Membereskan Rumah Bersama

Mempunyai anak kadang menyenangkan, kadang menjengkelkan. Menjaga supaya rumah selalu bersih nampaknya mustahil.

1,048 views   |   1 shares
  • Mempunyai anak kadang menyenangkan, kadang menjengkelkan. Menjaga supaya rumah selalu bersih nampaknya mustahil. Sebagai ibu dari enam anak, saya sudah berusaha dengan banyak cara untuk melibatkan anak-anak membantu di rumah—daftar, stiker, makanan kecil, hukuman, bahkan ancaman. Saya merasa lelah dan frustrasi.

  • Baru-baru ini saya membaca buku berjudul "The Time-Starved Family" oleh DeAnn Flynn, seorang ibu beranak tujuh. Meski buku ini ditujukan kepada keluarga yang kewalahan, saya merasa pendapat Flynn tentang bagaimana mengatasi rumah yang berantakan sangat membantu. Tidak saja rumah Anda akan lebih bersih, anak-anak Anda juga akan belajar bertanggung jawab.

  • Flynn membagikan kebenaran yang bunyinya "tidaklah bijak mengerjakan sesuatu untuk anak-anak apa yang dapat mereka kerjakan sendiri." Anak-anak (juga remaja) zaman sekarang tidak biasa melakukan sesuatu yang mudah tanpa minta bantuan. Saya pernah menonton tayangan pertunjukan nyata di mana tokohnya pindah untuk hidup sendiri dan tidak tahu cara menyapu!

  • Saran-saran yang diajukan Flynn antara lain:

    • Luangkan waktu untuk mengajar anak-anak tugas rumah tangga.

    • Bersikaplah positif, yaitu puji dan jangan kecam, fokuskan pada pengertian bahwa tugas yang dijalankan mungkin kurang sempurna.

    • Jelaskan apa yang Anda harapkan dilakukan anak-anak Anda.

    • Beri anak-anak alasan mengapa mereka seharusnya berhasrat membantu. Carilah sesuatu yang memberi dorongan (sesuatu yang bisa mereka harapkan) dan jelaskan mengapa hal itu akan bermanfaat bagi mereka.

    • Jangan memberi terlalu banyak tugas. Ini akan membuat anak-anak bingung dan kewalahan.

    • Gunakan motivasi sebanyak mungkin. Pakailah pernyataan memakai kata "jika" seperti "Jika kamu mengurus baju kotormu, kamu boleh bermain dengan temanmu."

    • Jadilah konsisten. Jika Anda memberi tugas untuk diselesaikan, jangan lupa melihat hasilnya, kalau perlu beri hukuman.

  • Selain itu, Flynn menjelaskan bagaimana menerapkan hal-hal ini dalam keluarga Anda, dalam sebuah wawancara untuk menggambarkan petunjuk-petunjuknya. Saya lihat banyak saran ini sangat membantu dan saya memutuskan untuk menerapkannya di rumah saya.

  • Anak-anak saya yang agak besar mempunyai tugas membereskan kamar mereka dan membersihkan sebagian kamar mandi. Anak yang paling cepat menyelesaikan kamar tidurnya boleh memilih bagian mana dari kamar mandi. Selain itu mereka juga harus menyelesaikan pekerjaan sekolah mereka. Bila semua ini sudah selesai, mereka akan datang kepada saya dan saya memberi "tugas ibu" yang bisa mereka kerjakan seperti membereskan ruangan, menjaga adik bayi mereka, atau mengelap meja. Anak-anak malah bertanya apa "tugas ibu" yang bisa mereka kerjakan. Ini tugas sehari-hari.

  • Advertisement
  • Sesudah mereka menyelesaikan kewajiban mereka bebas bermain dengan teman, main komputer atau nonton TV. Sebaliknya jika mereka tidak selesai, ada akibatnya, tidak ada komputer atau TV. Saya takjub melihat betapa sukses dan mudahnya menerapkan semua ini dalam keluarga saya. Saya jarang mengulang-ulang perintah dan mereka bekerja dengan rela. Beban saya berkurang dan lebih banyak tanggung jawab dipikul oleh anak-anak. Dengan berlalunya waktu saya merencanakan untuk menambah tanggung jawab mereka dan menyuruh anak-anak bergiliran membantu di dapur setiap minggu dan di hari Sabtu saya akan membuat kartu tugas baru dengan tanggung jawab yang lebih besar.

  • Beberapa anak saya juga senang bila dibayar. Alih-alih memberi uang saku untuk tugas-tugas di rumah yang perlu mereka kerjakan sebagai bagian dari keluarga, kami menawarkan pekerjaan yang "dibayar." Misalnya, sebaliknya dari membayar seseorang untuk memotong rumput, bayarlah anak-anak Anda. Tugas-tugas seperti memotong rumput, membersihkan halaman, atau pekerjaan lain yang lebih sulit, semua itu akan digaji. Ini mengajar mereka tentang kerja keras, cara menabung dan mengatur uang. Mereka cenderung lebih bertanggung jawab atas uang yang mereka dapat dari kerja keras daripada hanya diberi.

  • Carilah apa yang cocok bagi keluarga Anda. Bagi kami membuat bagan, atau hal-hal lain serupa, sulit buat diatur. Semua itu merupakan pekerjaan tersendiri. Sistem Flynn tampaknya lebih cocok bagi keluarga kami. Bahkan anak-anak kecil dapat membantu. Keluarga Anda akan lebih bahagia sewaktu Anda menemukan apa yang cocok dan menjauhkan stres, teriakan, dan mengulang-ulang perintah. Bekerjalah bersama — ayah dan ibu bukanlah pelayan.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "Taking the work out of chores" karya Wendy Jessen.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Wendy Jessen is a regular contributor for familyshare.com and frequently does media reviews.

Membereskan Rumah Bersama

Mempunyai anak kadang menyenangkan, kadang menjengkelkan. Menjaga supaya rumah selalu bersih nampaknya mustahil.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr