dari seberapa besar saya dapat menafkahi istri saya. Tetapi juga dapat diukur sebagaimana besar saya juga dapat membantu dan melayani istri dan keluarga saya. Sekarang pun, saya tidak pernah sungkan melayani istri dan anak-anak saya selama saya bisa.

  • Ayah adalah pahlawan dalam hidup saya. Karena Ayah, hidup saya menjadi bermakna dan jauh lebih baik setiap harinya. Terima kasih Ayah untuk setiap pelajaran hidupnya yang begitu berarti.

  • Dari putramu tercinta.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Terima kasih, Ayah, atas pelajaran hidup yang kau berikan padaku

Peran seorang ayah sangat mempengaruhi kehidupan anak-anaknya. Ayah yang baik selalu menjadi sosok terhebat bagi anak-anaknya. Ayah selalu dapat diandalkan. Teladannya selalu dapat menginspirasi dari masa ke masa.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr