6 hal yang pantang kamu lakukan, jika ingin bahagia

Menjadi bahagia sangat tergantung pada pikiran kita, untuk memilih mana sisi yang baik dan sisi yang buruk untuk hidup kita

2,220 views   |   33 shares
  • Salah satu Presiden Amerika Abraham Lincoln pernah mengatakan, bahwa orang-orang akan merasa bahagia, karena mereka selalu berpikir bahwa mereka bahagia. Yah pernyataan tersebut benar adanya. Sering kita temui, orang kaya dan sukses, tetapi mereka tidak pernah tersenyum. Dan terkadang kita bertemu orang miskin dan sering dihina orang lain, tetapi mereka masih bisa tersenyum.

  • Menjadi bahagia bukan dipengaruhi oleh keadaan yang terjadi pada kita, seperti jabatan, kekayaan dan status ekonomi. Menjadi bahagia sangat tergantung pada pikiran kita, untuk memilih mana sisi yang baik dan sisi yang buruk untuk hidup kita. Saya telah belajar bahwa menjadi bahagia bukan membiarkan situasi di luar mempengaruhi kedamaian batin kita. Melainkan dari dalam diri kita sendiri. Kita yang memutuskan untuk berhenti melakukan hal-hal yang dapat menghambat kebahagiaan yang kita miliki.

  • Di bawah ini ada 6 hal yang tidak boleh Anda lakukan, jika ingin merasa bahagia.

  • Memendam kebencian

  • Jika boleh memberikan saran, satu hal yang bisa dilakukan adalah memaafkan orang lain dengan segera. Berpegang pada dendam akan membunuh semua potensi kebahagiaan dan kesuksesan yang ada pada kita. Jauh di lubuk hati, kita sudah tahu bahwa mengampuni kesalahan orang lain adalah benar. Tapi pada prakteknya terkadang sulit. Memendam kebencian terlalu lama, tidak akan bermanfaat untuk kehidupan Anda kelak. Oleh karena itu lebih cepat memaafkan dan melupakan, lebih baik untuk diri Anda sendiri.

  • Orientasi pada uang

  • Uang tidak pernah dan tidak akan membuat orang bahagia. Bahagia adalah karena seseorang ingin merasa bahagia, bukan karena apa pun (Benjamin Franklin).

  • Uang sendiri sifatnya netral, tetapi menjadi jahat ketika orang terlalu mencintai uang dan menganggap uang adalah segala-galanya. Sehingga banyak yang menghalalkan segala cara hanya untuk mendapatkan uang. Pada umumnya ada 3 hal yang menjadi motivasi hidup, uang, cinta dan gairah. Orang-orang bahagia memiliki keseimbangan dari ketiganya.

  • Ketika keluarga dan kerabat terabaikan

  • Salah satu faktor yang membuat orang merasa bahagia adalah menjaga dan membangun hubungan yang bermakna dengan orang lain. Jika Anda mengabaikan hubungan tersebut, maka Anda telah membakar salah satu hal paling penting yang Anda butuhkan dalam hidup. Keluarga dan sahabat adalah orang-orang yang tetap mendampingi Anda saat Anda berada di puncak atau pun saat Anda terpuruk. Jangan pernah mengabaikan mereka ketika Anda sukses, karena ketika Anda terpuruk Anda akan menyesali karena telah kehilangan orang-orang yang paling tulus mendukung dan mendoakan Anda.

  • Advertisement
  • Mengeluh dan lupa bersyukur

  • Jika Anda terus-terusan mengeluh, Anda telah membuat diri Anda terus-menerus di dalam lingkaran setan. Setiap agama menganjurkan kita untuk terus bersyukur, dan berprasangka baik pada Tuhan. Karena dengan begitu ketika kita berada pada kondisi terlemah, kita tetap bisa bangkit dan tetap bersyukur. Menjadi bahagia sangat tergantung pada pikiran Anda, bukan pada situasi yang terjadi pada Anda. Orang yang selalu bersyukur dan menikmati hal-hal kecil dalam hidup, seperti masih bisa bernafas hari ini. Adalah orang-orang yang merasa bahagia.

  • Terlalu gila kerja

  • Tubuh kita butuh istirahat, otak dan hati kita perlu untuk rileks dan melakukan hal-hal menarik bersama orang-orang terdekat. Ambilah cuti dan lakukan liburan bersama keluarga. Jangan gunakan otak dan tubuh untuk terus menerus bekerja mengejar materi, dan melupakan harta yang paling berharga yaitu keluarga. Nikmatilah hidup Anda, lakukan hobi Anda dan bersenang-senanglah bersama keluarga Anda.

  • Lupa bersyukur

  • Ada yang berpendapat bahwa bahagia dapat diperoleh dari 3 aspek, yaitu keluarga, pendidikan dan pekerjaan. Di mana banyak sekali orang yang tidak memiliki kesempatan untuk ketiga hal itu, tetapi kenapa justru mereka tetap bisa bahagia. Yah, karena orang-orang yang tidak diberi kesempatan untuk merasakan 3 hal itu, mereka telah diberi banyak keberkahan yang membuat mereka merasa bahagia. Misalnya saja, air bersih, makanan yang cukup untuk hari ini, kesehatan, dan lain-lain. Karena selalu ada rasa syukur untuk semua nikmat dari hal-hal kecil, yang membuat mereka merasa bahagia.

  • Menghindari 6 hal ini akan membuat hidup Anda menjadi lebih positif. Anda seperti mendapatkan suntikan semangat untuk merasa lebih sehat, lebih produktif dan tentu saja lebih bahagia. Orang lain juga akan merasakan aura yang Anda pancarkan, yaitu untuk selalu menebarkan rasa syukur dan keputusan untuk menjadi bahagia hari ini.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irni Fatma Satyawati dari artikel asli "6 things you should never do if you want to be happy" karya Donald Roberts.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

'Adalah tujuan dan prinsip hidup saya, untuk bisa membekali dan memperlengkapi sesama dengan perubahan hidup yang seutuhnya." Donald Roberts mengukir pengalamannya dalam bidang pelayanan rohani selama lima tahun terakhir di kota London, Inggris.

6 hal yang pantang kamu lakukan, jika ingin bahagia

Menjadi bahagia sangat tergantung pada pikiran kita, untuk memilih mana sisi yang baik dan sisi yang buruk untuk hidup kita
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr