9 kesalahan yang sering diabaikan suami dan istri

Yang namanya kehidupan, tidak selamanya berjalan mulus. Cobaan dan rintangan yang sering muncul terkadang membuat suami dan istri jatuh dalam kesalahan. Bahkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan sering kali diabaikan suami dan istri.

3,457 views   |   103 shares
  • Pernikahan adalah sebuah proses panjang yang harus dilalui oleh setiap pasangan suami istri. Proses demi proses membutuhkan kesabaran dan kebesaran hati. Setiap hari yang dilalui akan memberikan kehidupan yang berbeda dari hari sebelumnya. Kadang hari ini Anda bersama pasangan merasa sangat bahagia, tetapi besoknya yang terjadi adalah pertengkaran hebat. Setiap pasangan tentu mengharapkan hubungan pernikahan yang harmonis setiap harinya. Tidak ada suami yang ingin istrinya tersakiti demikian pula tidak ada istri yang menginginkan suaminya tersakiti. Suami dan istri harus bersama-sama bertanggung jawab atas peran dan tugasnya dalam menjaga keharmonisan pernikahan. Namun yang namanya kehidupan, tidak selamanya berjalan mulus. Cobaan dan rintangan yang sering muncul terkadang membuat suami dan istri jatuh dalam kesalahan. Bahkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan sering kali diabaikan suami dan istri. Akibatnya, pernikahan diambang kehancuran.

  • Berikut kesalahan yang sering diabaikan oleh suami dan istri yang berakibat fatal bagi kelangsungan pernikahannya :

  • 1. Seringnya hubungan jarak jauh

  • Hubungan jarak jauh atau yang lebih disering disebut LDR ternyata tidak sehat untuk sebuah hubungan. Suami dan istri yang sering berjauhan akan kehilangan banyak waktu bersama. Sehingga istri atau suami merasa kehilangan perhatian yang nyata dari pasangannya. Anda tentu tidak ingin pasangan Anda mencari perhatian dari orang lain bukan? Jadi, sebisa mungkin hindari hubungan jarak jauh. Hubungan jarak jauh akan banyak godaannya. Dan meskipun Anda berdua harus berhubungan jarak jauh, bicarakan dengan pasangan bagaimana cara Anda berdua menjalaninya tanpa mengganggu hubungan Anda.

  • 2. Tidak terbuka bahkan cenderung menutup diri

  • Bukan hanya suami yang biasa menutup dirinya, istri pun cenderung tidak terbuka untuk beberapa hal. Sepertinya baik-baik saja, namun kebiasaan tidak terbuka terhadap pasangan adalah kesalahan fatal yang tertimbun yang sewaktu- waktu bisa meledak. Jika tidak ada keterbukaan satu sama lain, pasangan tidak akan memahami dan tidak tahu apa yang sedang Anda alami. Sehingga yang terjadi hanya kepura-puraan didalam pernikahan.

  • 3. Susah mengungkapkan permintaan maaf

  • Nah, ini yang paling sulit dilakukan oleh semua orang yang merasa telah melakukan kesalahan. Walaupun kedengaraan mudah, tetapi banyak orang yang menolak untuk melakukannya. Padahal sebuah permintaan maaf adalah sebuah langkah ke depan untuk menyelesaikan masalah yang ada. Terkadang, Anda akan berpikir meminta maaf akan menunjukkan kelemahan Anda, tetapi justu dengan meminta maaf, pasangan akan menjadi luluh dan akan lebih menghargai Anda.

  • Advertisement
  • 4. Tidak peka

  • Ketidakpekaan ternyata akhir dari rasa sakit dan kekecewaan. Suami cenderung sulit untuk memahami apa yang diinginkan istri jika istri tidak secara langsung mengatakannya. Ada saat istri membutuhkan sesuatu yang diharapkan dari suami tanpa harus mengatakannya. Namun, suami justru tidak menanggapi karena tidak peka akan keadaan istri yang sebenarnya. Ekspresi dan tingkah laku aneh atau tidak seperti biasa harusnya bisa membuat Anda mencari tahu apa sih yang mengganjal dalam hati pasangan Anda? Jangan cuek, tetapi cari tahu permasalahannya, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman yang berlarut-larut.

  • 5. Tidak menghargai satu sama lain

  • Walaupun dalam pernikahan, kedudukan suami diatas istri. Seorang suami juga harus menghargai istrinya, demikian pula sebaliknya. Hargailah pasangan Anda, sebagaimana Anda ingin dihargai.

  • 6. Mencari kesenangan di luar rumah

  • Pernikahan membutuhkan gairah yang lebih setiap harinya agar tidak memudar. Banyak suami dan istri yang akhirnya merasa bosan dan jenuh dengan pernikahannya dan memilih mencari kesenangannya di luar dengan orang lain. Itu sebabnya, jangan abaikan diri Anda sendiri yang menjadi sumber utama gairah cinta yang dibutuhkan pasangaan Anda.

  • 7. Tidak segera menyelesaikan masalah

  • Menunda-nunda untuk menyelesaikan masalah yang terjadi ternyata bukan keputusan yang tepat. Seringkali Anda memilih untuk membiarkannya berlarut-larut tanpa solusi yang disepakati sehingga sewaktu-waku masalah yang sama bisa terulang lagi. Hal terpenting adalah komunikasi yang tepat di waktu yang tepat pula.

  • 8. Kurangnya waktu bersenang-senang bersama

  • Rutinitas pekerjaan dan rumah tangga yang tak henti-hentinya akan menimbulkan rasa stres dan kejenuhan. Setiap pasangan suami istri juga membutuhkan waktu bersenang-senang bersama. Relaksasi, liburan berdua dan menikmati hubungan seks yang menggairahkan adalah bagian yang wajib Anda tuntaskan. Jangan abaikan saat-saat itu.

  • 9. Fokus pada kesibukan masing-masing

  • Tuntutan pekerjaan dan kesibukan sehari-hari memang bagian dari tanggung jawab. Tetapi jangan memfokuskan pekerjaan dan karier Anda, dengan menyampingkan hubungan Anda dan pasangan. Sesibuk-sibuknya Anda dengan urusan Anda, jangan lupa luangkan waktu dan perhatian kepada pasangan Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

9 kesalahan yang sering diabaikan suami dan istri

Yang namanya kehidupan, tidak selamanya berjalan mulus. Cobaan dan rintangan yang sering muncul terkadang membuat suami dan istri jatuh dalam kesalahan. Bahkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan sering kali diabaikan suami dan istri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr