Perceraian dapat terjadi pada pernikahan Anda. Berikut tips menghindarinya!

Ketika menikah, tidak ada seorang pun yang berpikir dan bahkan ingin mengalami yang namanya perceraian. Akan tetapi, perceraian dapat saja terjadi pada pernikahan setiap orang. Meskipun demikan, kita tetap dapat mengindarinya.

2,243 views   |   42 shares
  • Pernikahan adalah sebuah janji yang sakral. Namun, ada juga beberapa orang memutuskan untuk mengingkari janji sakral tersebut dengan melakukan perceraian. Ya, perceraian adalah sebuah keputusan yang dapat memisahkan sepasangan suami istri dari janji sakral yang mereka ucapkan. Tentunya, ketika menikah, tidak ada satu pun yang berpikir dan bahkan ingin mengalami yang namanya perceraian. Akan tetapi, perceraian dapat saja terjadi pada pernikahan setiap orang. Meskipun demikan, kita tetap dapat mengindarinya. Dengan cara melakukan beberapa hal yang dapat memperkuat pernikahan kita. Dan juga melakukan tips-tips berikut ini.

  • Cinta dan kasih

  • Cinta dan kasih adalah sebuah kunci terbesar untuk menjaga keharmonisan pernikahan. Cintailah pasanganan Anda dengan sebuah pengabdian, dan kasihilah pasangan Anda dengan tindakan yang penuh kasih sayang. Jangan pernah bosan atau malu memanjakan pasangan Anda, memujinya setiap saat, dan mengucapkan kalimat cinta sesering mungkin. Jika Anda dan pasangan dapat mempertahankan cinta kasih berdua, yakinlah, pernikahan Anda akan selalu berkobar-kobar dan tentu di masa depan semuanya akan berjalan baik-baik saja.

  • Hormati pasangan Anda

  • Dalam pernikahan tentu akan selalu ada perbedaan. Tidak ada pasangan yang sempurna, yang dapat terbebas dari konflik dalam berumah tangga. Untuk itu janganlah pernah mencari kesempurnaan dalam pernikahan Anda. Anda dan pasangan tentu selalu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jangan hanya memuji kelebihan pasangan Anda, tetapi pujilah juga kelemahannya. Caranya adalah dengan menghormatinya. Bagaimanapun pasangan Anda memiliki kekurangan atau pendangan yang berbeda dari Anda, selalulah berusaha untuk menghormatinya. Rasa hormat inilah yang akan menumbuhkan cinta dalam pernikahan Anda berdua setiap harinya.

  • Mengenang masa lalu berdua

  • Masa lalu yang indah adalah momen yang paling berharga di masa depan. Jika Anda dan pasangan dilanda cobaan, atau sedang berdebat, cobalah untuk mengenang kembali masa lalu Anda bersamanya, yang penuh kebahagiaan dan diiringi canda tawa. Mengenang masa lalu dapat selalu menjadi obat penawar kesedihan di masa kini. Lakukan ini bersama pasangan Anda sesering mungkin, misalnya dengan membuka album foto dari zaman pacaran hingga menikah, pergi ke tempat-tempat spesial yang memiliki sejarah akan cinta Anda berdua, dan sebagainya. Dengan melakukan ini, Anda dan pasangan dapat diingatkan kembali, bahwa perjalanan cinta Anda berdua tidak hanya diiringi cobaan atau kesakitan, tetapi juga diiringi banyak cinta.

  • Advertisement
  • Hindari konflik karena uang

  • Uang memang selalu menjadi hal terpenting dalam sebuah pernikahan. Namun uang juga bisa menjadi bencana. Ya, uang adalah hal yang sangat sensitif untuk dibahas. Uang kadang dapat selalu memicu pertengkaran. Meskipun uang penting bagi kesejahteraan keluarga, jangan biarkan uang membutakan cinta Anda. Banyak pasangan yang bercerai karena uang. Untuk itu, berusahalah sebaik mungkin untuk terhindar dari konflik akan uang, namun tetaplah penuhi kebutuhan keluarga Anda secara bijaksana.

  • Perbedaan bukan berarti bercerai

  • Banyak orang yang telah menikah, menjadikan alasan bahwa, "kami berpisah karena tidak ada kesamaan pendapat lagi". Perbedaan-perbedaan akan selalu ada dalam sebuah pernikahan. Ini adalah hal yang mutlak, jika orang berpikir setelah menikah, hidup berdua dengan pasangan yang dicintai dapat menjadikan hidup ini indah, itu adalah salah. Karena realitanya, meskipun Anda dan pasangan memiliki cinta, perbedaan itu akan tetap Anda. Yang harus Anda lakukan ketika perbedaan-perbedaan itu terus muncul adalah berlapang dada, dan menerima keadaan. Dengan catatan, kembali pada point kedua di atas adalah, saling menghormati.

  • Pernikahan bukan jalan yang selalu indah, pernikahan adalah sebuah proses yang akan menentukan apakah proses ini berakhir indah atau sebaliknya. Untuk itu jangan pernah lelah melewati setiap prosesnya dan jangan lupa melakukan cara-cara di atas agar penikahan Anda selalu bahagia.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Perceraian dapat terjadi pada pernikahan Anda. Berikut tips menghindarinya!

Ketika menikah, tidak ada seorang pun yang berpikir dan bahkan ingin mengalami yang namanya perceraian. Akan tetapi, perceraian dapat saja terjadi pada pernikahan setiap orang. Meskipun demikan, kita tetap dapat mengindarinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr