Tips atasi Post Holiday Blues

Libur panjang dapat membuat si kecil mengalami post holiday blues dan tidak bersemangat menjalani aktivitas. Tips berikut ini dapat membuatnya ceria dan bersemangat melakukan rutinitasnya.

368 views   |   6 shares
  • Setelah keluarga Anda disibukkan dengan berbagai aktivitas seru saat libur panjang kemarin dari libur semester, Natal, hingga Tahun Baru, tidak jarang si kecil akan mengalami post holiday blues di mana ia menjadi tidak bersemangat dan 'berat' saat harus kembali kepada rutinitasnya. Jika anak Anda mengalami hal ini, saatnya Anda dan keluarga untuk turun tangan agar si kecil pun kembali semangat melakukan aktivitas rutinnya, dengan beberapa tips berikut ini:

    • Perhatikan keadaan si kecil
  • Pantau terus keadaannya apabila ia menjadi moody, mudah emosi, tidak nafsu makan, menolak melakukan aktivitas, ajaklah ia untuk keluar rumah atau sekedar duduk di teras dan berbincang santai, lalu tanyakan apa yang ia rasakan. Dari perbincangan tersebut akan membuat perasaan si kecil menjadi lebih lega dan relax.

    • Ingat kembali aktivitas liburan
  • Di saat si kecil masih mengalami bad mood, tidak ada salahnya Anda membuka kembali dokumentasi aktivitas liburan kemarin. Ajak ia untuk melihat video atau foto bersama sambil mengingat lagi tentang bagaimana keseruan aktivitas yang sudah dilakukan, sehingga ia hanya mengingat hal – hal yang membuatnya gembira saja dan secara berlahan dapat merubah suasana hatinya menjadi bahagia. Berikan pengertian bahwa keseruan ini akan ia lakukan lagi saat liburan berikutnya.

    • Lakukan aktivitas seru bersama
  • Ajaklah si kecil untuk melakukan aktivitas yang ingin ia lakukan seperti pergi ke toko buku atau aktivitas outdoor seru lainnya bersama Ayah seperti memanjat, berlari dan berenang. Jika ia menolak untuk keluar rumah, Anda bisa mengundang keponakan Anda atau temannya untuk memasak dan menonton film favoritnya. Aktivitas ini bisa dilakukan untuk mengubah susasana hati menjadi ceria.

    • Temani ia menjalani rutinitas
  • Antarlah ia dalam menjalani rutinitasnya seperti sekolah, saat itu Anda bisa memberi motivasi agar ia semangat untuk melakukan aktivitas rutinnya lagi.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Setelah melahirkan Raphael, Celerina memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga dan mengurus buah hatinya tanpa bantuan baby sitter. Disinilah ia kemudian menemukan passion-nya yang baru yaitu memasak khususnya menu MPASI (Makanan Pendamping ASI)

Tips atasi Post Holiday Blues

Libur panjang dapat membuat si kecil mengalami post holiday blues dan tidak bersemangat menjalani aktivitas. Tips berikut ini dapat membuatnya ceria dan bersemangat melakukan rutinitasnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr